Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Sumatera / Pasar Tradisional Balige: Tempat Wisata Belanja Oleh-oleh Toba Samosir

Pasar Tradisional Balige: Tempat Wisata Belanja Oleh-oleh Toba Samosir

pasar-tradisonal-baligePasar Tradisional Balige: Tempat Wisata Belanja Oleh-oleh Toba Samosir.

Berwisata pada saat sekarang ini tidak harus ke lokasi tempat-tempat yang indah dan eksotis. Bagi kita yang memiliki hobi belanja oleh-oleh pada saat berwisata di kawasan Balige Toba Samosir, sebiaknya berkunjug di kawasan  Pasar Tradisonal Balige yang terletak di pusat kota sehingga sangat mudah dijangkau.

Pasar tradisional Balige dangat mudah dikenali karena keenam bangunan pasarnya bermotif dan dihiasi lukisan gorga adat Batak. Keenam bangunan tersebut dikenal dengan nama Belerong sehingga pasanya pun juga dikenal dengan anama Onan Balerong, inilah yang menjadi menarik bagi para pencinta wisata belanja bila berkunjung di lokasi pasar tradisonal ini.

Informasi yang Direktori Wisata Indonesisa dapatkan bahwa dalam bahasa Batak, pasar dikenal dengan nama “onan”.  Sedangkan untuk Onan Balerong yang merupakan salah satu bangunan pasar tua yang ada di Balige. Didirikan oleh Belanda pada tahun 1936 dan masih terlihat kokoh berdiri hingga sekarang. Penuh dengan ukiran yang rumit dan berkelas  hingga terlihat megah dan tidak memberikan kesan sembarangan. Uniknya lagi ukiran di tiap bangunan tidak sama karena tiap bangunan pengukirnyapun beda. Pasr Tradisional balige ini menjadi ikon kota Balige, sekaligus sarana interaksi antar penduduk di balige maupun sekitarnya.

Bagi kita yang akan mencari suvenir Ulos yang benar-benar asli dari penenun tradisional di seputaran Balige dapat menemukannya di lokasi pasar tradisional Balige ini. Namun, kita harus jeli dalam hal memilih, dan harus memiliki refrensi harga dari kain ulos. Misalnya untuk Ulos tenun buatan tangan tradisonal harganya bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. Jdi bila kita menemukan Ulos dengan harga murah, sebiaknya di pertanyaakan, atau kita bisa mencarinya di lokasi lain. Tidak ada salahnya bila kita meminta bantuan kepada pemandu wisata lokal yang menemani perjalanan wisata kita untuk memberikan refrensi untuk kita belanja oleh-oleh di Pasar Tradisonal Balige.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. Di pasar ini pake tradisi nawar sampai titik darah penghabisan juga gak ya 😀

    • Itu tergantung newarnya sih Mba, Mungkin Mba Astri punya pengalaman di pasar radisional Balige ya dalam tawar menawar. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :