Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Kalimantan / Pasar Terapung Siring Tendean; Wisata Pasar View Unik Alam Memikat

Pasar Terapung Siring Tendean; Wisata Pasar View Unik Alam Memikat

/

Pasar Terapung Siring Tendean; wisata pasar view unik alam memikat. Sama seperti yang telah dijumpai bersama, sesungguhnya pasar terapung tradisionil adalah tempat rekreasi yang memang lumayan terkenal dan populer di Banjarmasin.

Pasar Terapung Siring Tendean; Wisata Pasar View Unik Alam Memikat

Tempat wisata itu sudah ada semenjak jaman Kerajaan Bandar dulu, tetapi pasar ini banyak mulai dikenalkan pada masyarakat Indonesia di luar pulau sekian tahun lalu.

Pengenalan pasar terapung ini persisnya yakni lewat beberapa iklan yang berada di tv swasta. Mulai sejak tersebut banyak warga di luar pulau yang kagum pada keelokan dan kekhasan dari pasar terapung. Pasar terapung yang berada di Kota Banjarmasin ini namanya Pasar Terapung Siring Tendean.

Ada banyak panorama unik yang dapat dilihat sepanjang ada di pasar terapung itu, seperti misalnya beberapa kumpulan pedagang yang mereka jual beragam jenis barang di atas perahu klotok. Beberapa barang yang dipasarkan seperti misalnya sayur-mayur, buah-buahan, hasil bumi, souvenir, baju dan sebagainya.

Daya Ambil Pasar Terapung Siring Tendean

1. Akses Gampang

Daya Ambil Pasar Terapung Siring Tendean

Sebagai salah satunya tempat rekreasi yang penuh dengan nilai budaya, Pasar Terapung Siring Tendean benar-benar pantas untuk didatangi. Akses untuk ke arah tempat ini termasuk sangat gampang, hingga pada akhirnya membuat pasar terapung yang ada di daerah Siring Tendean itu ramai didatangi.

Tersebut sebagai daya magnet khusus dari pasar terapung itu. Siapa saja yang kebenaran ada di daerah ini, mereka tidak melewati peluang sekedar untuk singgah pada tempat itu. Karena ada pasar terapung berikut pada akhirnya wilayah ini semakin ramai didatangi oleh warga luar wilayah.

2. Tempat Berbelanja yang Asyik

Pasar Terapung Siring Tendean, sama dengan namanya sebagai tempat pasar di mana banyak beberapa pedagang kecil yang menawarkan dagangan mereka. Tempat ini sebagai tempat wisata berbelanja yang betul-betul asyik dan menyuguhkan pengalaman hebat dan berlainan.

Pasar terapung yang ada di Kota Banjarmasin itu biasanya dibuka saat akhir minggu, yakni saat hari Sabtu siang dan usai saat hari Minggu sore. Di daerah Siring sendiri beberapa pedagang pasar terapung akan menawarkan berjualan mereka di tengah sungai.

Tetapi mereka akan mendekat ke pelabuhan yang sudah disiapkan pemerintahan di tempat. Untuk dapat berbisnis di pasar terapung ini, karena itu pengunjung tak perlu harus naik perahu, karena nanti beberapa pedaganglah yang hendak mendekat ke pinggiran.

3. Bermacam Barang yang Dipasarkan

Kemungkinan Anda yang tak pernah berkunjung pasar terapung akan menduga jika pasar ini cuma akan jual sayur-mayur saja. Tetapi kenyataannya sangkaan Anda itu salah, karena di pasar terapung ini banyak beberapa barang yang lain dipasarkan.

Anda dapat beli beragam jenis keperluan setiap hari, seperti buah-buahan atau hasil pertanian yang lain. Bahkan juga di sini juga Anda dapat beli suvenir yang dapat menjadi oleh-olah saat Anda pulang dari Kota Banjarmasin. Karena itu, bagus sekali untuk berkunjung pasar terapung itu sekedar untuk refreshing.

4. Adat Nenek Leluhur

Ada nilai riwayat yang melatarbelakangi Pasar Terapung Siring Tendean. Adat dan kearifan lokal yang ada saat periode Kerajaan Banjar yakni jualan mengapung di atas sebuah air dengan memakai perahu. Dari pemikiran bersejarah, pasar terapung ini telah ada semenjak 480 tahun lalu.

Diprediksi pasar terapung, yang dengan bahasa Belanda waktu itu diberi nama dengan drijvende markt, mulai ada di tahun 1530 masehi saat pemerintah dari Sultan Suriansyah.

Jaman dulu masyarakat lakukan proses jual-beli dengan beberapa pedagang yang dari Melayu, Jawa, Aceh, Arab, Gujarat dan Cina dan beberapa pedagang dari negara yang lain.

Dalam perubahannya sendiri sisa beberapa pedagang pasar terapung yang berdagang saat pagi dan pagi hari.

Baca juga : Antiknya Berbelanja di Pasar Terapung Lok Baintan Banjarmasin

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Pasar Terapung Siring Tendean

Untuk Anda yang tertarik berkunjung Pasar Terapung Siring Tendean, jadi tidak perlu sangsi untuk selekasnya mendekat ke Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dalam rencana untuk melestarikan kehadiran dari pasar terapung, pemerintahan kota itu sudah melakukan program giat pasar terapung.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Pasar Terapung Siring Tendean

Pasar terapung Siring memang condong berlainan dengan Pasar Terapung Kuin. Lokasinya ada di tempat tengah kota dan Anda pun tak perlu harus naiki perahu saat ingin lakukan transaksi bisnis. Beberapa pedagang nanti akan mendekat ke sisi pinggiran untuk dapat hubungan dengan beberapa customer atau konsumen.

Kegiatannya juga berlainan, yakni diawali saat Sabtu siang sampai Minggu Sore. Disamping itu, pada tempat itu sudah ada Pelabuhan Klotok yang dapat Anda gunakan untuk berekreasi telusuri tempat sungai, hingga dapat digunakan sebagai salah satunya titik pergi untuk telusuri sungai yang berada di Kota Banjarmasin.

Karena keunikannya, Pasar Terapung Siring Tendean dijadikan tempat rekreasi, khususnya untuk mereka yang dari luar wilayah. Tetapi pasar terapung ini seperti pasar yang lain, yakni sebagai tempat berjumpanya di antara penjual dan konsumen.

Oleh karena itu, untuk siapa saja yang ingin berkunjung pasar terapung tidak dikenai ongkos ticket masuk sama sekalipun. Anda bebas untuk masuk pasar terapung itu kapan saja Anda ingin. Saksikan google maps.

Ongkos kemungkinan Anda keluarkannya saat di sini Anda beli beberapa barang yang dipasarkan oleh beberapa pedagang di perahu keluarga. Atau ongkos lain akan dikeluarkan saat Anda harus memarkirkan kendaraan, baik itu motor atau mobil yang Anda membawa ke arah pasar terapung itu.

Baca juga : Situ Biru Cilembang, Danau Biru Elok Di Sumedang

Aktivitas yang Menarik di Pasar Terapung Siring Tendean

1. Wisata Berbelanja

Aktivitas yang Menarik di Pasar Terapung Siring Tendean

Salah satunya kegiatan yang tentu saja banyak dilaksanakan saat ada di Pasar Terapung Siring Tendean yakni belanja. Beberapa barang yang dipasarkan oleh beberapa pedagang ini dijajakan dengan benar-benar dapat dijangkau.

Maka dari itu, tidaklah aneh bila yang padati tempat itu tidak cuma pelancong luar wilayah saja, tetapi warga sekitaran. Mereka tiba untuk beli bermacam buah-buahan, sayur-mayur dan keperluan setiap hari.

2. Nikmati Wisata Kulineran

Di pasar terapung ada juga pedagang makanan yang buka lapak di tempat pelabuhan. Untuk Anda yang suka sekali mencicip bermacam kulineran dari beragam jenis wilayah, dapat mencoba tiba ke Pasar Terapung Siring Tendean dan cicip kepuasan makanan ciri khas wilayah Siring.

Beberapa makanan ciri khas tradisionil seperti ketupat, laksa, puracit, apam batil dan lain-lain dapat Anda cicipi pada harga yang paling dapat dijangkau. Tentu saja nikmati makanan di pasar terapung akan memberi kesan tertentu dan tidak terlewatkan.

3. Explore Tempat Wisata

Akan sangat sayang Bila Anda berkunjung pasar terapung tetapi tidak menelusuri tempat wisata itu sampai senang. Saat Anda ada di sana, Anda dapat telusuri setiap pojok tempat itu dan nikmati bermacam serunya yang berada di sana. Karenanya, explore semua daerah pada tempat ini tanpa sangsi.

Baca juga : Asal Masukan Daerah Cina (Lokasi Pecinan) di Indonesia

Sarana yang Ada di Teritori Pasar Terapung Siring Tendean

Pasar Terapung Siring Tendean yang ada di Kota Banjarmasin ini sebetulnya bukan tempat wisata, tetapi sebuah pasar yang sediakan beragam jenis bahan keperluan primer dan beberapa barang lain.

Sarana yang Ada di Teritori Pasar Terapung Siring Tendean

Tetapi walau demikian, cukup banyak pelancong yang tiba ke arah tempat ini sekedar untuk liburan dan melihat serunya yang ada. Sarana yang telah ada pada tempat itu yakni tempat parkir dan toilet.

Untuk sarana lain seperti sarana permainan tentunya tidak dapat diketemukan. Tetapi walau demikian, pasar terapung menyuguhkan wisata ciri khas yang penuh akan adat leluhur. Tempat ini menyuguhkan spot photo yang memikat dan unik dibandingkan tempat rekreasi lain.

Tersebut keterangan berkenaan Pasar Terapung Siring Tendean Kota Banjarmasin. Anda yang kebenaran tengah ada di kota itu, tidak ada kelirunya meluangkan diri bertandang ke pasar itu saat hari Sabtu atau Minggu. Mudah-mudahan berguna untuk Anda dan keluarga.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :