Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2022 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Sukabumi / Pantai Amanda Ratu, Object Rekreasi Eksotik di Sukabumi

Pantai Amanda Ratu, Object Rekreasi Eksotik di Sukabumi

/

Direktori Wisata – Pantai Amanda Ratu berada di Jalan Raya Ujung Genteng, Dusun Purwasedar, Purwasedar, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Jarak Pantai Amanda Ratu sendiri cuman sekitaran 8,5 km dari pusat Ujung Genteng. Bahkan juga Pantai Amanda Ratu disebut sebagai Tanah Lot-nya Sukabumi.

Pantai Amanda Ratu, Object Rekreasi Eksotik di Sukabumi

Pantai Amanda Ratu sebetulnya sebagai pantai yang berada di tempat sebuah resor eksklusif namanya Villa Amanda Ratu. Tiap akan berkunjung Pantai Amanda Ratu, beberapa pelancong harus melalui resor eksklusif Amanda Ratu lebih dulu. Oleh karenanya, pantai itu lebih dikenali bernama Pantai Amanda Ratu.

Lalu mengapa sich Pantai Amanda Ratu dipanggil Tanah Lot-nya Sukabumi? Ternyata argumennya simpel. Sama seperti yang Anda kenali, Pantai Tanah Lot di Pulau Dewata Bali populer dengan sebuah pura istimewa di tengah-tengah laut sebagai tempat beribadah beberapa penganut agama Hindu di Bali. Pura itu banyak beberapa pohon-pohonan rimbun yang membuat panorama Tanah Lot berasa demikian unik.

Nach, ternyata panorama yang berada di Pantai Amanda Ratu juga tidak berbeda jauh. Walau tidak ada pura seperti di Tanah Lot, Pantai Amanda Ratu mempunyai sebuah pulau kecil yang terpisah di tengah-tengah pantai.

Jika jadi perhatian sekilas nuansanya berasa seperti Tanah Lot. Oleh karenanya, warga sekitaran dan beberapa pelancong yang bertandang ke Pantai Amanda Ratu sering mengatakan seperti Pantai Tanah Lot-nya Sukabumi. Bagus sekali kan?

Baca juga : Jembatan Menggantung Situ Gunung Cisaat Sukabumi

Untuk ke arah Pantai Amanda Ratu sebetulnya tidak begitu susah. Anda bisa berekreasi dengan memakai kendaraan individu dari Jakarta ke arah Sukabumi, lalu diteruskan dengan berkendaraan ke Surade.

Nanti Pantai Amanda Ratu atau Villa Amanda Ratu dapat Anda jumpai saat sebelum plang Ujung Genteng. Selebihnya Anda dapat ikuti panduan arah yang ada. Jika ketidaktahuan dengan jalur atau jalan ke arah Pantai Amanda Ratu, Anda dapat menanyakan ke masyarakat sekitaran.

Tapi jika Anda menyenangi rintangan, Anda dapat coba bertandang ke Pantai Amanda Ratu dengan naik model angkutan umum. Anda bisa beli ticket kereta api dari Jakarta ke Stasiun Sukabumi. Lantas teruskan perjalanan ke Terminal Lembur Situ.

Sesampai di Terminal Lembur Situ, Anda bisa menumpang Elf atau bis jalur Surade. Nach, saat datang di Terminal Surade Anda dapat berpindah naiki transportasi umum atau angkot arah Ujung Genteng dan stop di arah masuk Pantai Amanda Ratu.

Baca juga : Pantai Cicalidi, Cita Rasa Pantai Yang Epic di Sukabumi

Meskipun dapat naik angkot ke Pantai Amanda Ratu, Anda lebih dianjurkan untuk naik kendaraan individu atau sewa mobil. Pasalnya wilayah Ujung Genteng beritanya memiliki banyak tempat rekreasi yang lokasinya sama-sama jauh dan jarang-jarang dilewati oleh transportasi umum.

Oleh karenanya memakai kendaraan individu malah semakin lebih mempermudah Anda di perjalanan. Yakinkan jika kendaraan Anda pada keadaan telah berisi bahan bakar penuh dan keadaannya sempurna, karena jalanan ke arah Pantai Amanda Ratu cukup curam, naik, dan berkelok.

Pantai Amanda Ratu bisanya lumayan ramai didatangi oleh pelancong

Pantai Amanda Ratu bisanya lumayan ramai didatangi oleh pelancong di hari liburan atau beberapa hari biasa. Agar bisa melihat langsung seperti apakah pulau kecil yang seperti miniatur Tanah Lot itu, Anda harus masuk daerah resor. Pulau kecil di tengah Pantai Amanda Ratu memang lumayan unik. Sekilas seperti bongkahan batu besar yang banyak oleh rumput-rumput hijau.

Tidak jauh dari sisi pesisir pantai ada pulau kecil yang dihias dengan tebing berbentuk karang. Saat ada di Pantai Amanda Ratu, Anda bisa melihat langsung seperti apakah deburan ombak di situ dan sejuknya sepoi-sepoi angin.

Baca juga : Pantai Sawarna Untuk Lokasi Di Sekitar Sukabumi Banten

Tidak cuman rasakan sepoi-sepoi angin dan melihati deburan ombak saja, di Pantai Amanda Ratu Anda bisa juga menyaksikan cantiknya panorama matahari tenggelam atau sunset di pinggir pantai sambil berfoto riang dengan rekanan atau keluarga Anda.

Jika Anda ingin bermalam atau lama-lama di Pantai Amanda Ratu, Anda dapat singgah ke Resor Amanda Ratu. Tetapi sayang sekarang ini keadaan Villa Amanda Ratu beritanya kurang terurus dan belum juga dijumpai masihkah dikontrakkan untuk umum atau mungkin tidak.

Lokasi resor tersebut tidak jauh dari pesisir pantai. Sebetulnya bila Anda bermalam di situ, Anda dapat memperoleh spot terbaik untuk melihati pantai dan sekitarnya.

Pantai Amanda Ratu

Resor itu mempunyai design yang cukup eksklusif, tapi beritanya interior dalam villa itu telah banyak yang hancur tidak terurus. Kolam renang yang berada di resor bisa juga disebut tidak terurus karena banyak daun yang didiamkan saja berjatuhan di mana saja, hingga kelihatan demikian kotor.

Bahkan juga beberapa pengunjung akui harus buka portal sendiri karena tidak ada petugas yang berjaga-jaga di situ.

Baca juga : Obyek Wisata Curug Cikodang Cianjur Sukabumi

Sempat tersebar rumor yang mengatakan jika Villa Amanda Ratu penuh mistis dan menyeramkan. Tetapi lepas dari itu semua, Pantai Amanda Ratu betul-betul terhitung tempat wisata yang terlampau sayang untuk dilewati demikian saja.

Ditambah karena Pantai Amanda Ratu didukung beberapa sarana yang cukup ideal seperti tempat parkir kendaraan yang lumayan luas, kamar mandi, musala, dan pemondokan yang lokasinya tidak jauh dari pantai.

Bila ingin sekedar santai sambil bercengkerama dengan keluarga, Anda bisa juga manfaatkan saung atau gazebo yang disiapkan di pinggir Pantai Amanda Ratu.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :