Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Nusa Tenggara Timur / Pantai Atapupu, Pantai Cantik di Tepian Negeri

Pantai Atapupu, Pantai Cantik di Tepian Negeri

Directory Rekreasi – Pantai Atapupu bertipikal pantai dengan topography yang datar dan dangkal. Pengunjung bisa berwisata pantai serupa berenang, bermain bola atau sekadar bermain air sekalian nikmati situasi alam di pantai ini.

Pantai Atapupu, Pantai Cantik di Tepian Negeri

Pantai ini lebih dikenali oleh warga di tempat bernama Pantai Sukaerlaran atau Pantai Pasir Putih. Pantai ini dibalut dengan bentangan pasir putih dan pohon-pohonan teduh yang asri di sekitarnya.

Di pantainya juga, pohon-pohonan bakau terlihat kelihatan menghias pantai ini disebelah kanan dan kirinya. Kombinasi gundukan pasir putih dipadukan dengan pohon-pohonan hijau membuat situasi di Pantai Atapupu berasa sejuk walau pada siang hari yang panas sekalinya.

Jika untung, pengunjung dapat menyaksikan sunset yang manis cantik. Tetapi pengunjung tidak diajurkan berlama-Lama setelah matahari tenggelam. Karena wilayah ini masih sepi dan gelap . Maka demikian final sunset, lebih bagus selekasnya kembali lagi ke Kota Atambua sekalian memburu rekreasi masakan malam.

Baca juga : Pesona Wisata Bahari Taman Laut 17 Pulau Riung Flores Nusa Tenggara Timur

Pantai Atapupu ada Cuma 6 km dari Pos Lintasi Batasan Negara (PLBN) RI-Timor Leste di Motaain. Persisnya di Dusun Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.
Dari pusat Kota Atambua jaraknya 30 km yang dilakukan dengan kendaraan memiliki roda empat sekitaran 50 menit.

Jalur Ke arah Pantai Atapupu

Beberapa pengunjung sanggup menggunakan jasa ojek atau menggunakan kendaraan terbatas untuk ke arah pantai ini. Ada di lajur khusus trans Atambua-Timor Leste mengakibatkan lokasi pantai ini benar-benar gampang untuk dicapai dan diketemukan.

Jalur Ke arah Pantai Atapupu

Jarak dari Kota Atambua ialah sekitaran 30 km ke utara dan memerlukan waktu menempuh sekitaran 1 jam lama waktunya. Keadaan jalan ke arah lokasi pantai ini telah beraspal manis.

Jam Membuka Pantai Atapupu

Sebagai pantai yang telah diatur oleh tubuh khusus, pantai ini memiliki jam operasional masih tetap. Yakni membuka pada pagi hari jam 07.00 dan tutup di petang hari pada pukul 19.00.

Ticket Pantai Atapupu

Pengunjung Pantai Atapupu dikenai ongkos ticket masuk sejumlah 5.000 rupiah/ orangnya.
Dan untuk yang bawa kendaraan motor akan dikenai ongkos komplemen parkir dengan biaya 5.000 rupiah/ motornya dan 10.000 rupiah untuk kendaraan memiliki roda empat.

Baca juga : Pesona Wisata Bahari Laut Mati di Rote Ndao Nusa Tenggara Timur

Sarana Pantai Atapupu

Untuk fasilita spenunjang rekreasi, Selainnya MCK, ada banyak lopo dan wilayah duduk disekitaran pantai. Lopo sanggup digunakan oleh beberapa pengunjung untuk santai sesaat sekalian nikmati keelokan pantai.

Sarana Pantai Atapupu

Untuk pengunjung yang berminat untuk berkeliling-keliling telusuri keelokan Pantai Atapupu dan Motaain, sanggup sewa sampan tradisionil beberapa nelayan di tempat.

Daya Ambil Pantai Atapupu

1. Pantai berpasir putih

Bila disaksikan di atas, pantai Atapupu terlihat sebagai bentang Pasir putih yang sangat panjang. Dan, ombak di perairannya tidak begitu keras. Perihal ini pula yang menyebabkan Pantai Atapupu demikian unik jika dibanding dengan pantai yang lain di Indonesia.

Pantai berpasir putih

Keelokan pantai Atapupu sanggup disaksikan dari panorama yang luas dengan pantai yang mempunyai pasir lembut warna putih higienis. Tidak serupa pantai yang lain cuma kelihatan garis horizon seandainya disaksikan dari terlalu jauh. Bentangan pasir putih disekitaran pantai ini kelihatan dari terlalu jauh.

Dengan luasnya pasir pantai ini, karena itu pengunjung dapat bebas bermain dan habiskan waktu di bibir pantai. Di pinggir pantai ada juga banyak pohon hijau yang tumbuh subur dan menambahkan situasi sunyi dan sejuk untuk pantai ini.

Kehadiran pohon-pohonan pantai ini memancing ketertarikan pengunjung. Pengunjung sanggup berlindung dari teriknya cahaya matahari disaat ada di pantai. Keadaan ini cukup berlainan dengan pantai lain di Nusa Tenggara Timur yang umumnya relatif gersang.

2. Berenang

Bila secara umum pantai yang menghadap ke arah selatan dan bertemu terbatas dengan Samudera Hindia memiliki ombak besar dan ganas, berlainan dengan Pantai Atapupu. Pantai ini menghadap ke arah utara, hingga mempunyai ombak yang paling sunyi. Hingga aman untuk kau untuk bermain air.

Ingat kedalaman pantai yang dangkal, berenang adalah kegiatan yang bagus. Namun perlu berhati-hati dengan tajamnya kerikil dan karang yang berada di dasar pantai.

Baca juga : Pesona Wisata Bahari Larantuka Flores Nusa Tenggara Timur

Tak perlu takut bahkan juga bila kau bawa anak kecil sekalinya. Disamping itu pengurus sewakan pelampung, jadi pasti aman bila kau berenang di sini. Hanya berhati-hati saja pada karang di dasar air, seberapa banyak yang tajam.

Pasir putih, alam higienis, ombak yang sunyi, pantai terasing. Saat kau tiba kesini di hari repot, karena itu ditanggung seakan kamu akan mempunyai pantai terbatas, dan akan kerasan ada di sini.

3. Rimba Bakau

Teritori Pantai Atapupu banyak oleh rimba bakau. Tanaman bakau ini sanggup tumbuh secara baik di Pantai ini, argumennya keadaan permukaan pantai yang agak miring dan memiliki jarak yang relatif panjang. Hingga flora bakau terlindung secara baik dari serangan ombak yang sanggup menghancurkan perkembangan tanaman itu.

Rimba Bakau

Selainnya keberadaan rimba bakau, teritori Pantai Atapupu banyak oleh tipe tanaman lainnya. Seperti pohon pinus yang berbaris tidak jauh dari garis pantai.

Kehadiran bermacam jenis tipe pohon di pantai Atapupu tawarkan warna tertentu pada pantai ini. Pantai tidak jadi monokrom cukup dengan warna pasir pantai saja . Maka meriah dengan dialek warna hijau fresh pada beberapa tempat.

Baca juga : Pesona Tempat Wisata Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur

Ada tanaman tidak cuma beri kesegaran mata saja, tetapi beri kesegaran keadaan cuaca micro. Pengunjung bisa duduk secara nyaman nikmati keelokan pantai disaat duduk di bawah pohon pinus. Dengan duduk di bawah teduh pohon pinus udara akan berasa sejuk dan nyaman.

4. Sunset

Saat Senja pemandangan pantai Apupumenjadi laur biasa, tidak terlukiskand negankata. Ombak sedang bergulung-hening, terlihat kurang terang bayang-bayang beberapa nelayan Atapupu mencari kerang-kerangan, rumput-rumputan laut, kepiting dan bermacam hasil laut untuk lauk makanan mereka saat malam hari.

Sayup-sayup, bayang-bayang beberapa nelayan itu membuat rangkaian hitam sama seperti pergerakan beberapa pemain sirkus sedang berataraksi. Mentari senja terlihat benar-benar ramah, menyuguhkan pemandangan cantik dengan kombinasi warna oranye dan warna merah gelap ciri khas senja.

Sajian pemandangan alam itu dapat melipur lara di tengah-tengah pertarungan hidup dalam aktivitas kita untuk selalu tinggal dan mengakrabinya selalu. Mentari senja terlihat gemulai dan penuh arti. Ini cuma dapat disaksikan dari dalam mata hati penuh semedi di depan Si Khalik.

Baca juga : Gili Kondo serta Gili Kapal, Surga Terselip di Timur Lombok

Saat di titik paling akhir, pemandangan itu mengantar kita pada suatu dunia lainnya, dunia di mana langit penuh hiasan warna oranye, bersatu dengan pernik-pernik senja, ke arah malam.

Panduan Berkunjung Pantai Atapupu

Saat berkunjung rekreasi pantai, terhitung pantai Atapupu ini, ada banyak hal yang seharusnya jadi perhatian untuk dipersiapkan.

  • Bawa TopI dan Subblock
  • Bawa Cemilan dan minuman
  • Bawa kacamata hitam
  • Jangan gunakan sepatu kets, cukup sandal saja.
Object Rekreasi Dekat Pantai Atapupu

Selainnya pantai Atapupu, belu memiliki pantai Berluli. Di Pantai ini pengunjung disuguhi dengan panorama yang demikian eksotik berbentuk tebing karang pada bagian pinggirnya. Di Pantai Berluli ini sebagai lokasi yang pas untuk kamu yang ingin bermain air dan hunting photo.

Object Rekreasi Dekat Pantai Atapupu

Ada pula opsi pantai Teluk Gurita. Teluk Gurita ini awalannya sebagai dermaga dagang jaman Penjajahan. Pengunjung akan dimanja dengan perairan yang jernih dan tenang dan bukit-bukit hijau di sekitarnya menyuguhkan nuansa alam yang sejuk dan asri.

Baca juga : Pesona Wisata Bahari Pulau Kanawa Flores, Nusa Tenggara Timur

Bagaimana? Menarik kan? Itu banyak hal bagus yang sanggup kamu kenali berkenaan Pantai Atapupu. Selebihnya bisa kamu alami terbatas,[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :