Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Nusa Tenggara Timur / Pantai Watu Parunu, Pantai Yang Membuat Pengunjung Menunduk Hormat

Pantai Watu Parunu, Pantai Yang Membuat Pengunjung Menunduk Hormat

Direktori Rekreasi – Pantai Watu Parunu garis pantainya betul-betul panjang. Pantai ini sudah terhitung pantai Selatan, yang berkaitan langsung dengan Samudra Indonesia, jadi ombaknya lumayan besar. Tapi pantai ini cukup miring, jadi aman untuk berenang sampai ke tengah.

Pantai Watu Parunu, Pantai Yang Membuat Pengunjung Menunduk Hormat

Pengunjung Pantai Watu Parunu akan disongsong bentang pasir pantai, tebing batu dan desir ombak. Tebing batu putih yang berada di ujung timur pantai ini jadi salah satu kekhasan Pantai ini. Tebing batu putih yang tinggi di Pantai ini menjadi lokasi favourite pengunjung untuk berfoto.

Nama Watu Parunu sendiri berkaitan dengan kejadian alam batu berlubang sebagai kekhasan dari pantai ini. Agar bisa jalan lewat batu berlubang ini pengunjung harus merunduk. Ini sama sesuai nama pantai ini yakni watu tang bermakna batu dan Parunu yang mempunyai makna menunduk.

Sementara itu, saat air pantai sedang kering, tebing batu ini dapat dicapai dengan lewat batu berlubang yang mempunyai ukuran cukup besar.

Minimum ada lima lubang, dua satu diantaranya mempunyai ukuran besar. Tebing yang bekerja bersama dengan keindahan Pantai Watu Parunu, jadi daya tarik khusus untuk bertandang pantai yang mempesona ini.

Lokasi Pantai Watu Parunu

Pantai Watu Parunu berada di wilayah Desa Lain Janji, Kecamatan Wulla Waijelu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga : Air Terjun Benang Kelambu, Pengiring Setia Air Terjun Benang Stokel

Untuk raih pantai ini, beberapa pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 135 km dari pusat Kota Waingapu.

Lajur Ke Pantai Watu Parunu

Pantai Watu parunu ada sekitar 2,5 sampai 3 jam berkendara dari Waingapu, Sumba Timur. Sedikit lumayan jauh, tapi anda tidak perlu kuatir karena akses ke tempat wisata ini tidak sulit.

Lajur Ke Pantai Watu Parunu

Walau beberapa jalannya sudah diaspal bagus, namun tetap ada juga yang jelek, karenanya disarankan untuk menggunakan kendaraan yang lumayan tinggi dan bukan sedan.Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam, pengunjungakan langsung disongsong bentang pantai yang luas.

Jam Buka Pantai Watu Parunu

Pantai Watu Parunu terbuka 24 jam sepanjang minggu untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa bebas mengatur waktunya sama sesuai kesempatan yang dimiliki.

Namun tidak disarankan untuk melawat saat hari sudah gelap. Selain faktor masalah untuk cicipi keindahan panorama, karena kurangnya penerangan di lokasi atau di jalur ke lokasi.

Ticket Pantai Watu Parunu

Terkait ticket masuk ke wilayah pantai watu Parunu, Saat weekday, harga ticket masuk Pantai Watuparunu adalah Rp15,000.00. Sementara saat akhir minggu, harga ticket masuk Pantai Watuparunu sama beberapa Rp15,000.00.

Fasilitas Pantai Watu Parunu

Peluang balik lagi persoalan jarak yang cukup jauh dari pusat kota Waingapu yang menjadikan pantai ini belum ditata.

Baca juga : Kampung Kebiasaan Ratenggaro, Kecantikan Alam Dibalut Histori Sumba

Minimal ini kelihatan pada persoalan tidak ada warung makan atau penjual makanan. Karena itu mutlak jika kerjakan perjalanan ke sejumlah tempat seperti ini siapkan bekal sendiri yang penuhi. Kelaparan pada tempat wisata tentu bukan pengalaman yang ingin kita ingat.

Daya Mengambil Pantai Watu Parunu

1. Tebing Batu Berlubang

Di pantai Watu Parunu ini, sajian yang akan membuat mata pengunjung langsung terpana yaitu tebing batu. Tebing batu putih yang tinggi di Pantai Watu Parunu jadi lokasi favourite pengunjung untuk berfoto. FYI, tebing batu ini sebagai satu diantaranya kekhasan dari pantai Watu Parunu.

Daya Mengambil Pantai Watu Parunu

Di sisi lain, tebing batu ini tersusun dari beberapa jenis batu-batuan lainnya. Dengan mempunyai wujud yang meliuk membuat tebuing ini kelihatan bak lukisan yang sengaja dipajang di ujung pantai.

Saat air laut kering, tebing ini bisa dicapai dengan lewat batu berlubang yang mempunyai ukuran cukup besar. Minimum ada lima lubang, dua satu diantaranya mempunyai ukuran besar.

Tebing yang bekerja bersama dengan keindahan Pantai Watu Parunu ini seakan gerakkan hati untuk bertandang kembali pantai yang mempesona ini. Tidak aneh, lokasi wisata di Sumba Timur ini jadi satu diantaranya set film garapan Mira Lesmana yaitu Pendekar Tongkat Emas.

2. Bukit Pantai

Bentang pasir yang membentang sepanjang pesisir pantai sebagai lokasi yang pas untuk senang.

Seterusnya, apabila sudah terasa bosan bermain pasir dan ombak laut, pengunjung bisa mencoba mendaki tebing batu putih yang ada di sisi timur pantai.

Semetara itu, tebing yang mempunyai struktur unik ini menjadi lokasi yang pas untuk merenungkan bagaimana cantiknya alam yang dibikin tuhan. Bentang laut luas yang tiba tidak ayalnya akan membuat siapa kagum olehnya.

Menyaksikan lurus ke lepas pantai dengan berdiri di atas bukit jadi pilihan cara mendapatkan persfektif lain untuk cicipi pantai ini pada sudut berbeda. Ombak yang terhempas di tebing khusus, menjadi pemandangan keunikan di atas bukit ini.

3. Kemah

Di sekitar pantai ini pengunjung juga bisa kemah. Karena di sekitar pantai tidak ada warung yang jual makanan dan minuman, karenanya saat kemah harus membawa perbekalan yang cukup.

Memproses makanan dan cicipi kopi saat malam hari, sekaligus menyaksikan langit yang penuh dengan bintang-bintang, tentu munculkan beberapa kesan yang betul-betul tidak mudah untuk dilupakan.

Saat bangun pagi hari, dari dalam tenda pengunjung akan mendapat pemandangan yang luar biasa cantik ketika matahari keluar. Oleh karena itu kemah bermalam di pantai ini, tidak terasa rugi dan sia-sia.

Baca juga : Rumah Tradisi Prai Ijing Sumba, Berbalut Pembelajaran Budaya

Selain itu, aktivitas kemah jadi penghilang kepenatan yang paling efektif. Dengan begitu badan dan pertimbangan akan fresh kembali. Seterusnya, ketika esok paginya pengunjung bisa jogging di pantai, berenang, surfing dan lainnya.

Objek Wisata Dekat Pantai Watu Parunu

Selain pantai Watu Parunu yang elok, sumba timur terkenal dengan bukit-bukit cantiknya. Satu diantaranya yag plaing populer adalah Bukit Warinding.

Objek Wisata Dekat Pantai Watu Parunu

Selainnya lanskap perbukitannya yang paling spesial di antara bukit yang lain, aksesnya mudah dan betul-betul dekat dari Waingapu.

Semilir angin bukit-bukit yang terkadang menyapa semakin menambahkan pengunjung betah semakin lama di bukit-bukit luas ini.

Terkait pantai elok, Sumba timur memiliki Walakiri. Pantai ini telah menjadi tujuan favourite banyak wisatawan.

Tanaman bakau yang tumbuh pada tempat pantai memiliki bentuk unik yang seperti orang sedang menari. Waktu senja adalah waktu terbaik untuk cicipi pantai ini.

Selain pantai, ada juga Air terjun. Salah satunya Air Terjun Hirumanu. Dengan tinggi air terjun raih 70 mtr., Air Terjun Hirumanu terhitung barisan air terjun yang spesial di Pulau Sumba.

Lokasinya berada di dekat barisan pantai timur Sumba tepatnya di Desa Kananggar.

Selain cicipi kesegaran air terjunnya, pengunjungjuga bisa berfoto ria di atas bukit air terjun yang menyajikan pemandangan alam Sumba yang luas.

Begitu sedikit penjelasan terkait wisata di Danau Rembebai, yang diliputi kealamian. Tentu saja ini hanya beberapa kecil dari kesemuanya keindahan yanga kan bisa anda cicip jika datang langsung ke Pantai ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :