Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Bali / <strong>Pantai Kelingking Nusa Penida, Rekreasi Bahari Paling indah yang Dianggap Dunia</strong>

Pantai Kelingking Nusa Penida, Rekreasi Bahari Paling indah yang Dianggap Dunia

/

Directory Rekreasi – Pantai Kelingking salah satunya surga terselinap yang iconic di Nusa Penida, Bali. Pantai dengan panorama bukit memanjang kea rah laut seperti kelingking dan menyajikan daya tarik alam yang tidak ada duanya.

Pantai Kelingking Nusa Penida, Rekreasi Bahari Paling indah yang Dianggap Dunia

Pantai Kelingking Nusa Penida selalu ramai dikunjungi beberapa pelancong lokal atau luar negeri. Pantai Klungkung ini sangat terkenal dalam telinga beberapa pelancong. Tidaklah aneh bila beberapa pelancong masukkan tempat wisata ini ke wishlist berlibur mereka. Lawatan pelancong paling padat ialah saat akhir pekan atau musim berlibur.

Pantai terkenal satu ini dianggap oleh dunia karena sebagai pantai paling cantik di Asia versus CNN Travel dan ada di posisi kesembilan. Pulau Nusa Penida sebagai teritori pelestarian perairan yang populer dengan panggilan The Global Coral Triangle dari WWF. Saat bertandang ke sini, beberapa pelancong dapat berkunjung jejeran beberapa pantai yang lain elok.

Karena sebagai surga terselinap, Pantai Kelingking disebut sebagai salah satunya dari Beach Secret Point-nya Bali. Nuansa alam di sini masih alami dengan pantai pasir putihnya yang bersih dan menarik. Letak pantai ini ada di kaki bukit hingga bisa membuat Anda terpana dengan keelokan dan keunikannya yang lain dari beberapa pantai yang lain.

Baca juga : Pantai Jimbaran, Senja yang Cantik Tanpa Bayaran di Bali

Daya Ambil yang Dipunyai Pantai Kelingking

Pantai ini dikuasai oleh beberapa tebing berwujud karang yang terjal. Karena disaksikan dari kontur tanahnya berbatu kapur dan keadaan geografisnya, karena itu pada musim penghujan teritori alam sekitaran pantai ini kelihatan hijau serta lebih cantik dibanding saat musim kemarau yang kelihatan kering.

Daya Ambil yang Dipunyai Pantai Kelingking

1. Disebutkan Sebagai Secret Poin Beach

Panggilan ini benar-benar patut dipakai oleh pantai satu ini. Terletak terselinap di kaki bukit. Panorama berbentuk tebing dan bukit yang menjuru ke laut dan dipenuhi dengan rumput-rumputan dan pohon-pohonan hijau dengan daya tarik laut biru akan Anda jumpai saat bertandang ke sini. Pantai ini dikitari oleh jejeran tebing yang terjal dengan pasir putihnya yang asri dan alami.

Bila ingin nikmati pasir putih Pantai Kelingking, beberapa pelancong diwajibkan menuruni bukit lebih dulu lewat jalan setapak. Konon, dulu saat tidak ada jalan setapak itu, tidak ada satu juga pelancong atau warga sekitaran yang berani turun ke bibir pantai. Maka dari itu, tempat wisata ini dulu seakan jadi tempat rahasia yang belum pernah tersentuh oleh siapa saja.

2. Mempunyai Tebing Yang Memiliki bentuk Serupa Tyrannosaurus Rex (T-rex)

Salah satunya daya magnet pantai ini ialah ada tebing dengan tinggi 150 mtr. yang berwujud seperti dinosaurus tipe Tyrannosaurus rex. Beberapa pelancong banyak yang tertarik bertandang ke sini karena kekhasan wujud tebing yang serupa dengan hewan purba itu. Banyak beberapa foto pada tempat ini yang bersebaran di media sosial dengan angle yang kece hingga banyak pelancong yang ingin tahu.

3. Teritori Pantai yang Seperti Jemari Kelingking

Nama pantai ini benar-benar unik. Diberi nama ‘kelingking’ karena pintu masuk pantai ini ada dalam suatu tebing dengan bukit yang memiliki bentuk memanjang dan menjuru ke laut hingga seperti jemari kelingking manusia. Selainnya wujud tebingnya yang serupa dengan hewan dinosaurus, teritori pantainya yang seperti jemari kelingking jadi daya magnet tertentu untuk beberapa pelancong.

Baca juga : Pantai Batu Berlubang Bali yang Punyai Panorama Sunset Terbaik

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Pantai Kelingking

Lokasi pantai ini ada di Desa Karang Dawa, Dusun Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Propinsi Bali. Letak pantai ini ada di segi barat daya Pulau Nusa Penida. Warga sekitaran lebih mengenali pantai ini bernama Pantai Karang Dawa atau Pantai Paluang.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Pantai Kelingking

Karena tempat wisata ini berada di tengah-tengah laut, karena itu Anda diwajibkan seberang dulu ke Dermaga Buyuk Nusa Penida lewat lajur laut. Anda bisa mengawali perjalanan dari pelabuhan Pantai Sanur atau Dermaga Padang Bai yang ada di Bali Timur.

Jika Anda pergi dari pelabuhan Pantai Sanur, Anda bisa memakai kapal tradisionil ke arah Dermaga Buyuk Nusa Penida dengan tempuh perjalanan sepanjang sekitaran 1,5 jam. Selanjutnya dari Dermaga Buyuk Nusa Penida ke arah lokasi tempuh jarak sekitaran 25 km dan memerlukan waktu sekitaran 45 menit.

Jika Anda pergi dari Dermaga Padang Bai, Anda bisa seberang ke Dermaga Buyuk Nusa Penida dengan naiki kapal feri atau speedboat dan tempuh perjalanan sekitaran 1 jam. Dari Dermaga Buyuk Nusa Penida ke arah lokasi Pantai Kelingking akan tempuh perjalanan sekitaran 45 menit.

Setelah tiba di Dermaga Buyuk Nusa Penida, ada tempat persewaan atau jasa persewaan mobil dan motor dan pengemudinya. Anda bisa sewa motor atau mobil agar dapat sampai ke lokasi. Akses jalan ke arah lokasi masih termasuk baru. Anda tak perlu cemas dengan jalur jalan yang hendak dilewati karena aksesnya cukup bagus.

Baca juga : Penginapan Villa di Nusa Dua Bali Siap Manjakan Waktu Liburan

Ongkos Rekreasi ke Pantai Kelingking Nusa Penida

Anda bisa nikmati daya tarik rekreasi bahari paling indah ini setiap waktu karena tempat wisata ini dibuka untuk umum sepanjang 24 jam. Beberapa pelancong yang ingin liburan ke pantai ini perlu mempersiapkan bujet Rp 10.000 untuk pelancong lokal dan Rp 25.000 untuk pelancong asing. Anda akan dikenai ongkos parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Ongkos Rekreasi ke Pantai Kelingking Nusa Penida

Di wilayah Nusa Penida terdapat banyak jasa persewaan atau persewaan kendaraan dengan ongkos sewa rerata Rp 70.000 per 24 jam tanpa BBM untuk motor dan rerata Rp 600.000 setiap hari untuk ongkos rental mobil terhitung BBM dan sekalian pengemudinya.

Untuk ongkos penyeberangan, bila Anda pergi lewat Pelabuhan Pantai Sanur memakai kapal tradisionil Roro Nusa Jaya Kekal, karena itu Anda perlu mempersiapkan bujet Rp 30.000 per-orang. Penyeberangan memakai jasa penyeberangan ini bisa mengusung motor dengan biaya Rp 30.000 dan Rp 250.000 untuk mobil. Agenda keberangkatan ialah jam 08.30 dan 17.30 WITA.

Bila Anda pergi lewat Dermaga Padang Bai memakai kapal feri atau speedboat, karena itu bujet yang penting Anda persiapkan ialah Rp 40.000 per-orang untuk kapal feri dan Rp 45.000 per-orang untuk speedboat. Harus diingat jika penyeberangan memakai jasa penyeberangan ini tidak bisa mengusung motor atau mobil. Agenda keberangkatan ialah sekitaran jam 08.15 WITA.

Baca juga : Cara Aman Menyewa Kendaraan Di Bali

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Pantai Kelingking

1. Trackking Ke arah Bibir Pantai

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Pantai Kelingking

Anda yang ingin nikmati panorama pasir putih di bibir pantai ini diwajibkan lewat perjalanan trackking yang paling melawan. Tebing yang perlu Anda lewati sangat terjal dan cuma ada jalan setapak yang licin dengan pagar pemisah berbentuk dahan pohon kayu dan bambu seadanya. Jika Anda ingin tahu, persiapkan fisik Anda untuk mengetes adrenalin dengan trackking ke arah bibir pantai.

2. Menyaksikan Panorama dan Berpose dari Atas Tebing

Ada sebuah lokasi di atas tebing namanya Cap de T-rex yang disebut spot terkeren untuk dapat menyaksikan panorama garis Pantai Kelingking dengan bebas di atas tebing. Dari spot ini juga Anda dapat menyaksikan tebing yang memiliki bentuk serupa dengan T-rex secara jelas dan berpose dengan angle terbaik. Anda perlu waspada saat berjalan pada atas tebing Cap de T-rex ini agar tidak jatuh terperosot.

Baca juga : Pantai Bingin Bali:: Pesona Alam Tersembunyi di Pecatu Bali

3. Berpose di Spot Love Tree

Ada juga sebuah spot namanya love tree atau pohon cinta yang umumnya dipakai oleh pasangan saat lakukan sesion pengambilan foto photo prewedding. Pohon cinta ini saat ini cuma sisa tangkai dan rantingnya saja karena pohon itu telah ringkih dan hancur bulan Mei 2018 lalu. Walau demikian, spot pohon cinta ini masih terkenal untuk jadi object photo beberapa pelancong.

4. Berpose di Spot Love Kelingking dan Kelingking Swing

Berpose di Spot Love Kelingking dan Kelingking Swing

Selainnya spot Pohon Cinta, ada spot photo Love Kelingking dan Kelingking Swing. Spot Love Kelingking ialah spot photo berbentuk besi yang dibuat seperti wujud Love dengan tempelan bunga-bunga disekelilingnya. Spot Kelingking Swing ialah spot photo berbentuk ayunan yang digantungkan pada suatu pohon.

5. Berpose di Spot Titanic Shipwreck Kelingking

Spot photo ini tidak kalah menariknya dengan spot lainnya. Lokasi spot ini ada di pintu masuk teritori pantai. Untuk ke arah lokasi spot photo ini yakni dari arah loket lempeng saja, tidak boleh belok ke kanan. Spot ini dibuat dari bambu yang dikreasikan sebegitu rupa hingga seperti kapal titanic.

6. Diving Didampingi Beberapa puluh Ikan Pari Manta

Aktivitas bagus yang bisa Anda kerjakan di sini selainnya nikmati panorama dan berpose ialah diving bersama dengan beberapa puluh ikan layang pari manta. Diving di pantai ini menyajikan situasi bawah laut yang lain dengan pantai yang lain, yang mana di pantai lain cuma ada panorama terumbu karang dengan beragam tipe satwa laut, Anda akan didampingi oleh ikan pari manta.

Baca juga : Pesona Wisata Alam Air Terjun Gitgit Buleleng Bali

Pemondokan Murah di Sekitaran Pantai Kelingking

1. Mega Cottage

Pemondokan ini ada di Jl. Jungutbatu. Pada harga sewa kamar per malam dimulai dari Rp 560.000, Anda dapat bermalam di pemondokan ini dengan kelengkapan sarana yang ideal. Sarana itu diantaranya koneksi internet, massage, service kamar, service parkir dan lain-lain. Ada juga sarana olahraga seperti diving, memancing, dan bermain canoe.

2. Linda Beach Resor

Lokasinya tetap sama yaitu di Jl. Jungutbatu. Anda perlu mempersiapkan bujet minimum Rp 450.000 agar dapat bermalam di sini. Sarana yang dijajakan benar-benar komplet, seperti restaurant, koneksi internet, kolam renang, lapangan parkir, dan lain-lain. Pemondokan ini ramah difabel untuk pelancong yang menggunakan bangku roda.

3. Nitya Homestay

Berada di Jl. Jungutbatu, homestay ini menetapkan harga sewa kamar per malam dimulai dari Rp 300.000. Dengan ongkosnya yang cukup dapat dijangkau, Anda tak perlu sangsi dengan sarana yang dijajakan. Homestay ini sediakan kamar dengan beberapa type dan mempunyai sarana seperti kolam renang, bar, restaurant, taman bermain anak, dan lain-lain.

Baca juga : Pesona Wisata Nusa Penida Yang Jadi Daya Pikat Di Pulau Bali

Sarana yang Ada di Pantai Kelingking Nusa Penida

Karena sebagai rekreasi bahari paling indah di Nusa Penida, Bali yang dianggap dunia, karena itu faksi pengurus rekreasi ini telah mempersiapkan beragam sarana yang lumayan komplet. Sarana berbentuk toilet, kamar mandi, warung makan, beberapa spot photo, persewaan alat diving bahkan juga beragam pemondokan bisa Anda gunakan saat bertandang ke pantai ini.

Sarana yang Ada di Pantai Kelingking Nusa Penida

Maka dari itu, untuk Anda yang ingin habiskan waktu berlibur bersama dengan keluarga atau pasangan dengan situasi yang lain dari lainnya, Anda bisa coba bertandang ke tempat wisata Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali. Kekhasan yang dipunyai dan panorama yang tidak ada duanya bisa Anda peroleh di sini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :