Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Lombok / Pantai Tebing, Bukti Dahsyatnya Letusan Gunung Rinjani Tua Di Lombok Utara

Pantai Tebing, Bukti Dahsyatnya Letusan Gunung Rinjani Tua Di Lombok Utara

/

Directory Liburan – Pantai Tebing adalah pantai historis yang ada pada Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Disamping historis pantai ini termasuk antik, bakal kemunculan suatu tebing yang cukuplah tinggi.

Pantai Tebing, Bukti Dahsyatnya Letusan Gunung Rinjani Tua Di Lombok Utara

Tebing itu punya tinggi sekiar 20 sampai 25 mtr., barangkali oleh oleh karena itu pantai elok yang satu berikut disebut Pantai Tebing.

Pantai berikut nama Pantai Tebing di Indonesia tidak hanya di Lombok Utara saja, walaupun punya nama yang hampir mirip akan tetapi kecantikan yang disuguhkan pastinya begitu tidak sama.

Pantai Tebing Lombok ini gak sangat ramai seperti pantai yang lain ada pada Lombok, yang membuat banyak dipakai oleh turis yang sungguh-sungguh pengin nikmati alam.

Insiden gempa bumi yang menimpa Lombok di tahun 2018 lalu membikin tebing yang ada pada Pantai Tebing merasakan longsor, maka ternyata tidak seperti dahulu kembali.

Di bawah ini deskripsi tentang Pantai Tebing Lombok Utara:

Histori Pantai Tebing

Pantai Tebing ini dapat di sebut adalah hasil histori atas insiden yang berlangsung sejumlah jam yang silam. Insiden itu merupakan meledaknya Gunung Rinjani Tua atau Samalas seputar tahun 1257.

Serta berdasar pada catatan histori, insiden meledaknya Gunung Rinjani Tua itu adalah letusan gunung paling besar era 7.000 tahun akhir.

Maka muntahan material gunungnya sampai lebih dari pada 40 km kubik, melampaui limpahan Krakatau di tahun 1883 yang cuma seputar 12,3 km kubik.

Menurut peneliti gunung api dari Museum Geologi Bandung mengucapkan, kalau tebing pasir yang ada pada pantai ini adalah singkapan pengendapan piroklastik dari letusan Gunung Samalas.

Singkapan itu terbuat dari pengendapan awan panas, saluran piroklastik yang masuk ke laut. Awan panas yang bersua dinginnya air lalu menimbulkan letusan sekunder.

Baca juga : Taman Liburan Pusuk Sembalun, Rumah Besar Buat Bukit Selong Serta Kampung Beleq

Letusannya dilontar ke dataran serta pengendapan materialnya membuat bukit batu yang punya ketebalan seputar 50 mtr. yang berdiri tegak di pesisir pantai.

Posisi Pantai Tebing

Posisi serta alamat Pantai Tebing Lombok ini ada dalam Dukuh Luk, Kampung Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Trayek Tuju Pantai Tebing

Trayek tuju Pantai Tebing bisa dilintasi kendaraan mobil ataupun motor, akan tetapi alangkah baiknya apabila memanfaatkan motor supaya dapat membentakrkan kendaraan lebih dekat sama ruang pantai.

Trayek Tuju Pantai Tebing

Jarak yang bakal kamu menempuh apabila bergerak dari Mataram seputar 46 km, dengan prediksi waktu seputar 1 jam 20 menit terkait di kecepatan kamu mengemudi.

Baca juga : Desa Wisata Budaya dan Sejarah Di Kabupaten Lombok Tengah

Dari jalan inti ke pantai jaraknya seputar 400 mtr., dengan lajur masih berwujud tanah.

Jam Membuka Pantai Tebing

Tak ada informasi sah tentang jam operasional dari Pantai Tebing, perihal itu bisa kita tafsirkan kalau pantai ini terbuka waktu 24 jam satu hari, serta 7 hari 1 minggu.

Ticket Pantai Tebing

Setali tiga uang dengan jam membuka, ticket masuk tuju Pantai Tebing Lombok Utara ini lantas belum ditentukan dengan resmi alias cuma-cuma.

Baca juga : Pantai Gili Air Lombok, Wisata Pantai Untuk Liburan di Pulau Lombok

Kamu hanya butuh menyediakan uang buat bayar cost parkir kendaraan yang kamu membawa saja.

Layanan Pantai Tebing

Pantai Tebing Lombok, belum terkelola dengan maksimal oleh Pemerintahan satempat ataupun Pemerintahan pusat. Perihal itu menimbulkan layanan yang ada pada seputar Pantai Tebing lantas belum layak.

Baca juga : Desa Wisata Ende Mengenal Dekat Masyarakat Adat Lombok Tengah

Maka apabila kamu ingin mendatangi Pantai Tebing semestinya bawa stock minuman atau makanan yang cukup.

Daya Ambil Pantai Tebing

Buat tuju Pantai Tebing Lombok Utara ini, kamu mesti menuruni jalan setapak. Walaupun demikian tiap-tiap pengunjung yang hadir bakal nikmati tiap-tiap kejadian yang terwujud di pantai ini.

Sebab Pantai Tebing punya daya magnet sebagaimana berikut:

1. Pantainya Yang Tenang

Pantai Tebing punya pemandangan alam yang masih amat alami, deburan ombak yang silih berkejaran digabungkan dengan birunya air laut.

Hadirnya bentangan pasirnya yang memiliki warna hitam memperbanyak keeksotisan dari Pantai Tebing Lombok. Kondisi pantai yang gak sangat ramai, bisa kamu pakai buat merehatkan diri.

Baca juga : Wisata Alam Gunung Rinjani Danau Segara Anak Lombok

Hanya duduk di atas bentangan pasirnya yang halus sembari menyaksikani birunya laut, adalah trik terhebat buat meresap unsur positif yang dikasihkan alam.

2. Tebing Yang Mengagumkan

Daya magnet setelah itu tentu hadirnya tebing tinggi yang ada dalam tepi pantainya, tebing itu adalah saksi histori bakal dahsyatnya letusan Gunung Rinjani Tua atau Samalas.

Akan tetapi benar-benar begitu disayang, tebing yang gagah itu mesti beralih sebab merasakan longsor gara-gara genpa yang menimpa Lombok setahun lebih lampau.

Gempa itu berlangsung seputar bulan Juli tahun 2018, dengan kapabilitas gempa senilai 6,4 Mw. Karena itu banyak beberapa rumah penduduk serta layanan yang lain yang tumbang.

Perihal itu ternyata gak menyulutkan turis untuk tetap banyak yang datang, serta nikmati kecantikan dari Tebing batu Lombok.

3. Melaksanakan Pekerjaan Dahsyat

Sewaktu ada dalam Pantai Tebing, ada sejumlah pekerjaan dahsyat yang bisa kamu melakukan sama keluarga maupun rekan populasi. Ialah:

* Menjajahi pantai bersama

* Main air maupun berenang

* Berjemur di atas pasir

* Memancing

* Hunting sejumlah foto menawan

Pantai Tebing bisa dikelompokkan tempat tamasya yang ramah untuk seluruhnya macam umur, maka kamu bisa mengikutsertakan keluarga terkasih buat liburan akhir minggu ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :