Pasar Seni Tradisional Kakilagit Mangunan Bantul Yogyakarta

posted in: Jogjakarta | 0

Menilik Pasar Seni Tradisional Jaman Kerajaan Majapahit di Kakilangit, Bantul Yogyakarta

Direktori Wisata – Liburan sambil menikmati suasana pasar tradisonal era Kerajaan Majapahit lampau di Pasar Seni Kakilangit yang berlokasi di Desa Wisata Mangunan, Delingo, Bantul, Yogyakarta.

Mengisi liburan di kawasan wisata Yogyakarta memang tidak akan ada habisnya bila kita mau mengenal dan banyak mengulik setiap sisi perkembangan dari konsep pariwisata potensi setiap daerahnya, salah satunya dapat kita temukan di daeah kawasan Desa Wisata Mangunan, Bantul Yogyakarta.

Pasar Seni Tradisional Kakilangi Yogyakarta

Pada saat Direktori Wisata Indonesia melakukan perjalanan kunjungan di Yogyakarta, kami berkesempatan mengunjungi salah satu pasar tradisional yang berkonsep era jaman Kerajaan Majaphit tempo dulu yang berada di daerah Mengunan, Delingo, Yogyakarta.

Desa Wisata Mangunan Delingo Bantul Yogyakarta yang memperkenalkan konsep wisata baru yang sedang mengembangkan atraksi wisata baru berkonsep budaya dan tradisional, yakni pasar tradisional era Kerajaan Majapahit masa lampau dengan menyajikan aneka masakan kuliner tradisional ala desa yang hampir punah.

Pasar yang diberinama Pasar Seni Kakilangit ini, terlihat oleh Direktori Wisata Indonesia di lokasi bukan terlihat seperti pasar pada umumnya, karena di pasar ini menggunakan cara bertransaksi dengan cara unik yang menggunakan uang kayu.

Setiap pengunjung yang hadir di Pasar Seni Tradisonal Kakilangi di Desa Wisata Mangunan ini yang hendak berbelanja harus menukarkan uang rupiah dengan uang kayu yang disediakan oleh pengelola pada saat akan memasuki area Pasar Kakilangit Mangunan, Yogyakarta.

Lanjut pengalaman Direktori Wisata di lokasi…….
Uang yang telah kami tukarkan dengan uang kayu tersebut lalu di tukarkan dengan aneka jananan makanan rakyat tradisional yang sudah jarang ditemui di kota kota besar, seperti tiwul, pecel ikan teri, lorek jengkol, gudeg manggar sate keong dan banyak lagi jenis makanan tradisional yang dapat sahabat Direktori Wisata Indonesia jumpai di tempat wisata kuliner unik di Yogyakarta.

Pasar Seni Tradisional Kakilangit Dengan Uang Tukar Kayu di Yogyakarta

Keunikan cara bertransaksi di Pasar Seni Tradional Kakilangit ini, tentunya membuat Direktori Wisata Indonesia berserta rekan-rekan lebih penasaran untuk datang dan melihat pasar yang berkonsep seperti jaman Kerajaan Majapahit ini. Apalagi pada saat kami mendengar makan bayar dengan menggunakan uang kayu.

Namun, setelah kami tiba di lokasi, ternyata tidak hanya kami beserta rombongan yang tertarik dengan adanya konsep wisata belanja dan kuliner di pasar tradisional ini, namun beberapa wisatawan yang berasal dari luar kota dan turis mancanegera pun rela datang di pagi hari untuk pergi dan datang ke Pasar Kuliner Kakilangit tersebut yang hanya dapat ditemukan pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan di lokasi dari keterangan salah seorang pengelola setempat, keberadaan Pasar Seni Tradional Kakilangit turut mengangkat perekonomian warga setempat.

Meski baru di bukan pada awal Desember 2017 lalu, namun sensasi Pasar Tradisional Jaman Kerajaan Majapahit ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang hadir di tempat wisata kuliner di salah satu kawasan Desa Wisata di Indonesia.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan berkunjung di kawasan wisata alam unik di Yogyakarta dan yang gemar berburu kuliner tradisional sembari menikmati segarnya udara perbukitan desa yang masih alami, kalian dapat langsung mengunjungi Pasar Tradisional Kakilangit ini.

Di Pasar Tradisional Era Jaman Kerajaan Majapahit ini terdapat 14 buah lapak milik warga lokal yang menyediakan beragam kuliner tradisional dan minuman khas daerah serta berbagai macam kerajinan kayu karya tangan trampil warga lokal setempat.

Jangan lupa mampir di kawasan : Wisata Alam Puncak Hutan Pinus Becici di Bantul Yogyakarta

Untuk mengobati rasa penasaran para pembaca setia Direktori Wisata Indonesia dengan suasana Pasar tradisonal era Kerajaan Majapaht tersebut, kalian dapat menyaksikannya dalam tayangan video di bawah ini pada saat kami melakukan kunjungan di lokasi.

Kunjungan di pasar tradisional kakilangit sekitar Desa Wisata Mangunan Dusun Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Sedangkan untuk menuju ke lokasi objek wisata Kuliner di Pasar Seni Tradisonal Kakilangit Mangunan ini, kalian dapat mengikuti rute akses jalan dengan menggunakna peta petunjuk yang ada di dibawah ini. Sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat menyesuaikan titik dari lokasi keberangkatan menuju ke tujuan.

 

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.