Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Pantai Tarimbang, Daya tarik Salah-Satu Pulau Paling indah Di Dunia

Pantai Tarimbang, Daya tarik Salah-Satu Pulau Paling indah Di Dunia

Directory Rekreasi – Harus dipahami, jika Pantai Tarimbang mempunyai ombak yang tidak besar, dan tidak begitu tinggi. Dengan begitu, lokasi Pantai Tarimbang menjadi tujuan rekreasi keluarga.

Pantai Tarimbang, Daya tarik Salah-Satu Pulau Paling indah Di Dunia

Sebuah hal yang pantas dibanggakan, dari beberapa pulau cantik yang ada di bumi ini, rupanya Pulau Sumba masuk ke 33 besar pulau paling indah di dunia.

Sudah pasti banyak persyaratan dari penilaian itu. Misalnya : keelokan alam, kelestarian ekosistem, dan kebersihan teritori pulau.

Di Pulau Sumba, ada sebuah pantai elok, surga untuk beberapa peselancar. Nama pantai itu ialah Pantai Tarimbang.

Pantai Tarimbang jadi pendamping puzzle kesempurnaan keelokan Pulau Sumba. Kenyataannya, walau lokasinya benar-benar jauh dari Ibu Kota Jakarta, tapi banyak pelancong asal Ibu Kota yang tiba.

Meski begitu, faktor keamanan ialah hal yang tetap harus diprioritaskan dalam berekreasi. Akses ke arah Pantai Tarimbang dapat dengan memakai kendaraan beroda 2, atau mungkin dengan kendaraan beroda 4.

Dan saat di di perjalanan dengan keluarga, banyak panorama cantik yang dapat dicicipi. Saat sebelum sampai di lokasi khusus, sebenarnya Pantai Tarimbang dapat kelihatan.

Sesaat dari lokasi itu, anda akan masuk teritori permukiman warga. Lantas kendaraan anda akan jalan lempeng antara rindangnya pohon-pohonan, sampai hingga ke lokasi dekat Pantai Tarimbang.

Baca juga : Pesona Wisata Bahari Pulau Kanawa Flores, Nusa Tenggara Timur

Kemudian, beberapa pengunjung tinggal jalan langkah-langkah. Sampai pada akhirnya kaki pengunjung sampai di bentangan pasir putih, dengan view di muka mata sebuah bentangan laut dengan warna airnya yang biru.

Daya Ambil, Dan Macam Kegiatan Rekreasi Di Pantai Tarimbang

Pada umumnya Pantai Tarimbang masih terbangun ekosistem, dan kebersihan teritori pantainya. Hal itu karena kurangnya “tangan usil” yang tiba ke lokasi itu.

Macam Kegiatan Rekreasi Di Pantai Tarimbang

Disamping itu, ada banyak daya tarik keelokan yang lain yang bisa dicicipi oleh pengunjung saat ada di lokasi khusus Pantai Tarimbang. Salah satunya:

1. Pasir Putih

Untunglah pantai yang mempunyai bentangan pasir putih, dan halus. Karena keadaan itu sebagai hal yang paling dicintai oleh beberapa pelancong.

Pantai Tarimbang ialah satu diantara beberapa pantai yang untung memiliki bentangan pasir putih, yang halus.

Kegiatan rekreasi yang bisa dilaksanakan di spot itu ialah :

* Bermain Air Atau Bermain Ombak

* Bermain Istana Pasir Bersama Keluarga

* Nikmati Keelokan Alam Pantai, Sekalian Nikmati Makanan, Dan Minuman

* Naiki Kuda Sumbawa Di Atas Pasir Putih

Sebagai catatan, jika sarana di Pantai Tarimbang belum komplet. Maka dari itu, bekal makanan harus dibeli lebih dulu di lokasi saat sebelum Pantai Tarimbang.

Baca juga : Pesona Desa Wisata Liang Ndara Flores Nusa Tenggara Timur

Catatan yang ke dua, untuk naiki kuda Sumbawa, beberapa pengunjung harus lebih dulu verifikasi ke warga sekitaran yang sediakan jasa persewaan kuda itu.

2. Ombak Pantai

Ombak Pantai Tarimbang tidak terlampau besar, dan tidak begitu tinggi. Ombak Pantai Tarimbang populer dengan 9 gulungan ombak yang silih ganti.

Keadaan itu jadikan tempat wisata Pantai Tarimbang jadi surga untuk mereka yang paling sukai dengan dunia selancar.

Tapi untuk beberapa pelancong yang tidak dapat, dan tidak pernah, dilarang berseluncur tanpa tuntunan dari orang yang telah professional.

3. Spot Instagrammable

Spot yang instagrammable, sekarang jadi hal primer di di dunia rekreasi. Hal itu bersamaan dengan pergerakan perubahan sosial media, dan internet.

Ada spot alami di Pantai Tarimbang yang paling instagrammable. Salah – satunya, ada sebuat tebing batu, atau tebing karang yang dapat menjadi latar yang eksotik untuk keperluan content sosial media.

Lokasi Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang berada di Kecamatan Tabundung yang ada di samping selatan Kabupaten Sumba Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca juga : Pesona Wisata Bahari Taman Laut 17 Pulau Riung Flores Nusa Tenggara Timur

Lokasi ini lumayan jauh dari pusat Kota Waingapu, agar bisa sampai di Pantai cantik ini dibutuhkan waktu perjalanan darat sekitaran 3-4 jam memakai kendaraan motor.

Jalur Ke arah Pantai Tarimbang

Ada 2 alternative untuk ke arah Pantai rekreasi ini yakni lewat Sumba Barat (Waikabubak) atau dari Sumba Timur (Waingapu). Untuk ke-2 nya baik Waikabubak dan Waingapu, telah ada beberapa maskapal penerbangan yang layani penerbangan ke ke-2  kota ini dengan transit lebih dulu di Bali.

Jalur Ke arah Pantai Tarimbang

Dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, jarak Pantai Tarimbang sekitaran 89 km. Jika mengawali perjalanan dari Waingapu karena itu arah ialah ikuti lajur lintasi Sumba ke arah

baratnya Sumba (Waikabubak). Lebih kurang 10 km dari pusat Kota Waingapu pengunjung akan melewati batasan Waingapu yang diikuti dengan patung kuda disebelah kanan dan kiri jalannya.

Berlainan dengan keadaan jalan di trans Sumba yang beraspal lembut, keadaan jalan raya disekitaran sini berbatu. Lumayan jauh memang perjalanan ke arah Pantai Tarimbang.

Baca juga : Tenun Khas Ikat Desa Watublapi Nusa Tenggara Timur

Tetapi tak perlu cemas karena sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanja dengan keelokan kontur alam Sumba khususnya perbukitannya yang demikian eksotik di kanan dan kiri jalannya.

Lebih kurang satu 1/2 jam lama waktunya akan balik mendapati sebuah pertigaan yang disebutkan Simpang Tarimbang. Seterusnya tujukan kendaraan lempeng saja. Masih sekitaran 1 jam perjalanan kembali lama waktunya karena itu Anda akan sampai di jalan ke arah Pantai Tarimbang yang dikitari dan terselinap dibalik rimba asri.

Jam Membuka Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang membuka sepanjang 24 jam satu hari, dari awal hari Senin s/d hari Minggu.

Ticket Pantai Tarimbang

Untuk masuk ke tempat pantai Tarimbang Gratis, tidak diambil ongkos

Sarana Pantai Tarimbang

Sarana pendukung belum lumayan memadai di teritori pantai ini. Maka dari itu, siapkan segalanya yang bisa mendukung kenyamanan rekreasi anda dengan baik, janganlah sampai ada yang ketinggal.

Baca juga : Destinasi Wisata Bawah Laut Pulau Alor, Indonesia Timur

Untuk pengunjung yang punya niat menginap di teritori Tarimbang, ada 2 opsi lokasi hotel yang berada tidak jauh dari Pantai Tarimbang yakni Homestay Marthen dan Peter’s Magis Paradise Resor.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :