Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Pantai Senggigi, Unggulan Tamasya Lombok yang Terabaikan

Pantai Senggigi, Unggulan Tamasya Lombok yang Terabaikan

/

Direktori Wisata – Sebelumnya Pantai Mandalika diciptakan jadi tempat MotoGP serta Formulasi 1, ada Pantai Senggigi sebagai daya magnet penting pelancong ke Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pantai Senggigi, Unggulan Tamasya Lombok yang Terabaikan

Pantai Senggigi ada di dalam sisi barat Pulau Lombok. Pantai berpasir putih ini tidak selebar Pantai Kuta di Bali, tapi panoramanya tidak kalah hebat.

Di pantai ini, pelancong dapat snorkeling tidak jauh dari pesisir. Siluet Gunung Agung pula nampak saat cuaca ceria.

Wilayah Senggigi ada di dalam Kabupaten Lombok Barat, ataupun kurang lebih memakan banyak waktu lebih kurang 30 berkendara beroda 4 dari pusat perkotaan Lombok.

Buat yang mau cari tempat pondokan hingga sampai tempat makan juga dapat dengan gampang mendapatinya di wilayah ini.

Buat hotel ragamnya banyak, ada hotel bintang lima hingga sampai homestay. Restaurant pula menunya banyak, dari makanan ciri khas Lombok hingga sampai Italia.

Dapat dikatakan tahun 1990-an yaitu saat keemasan Senggigi. Wisatawan luar negeri serta lokal berseliweran di situ. Tapi, wilayah ini mulai letoi saat terjadi gempa bumi yang menggoyang Pulau Lombok di tahun 2018.

Sempat mulai kembali bangkit. Tapi, endemi COVID-19 tengah 2020 bikin keramaian di Senggigi senyap kembali.

Focus peningkatan Wilayah Ekonomi Privat (KEK) Mandalika pula bikin “Sang Elok Pulau Lombok” kian sedih.

Masyarakat di tempat, yang 80 % gantungkan hidupnya di dunia pariwisata, kadang-kadang berseloroh, “Gak boleh lupakan kami, Senggigi. Kami dulu menara pariwisata terpandang di kepulauan Sunda Kecil.”

Soal tersebut sebagai “tugas rumah” buat Pemerintah provinsi NTB, utamanya Dinas Pariwisata, biar bukan sekedar focus pada pembangunan tamasya di Lombok tengah, akan tetapi mesti menjaga asset memiliki nilai yang bernama telah tersohor terlebih dulu, yaitu Senggigi.

Pemerintah provinsi NTB jangan sempat lupakan Senggigi jadi legenda pariwisata yang sudah berikan banyak penghasilan buat provisi tetangga Pulau Bali.

Lantaran kesedihan tersebut, Pemerintahan Dusun Senggigi berkemauan hidupkan kembali Senggigi lewat dusun tamasya berbasiskankan orang.

“Malah dengan endemi COVID-19 ini, kemungkinan merapikan dusun tamasya dengan sebagus-bagusnya. Sampai di saat new season serius sudah siap,” kata Kepala Dusun Senggigi, Mastur S.E., sama yang diambil dari ANTARA pada Selasa (7/9).

Babak pertama yang bisa dirapikan merupakan mengeduk kapasitas baik tamasya, budaya, serta kulineran tiap-tiap kampung di Dusun Senggigi, seperti pasar jajan tradisionil serta Taman Trigona Mangsit.

Sesudah itu, dapat bikin lajur lintasanking di pegunungan Mangsit yang ada di dalam segi timur Pantai Senggigi. Karena menurut Kepala desa Mastur, sampai kini cuma focus pada tamasya pantai, meski sebenarnya disebelah pegunungan banyak pula kapasitas yang dapat dikeduk.

Di rimba Senggigi dapat dibikin juga ruangan kemping, homestay, hingga sampai tempat latihan panahan.

Tidak hanya itu, wilayah Senggigi pula punyai taman tamasya alam (TWA) yang ada lajur lintasanking hingga sampai air terjun. Pengunjung dapat nikmati suara burung, juga dapat mengerjakan perlindungan beberapa type burung yang unik.

Dari segi budaya, dapat memasangkan kebudayaan Bali serta Lombok, ingat umat Hindu serta Islam di Senggigi hidup damai bersebelahan.

Baca juga : Berekreasi di Pantai Mangsit Yang Berada Pulau Lombok

Di Pura Batu Berlubang, acara Tari Kecak dapat dihelat. Lantas ada Lebaran Topat yang dirayakan 1 minggu sehabis Idulfitri serta Asyura yang dirayakan di bulan Muharram yang bisa dibuntel jadi festival kulineran.

“Kami sekurang-kurangnya telah menginventarisasi lebih kurang 15 seni serta budaya yang dapat diangkat buat lokasi Dusun Tamasya Senggigi waktu yang akan datang,” kata Mastur.

Menggiurkan Pantai Senggigi

Awal kalinya, Pemerintahan Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, lagi meningkatkan wilayah tamasya Senggigi, sebab ada dalam lingkaran Lokasi Super Fokus Wilayah Ekonomi Privat (KEK) Mandalika.

Pantai Senggigi, Unggulan Tamasya Lombok

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Saepul, dalam kesibukan petunjuk tehnis digital penjualan buat pelaksana ekonomi inovatif seni pergelaran di Dusun Batulayar, Lombok Barat, pada tengah April 2021, pula menyentuh Senggigi.

Senggigi, katanya, mesti kian digerakkan serta digencarkan dengan bermacam pertunjukan buat sambut lokasi superprioritas Mandalika.

Juga, dalam rencana pembangunan pariwisata terpadu serta berkepanjangan, wilayah Batulayar tak dapat lepas dari wilayah pokok serta penting Senggigi.

Baca juga : Gili Kondo serta Gili Kapal, Surga Terselip di Timur Lombok

Oleh karena itu, lewat ide induk pembangunan pariwisata, ada tiga wilayah di Kabupaten Lombok Barat, yaitu Senggigi serta sekelilingnya jadi wilayah penting, kecuali tersedianya Sekotong serta sekelilingnya, dan Narmada serta sekelilingnya.

“Marilah Ke Lombok” sendiri adalah satu diantaranya program telephone pegang pembaharuan Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat buat menolong beberapa pelaksana upaya pariwisata pasarkan produk-produknya, mulai dengan produk ekonomi inovatif, kemudahan, kulineran, transportasi, sampai lokasi tamasya.

Program “Marilah Ke Lombok” sekarang bisa didownload di Playstore, maka dari itu pelancong dapat melihat-lihat apa yang dijajakan di Lombok Barat.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :