Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Jogjakarta / Pantai Nglambor, Spot Snorkeling Yang Cantik Di Gunung Kidul, Yogyakarta

Pantai Nglambor, Spot Snorkeling Yang Cantik Di Gunung Kidul, Yogyakarta

/

Directory Rekreasi – Pantai Nglambor tempatnya untuk nikmati air laut yang bening untuk bersnorkeling di dasar laut Yogyakarta.

Pantai Nglambor, Spot Snorkeling Yang Cantik Di Gunung Kidul, Yogyakarta

Umumnya sich tidak pikirkan untuk dapat snorkeling di pesisir pantai selatan di Yogyakarta, karena ombaknya memang besar dengan arus yang kuat.

Rupanya ada lho spot pantai buat snorkeling di Yogya; Pantai Nglambor.

Pantai yang unik ini memiliki bentuk seperti laguna kecil, hingga arus airnya lebih tenang dibandingkan garis pantai yang lain terbuka terlepas. Meski begitu, kita harus tetap berhati-hati karena karakter pantai selatan yang berarus kuat.

Air di pantai ini jernih sekali, hingga saat snorkeling nanti kita dapat saksikan secara jelas beragam ikan dan biota laut yang berada di sekitar terumbu karang. Kece dech dasarnya.

Pantai Nglambor Gunung Kidul Yogyakarta

Di pantai ini ada dua batu karang besar, watu kalong dan watu kuntul, yang ada masih tetap di mulut pantai. Karena urutan ke-2 batu karang berikut ombak di pantai Nglambor tidak demikian besar.

Terumbu karang di pantai Nglambor tetap terlindungi alami. Di sini kita dapat snorkeling sekalian nikmati keelokan biota laut yang bermacam.

Tidak punyai peralatan snorkeling sendiri? tidak boleh cemas. Pada tempat ini ada banyak tempat persewaan alat snorkeling pada harga yang dapat dijangkau.

Snorkeling memang menjadi daya magnet khusus di pantai ini. Tetapi disamping itu, kita bisa juga nikmati situasi alami yang berada di sekitar pantai ini.

Trackking sekitaran lima belas menit dari tempat parkir jadi opsi Directory Rekreasi untuk akhiri tiga jam perjalanan terbuncang-guncang di atas kendaraan.

Medan yang terlampau beresiko dengan jalanan menukik terjal mewajibkan kami jalan kaki atau sewa jasa ojek eksper dibanding bawa kendaraan sampai ke dekat pantai sendirian.

Baca juga : Wisata Goa Pindul Gunungkidul di Jogja

Melalui sela pagar tanaman pandan laut (Pandanus tectorius), kami sampai di bibir pantai. Gerombolan anak muda dengan jaket pelampung warna jingga berpijar komplet dengan perlengkapan snorkel yang lain, kelihatan semangat dan tidak sabar ingin selekasnya berenang dan menyelam di perairan dangkal.

Teritori Pantai Nglambor sebagai salah satunya tujuan snorkeling di teritori pesisir selatan Jogja yang mempunyai pemandangan dasar laut mengagumkan dengan macam terumbu karang dan biota laut.

Ikan tipe Sergeant Major, Jambrong dan beberapa ikan kecil yang lain ialah penghuni masih tetap yang kelihatan kerap berenang berdompol atau bermain petak umpet di celah-celah terumbu karang.

Panorama elok yang tertutup ombak ini benar-benar dijaga oleh warga sekitaran Pantai Nglambor. Bahkan juga teritori pantai ini sebagai wilayah budidaya beberapa macam ikan dan lokasi pelestarian terumbu karang dan biota laut yang lain.

Adat upacara sedekah laut Ngalangi juga dilaksanakan di pantai ini. “Ngalangi” dengan bahasa Jawa memiliki arti merintangi atau larang. Warga sekitaran pantai Nglambor larang siapa saja untuk tangkap ikan di teritori pantai terkecuali sekali dalam satu tahun, di luar musim pemijahan ikan.

Acara penangkapan ikan juga cuman dapat dilaksanakan dengan memakai gawar, seperti jala dari akar pohon wawar yang dipancangkan dan ditepis bersama ke laut oleh warga di tempat.

Seakan tidak ingin kalah, alam juga ikut jaga dan menjaga keindahan akuarium semesta ini dengan memerintah dua karang kura-kura raksasa untuk berpatroli jaga pantai. Dengan gagah “Watu Kalong” dan “Watu Kuntul” melulutkan ombak-ombak ganas supaya tidak terlampau keras memukul bibir pantai.

Kehadiran dua karang kura-kura raksasa berikut yang membuat terumbu karang Pantai Nglambor tidak hancur dihempas gelombang, sekalian aman untuk snorkeling.

Baca juga : Wisata Pantai Indrayanti di Gunung Kidul,Yogyakarta

Kenakan perlengkapan snorkel komplet dengan sepatu dan jaket pelampung, kami juga selekasnya menegur beberapa penghuni zone neritik ditolong oleh salah satunya pemandu. Kebenaran saat kami tiba ialah waktu terbaik untuk snorkeling, ketika air laut belum pasang tetapi tidak terlampau kering.

Ada dua penyewaan alat snorkel di pantai ini, Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) dan Pokdarwis Nglambor Lestari, sampai kami tidak perlu berusaha susah payah bawa perlengkapan dari rumah.

Beberapa sisa ombak pantai selatan yang sudah dijinakkan memberi kesan tertentu saat snorkeling di Pantai Nglambor. Seringkali saat kami telah berusaha susah payah berenang cukup ke tengah, ombak menggeret kami sampai ke pinggiran kembali.

Dengan ketrampilan seorang pemula, kami menyelam dengan benar-benar berhati-hati supaya tidak mencapai terumbu karang dan menghancurkan ekosistem dasar laut di pantai ini.

Kami tidak ingin menambahkan teror kerusakan terumbu karang yang disebabkan karena kegiatan manusia seperti penangkapan ikan yang terlalu berlebih, pembangunan wilayah pesisir dan ada pemutihan terumbu karang (coral bleaching).

Karena sisi dasar laut yang memikat di depan kami membutuhkan saat yang benar-benar lama untuk berhias percantik diri. Bila ekosistem dasar laut ini hancur, karena itu usaha warga sekitaran dan dua kura-kura raksasa penjaga pantai akan berasa percuma.

Pantai Nglambor dengan semua penghuninya sudah menganakemaskan mata dengan semua dandanan alamnya yang memesona. Sebagai penikmatnya tidak ada kelirunya kita turut jaga kelestariannya, bersama warga sekitaran memudahkan pekerjaan dua karang kura-kura raksasa.

Selesai bergurau dan berpose bersama ikan-ikan, batu-batuan karang disebelah selatan pantai yang teduh jadi sasaran untuk istirahat sesaat, nikmati sepoi angin laut sekalian keringkan baju.

Baca juga : Wisata Pantai Wediombo Gunungkidul Yogyakarta

Tidak jauh dari tempat kami duduk ada suatu sumber air tawar yang memancar dari sela bebatuan kecil-kecil. Awalannya kami berasa bingung menyaksikan ada sumber air tawar di pinggir pantai.

Tetapi peristiwa air tawar yang ada di Pantai Nglambor rupanya karena ada lorong karst seperti pipa U yang berperan sebagai aliran air tanah, sama seperti yang disebutkan salah seorang periset karst pakar klimatologi dari LIPI.

Terlena embusan angin pantai, kami tidak sadar matahari makin tinggi dan pakaian yang semula basah telah jadi kering. Kami selekasnya bergerak, ganti baju bersih dan mengepaki bekal.

Lokasi Pantai Nglambor Yogyakarta

Lokasi Pantai Nglambor ada di Desa Ngandong, Purwodadi, Tepus, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Lokasi Pantai Nglambor Yogyakarta

Terletak ada tidak jauh dari pantai lain di sini; Pantai Siung dan Pantai Jogan. maka bertandang ke tempat sini dapat sekaligus saja berkunjung rekreasi pantai yang lain, tanggung deketan tempatnya.

Jika dihitung dari Malioboro, jarak ke pantai ini lebih kurang sekitaran 70 KM. Jarak ini dapat kita menempuh sepanjang sekitaran 2 jam lebih sedikit.

Jalur Pantai Nglambor

Jalur pantai Nglambor dari Solo atau dari Jogja lumayan gampang buat di turuti. Tempatnya mudah buat diketemukan, cuman sedikit bersembunyi saja lokasinya.

Jalur Pantai Nglambor

Untuk ke arah tempat Nglambor, anda dapat ikuti jalur atau jalan berikut:

Kota Yogya – Jl. Wonosari – Bukit Patuk – Bundaran Siyono – Kota Wonosari – ke Pantai Siung – TPR Pantai Siung – sekitaran 2 km dari TPR, belok ke kanan – turuti panduan arah ke arah Pantai – Pantai Nglambor

Harga Ticket Masuk Pantai Nglambor

Harga ticket masuk pantai nglambor lumayan murah. Cukup dengan Rp 6000 saja kita sudah dapat nikmati keelokan pantai ini.

Tetapi selainnya ticket masuk, ada banyak ongkos lain seperti parkir yang penting kita mengeluarkan juga.

* Harga ticket masuk pantai Rp 6000

* Parkir motor Rp 2000

* Parkir mobil Rp 5000

* Ojek ke pantai dari parkir Rp 5000 -Rp 10.000

Harga Snorkeling Di Pantai Nglambor

Ongkos atau harga snorkeling di pantai nglambor cukup dapat dijangkau. Pada harga Rp 50.000 – Rp 75.000 saja kita sudah dapat snorkelling dengan sarana yang lumayan komplet.

Dengan keunikannya ini, patut saja bila nama Pantai Nglambor cepat menjadi satu diantara tujuan rekreasi favorite. Yakinkan saat snorkeling kelak selalu untuk jaga alam sekitaran ya. Sedapat mungkin kita tidak mengusik terumbu karang yang ada di sini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :