Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2021 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Panduan Naik Transportasi Umum Pada Saat Berwisata di Seoul, Korea

Panduan Naik Transportasi Umum Pada Saat Berwisata di Seoul, Korea

/

Cara Naik Transportasi Umum Saat Barwisata di Seoul Agar Murah

Direktori Wisata – Berwisata ke Seoul menggunakan transportasi umum mepermudah kita untuk pengiritan dan hemat selama di Korea Selatan.

Korea Selatan memang memiliki beragam pilihan transportasi yang bisa di gunakan, mulai dari bus, subway, dan taksi.

Panduan Naik Transportasi Umum di Korea

Dibandingkan taksi, bis dan subway tampaknya menjadi moda transportasi favorit bagi para pelancong.

Namun, menggunakan transportasi umum di Korea, khususnya di Seoul, tentu bukan perkara mudah. Apalagi, jalur subway di Seoul dianggap sebagai salah satu satu jalur terumit di dunia. 

Rute bis di Seoul pun terbilang rumit, ditambah dengan nomor halte yang juga harus diingat saat akan menaiki bus.

Jika kamu berencana pergi ke Korea, berikut panduan menggunakan transportasi umum selama berada di Korea Selatan.

Awal Kedatangan

Begitu mendarat di Bandara Incheon dan selesai urusan keimigrasian serta bagasi, maka hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah membeli T-Money / Korean Card Tour (KTA).

Kartu itu sangat berguna untuk pembayaran transportasi di Seoul, berlaku untuk bus, subway, bahkan taksi.

Harga kartunya 4.000 won atau sekitar Rp52 ribu, kemudian isi dengan nominal won yang diinginkan. Bisa dibeli di banyak tempat termasuk mini market di airport dan beberapa tempat lain. 

Sebagai gambaran, jika setiap hari aktif mendatangi beberapa tempat di Seoul, maka rata-rata dibutuhkan biaya sekitar Rp85.000 hingga Rp100 ribu atau sekitar 7.500 won.

Bisa diisi dulu 25.000 won, jika nanti kurang bisa diisi ulang (top up) di mesin pengisi ulang atau jika tak mau repot di gerai-gerai mini market seperti CU, GS25, 7-Eleven.

Bagaimana kalau ternyata setelah diisi atau top up masih ada sisa uang di dalam kartu? Jangan khawatir, sisa uang bisa di-refund di tempat-tempat yang ditentukan, termasuk di minimarket yang sudah disebutkan di atas. 

Kunjungi : Deoksugung Palace Seoul, Istana Paling Unik Di Seoul Korea Selatan

Refund tidak termasuk 4.000 won yang sudah menjadi dasar pembelian harga kartu. Sudah beres T-Money, jangan lupa mengambil peta subway dan rute bus.

Datangi saja bagian informasi dan tanyakan dua hal itu.

Aplikasi Kereta Api

Langkah selanjutnya download aplikasi terkait kereta api. Saya pribadi sangat terbantu dengan aplikasi Subway Korea. 

Kita tinggal klik tanda search, masukkan stasiun keberangkatan dan pilih departure, klik search lagi masukan stasiun tujuan kemudian klik arrival, setelah itu lihat bagian atas info detail. 

Di situ akan terpampang berapa lama perjalanan akan dilalui, berapa stasiun yang akan dilewati berikut nama-namanya.

Jika harus transfer akan diberitahu di line berapa transfer subwaynya, dsb. Pendek kata memudahkan.

Incheon – Seoul – Incheon

Ke luar dari Incheon Airport bisa menggunakan banyak model transportasi, mulai dari taksi (harga pasti mahal), sampai limousin airport.

Termurah tentu menggunakan kereta Arex. Ada dua macam, Arex Express yang langsung turun di Stasiun Seoul atau Arex All Stop Train yang berhenti di setiap stasiun. 

Harga dan fasilitasnya tentu berbeda. Arex Express seharga 8.000 won (bisa dibayar dengan T-Money) sedangkan Arex All Stop Train 4.250 won.

Tempat duduk di Arex Express seperti kereta eksekutif di Indonesia, sedangkan Arex All Stop Train posisi tempat duduknya mirip dengan komuter di Jakarta.

Kunjungi : Gwanghwamun Square, Destinasi Wisata Alun-Alun Yang Ramai Dikunjungi Di Korea Selatan

Untuk menggunakan fasilitas Arex, maka dari lantai 1 kedatangan Incheon Airport, harus berjalan ke lantai B1.

Dari situ ikuti petunjuk menuju Airport Railroad. Petunjuknya jelas, dalam dua bahasa, hangul (Korea) dan Bahasa Inggris.

Bus

Gunakan Aplikasi Naver Map Untuk Melihat Nomor Bus

Bagi setiap pelancong yang memutuskan untuk menggunakan transportasi umum selama berada di Korea, sebaiknya unduhlah aplikasi Naver Map sebagai penunjuk jalan. 

Tak hanya berfungsi sebagai peta, aplikasi Naver Map juga dapat menentukan nomor bis sekaligus normo halte yang harus kamu lalui.

Bahkan melalui aplikasi ini, kamu juga dapat melihat jarak tempuh serta ongkos yang harus kamu keluarkan.

Untuk ke beberapa destinasi tujuan wisata yang jauh dari stasiun subway, bus bisa menjadi alternatif transportasi.

Secara garis besar rute bus dibedakan dari warna. Misalnya, bus hijau itu berhenti di halte-halte yang menghubungkan ke stasiun subway. 

Bus warna kuning biasanya ke beberapa destinasi wisata dan belanja. Jika ingin menggunakan bus, sebaiknya memiliki maps rute bus atau download di aplikasi.

Kunjungi : Namsan Tower, Objek Wisata Romantis Di Tengah Kota Seoul Korea Selatan

Sebagai tambahan informasi, jika ingin menggunakan bus, penumpang naik dari pintu depan dan membayar dengan mentap kartu T-Money / KTA.

Selalu Memperhatikan Nomor Bus Dan Nomor Halte Bus

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan saat ingin menaiki bis umum di Korea adalah nomor bis serta nomor halte bis yang akan kamu lalui. Ya, setiap halte bis memiliki nomor halte yang berbeda-beda. 

Nomor halte inilah yang akan menentukan di mana kamu harus menunggu bis yang akan gunakan. Perlu diketahui bahwa beberapa halte bis memiliki nama yang sama.

Kunjungi : Cara Menjadi Travel Photography

Jika kamu hanya memperhatikan nama haltenya saja, maka mungkin saja kamu akan menunggu di halte yang salah, walaupun nama halte tersebut sudah benar.

Untuk memastikannya, nomor halte bisa dilihat pada papan petunjuk rute yang tersedia di setiap halte. 

Perhatikan dengan seksama apakah nomor halte sudah sesuai dengan nomor halte yang ditunjukkan oleh aplikasi Naver.

Ada Aturan Tertentu Saat Naik Bus Umum

Sebelum naik bis umum, pastikan T-Money milikmu memiliki saldo yang cukup. Untuk sekali perjalanan, biaya bis yang akan dikeluarkan berkisar 1,200 won atau sekitar Rp 16,200. 

Saat berada di dalam bis, ada aturan tertentu yang harus kamu ikuti. Ada dua pintu yang akan terbuka saat bis berhenti di halte.

Pintu masuk berada di depan (dekat supir) sedangkan pintu keluar terletak di tengah. Jangan lupa untuk selalu tap T-Money saat masuk dan keluar bis.

Jika ingin berhenti di halte yang mungkin tidak dilewati oleh bis, maka kamu bisa menekan tombol stop sebagai tanda bahwa ada penumpang yang ingin turun.

Etika saat berada di dalam bis juga tak boleh kamu abaikan.  Saat ada lansia atau ibu membawa anak, maka kamu harus menyerahkan kursi penumpang pada mereka.

Kunjungi : 10 Tempat Wisata Yang Jadi Daya Tarik Untuk Dikunjungi di Tokyo

Hal lain yang perlu kamu ketahui adalah, supir bus di Seoul termasuk pengemudi yang berkendara dengan cepat dan seringkali menginjak rem secara tiba-tiba.

Jadi, pastikan kamu berpegangan dengan kuat agar tidak jatuh. 

Selian itu, saat sudah mendekat halte tujuan, sebaiknya dekati pintu keluar agar kamu bisa keluar dengan cepat sebelum pengemudi menginjak gas kemudi.

Subway

Mengunduh Aplikasi Tranportasi Umum Lokal

Bagi kamu yang tak terbiasa menggunakan KRL, kamu mungkin akan merasa bingung saat membaca peta rute Metro Seoul, salah satu jenis subway yang umum digunakan oleh warga lokal. 

Transportasi Umum Subway di Seoul

Jalur rute subway di Seoul memang rumit, bayangkan saja ada total 11 jalur kereta yang dimiliki Seoul, dengan total 367 stasiun. Setiap harinya, ada sekitar 7,9 juta penumpang yang menaiki Metro Seoul. 

Kamu tentu bisa membayangkan betapa padat dan sibuknya stasiun subway di sana. Jika tak ingin pusing membaca rute KRL di sana, sebaiknya unduhlah aplikasi transportasi umum lokal seperti Subway Korea atau Seoul Subway – Metro Map and Route Planner. 

Kedua aplikasi ini akan membantu kamu yang baru pertama kali bepergian dengan subway atau kereta di Korea. Tak perlu bingung jika tak bisa berbahasa Korea, karena aplikasi ini menyediakan pilihan bahasa Inggris yang mudah dimengerti. 

Dengan menggunakan kedua aplikasi tersebut, kamu bisa mencapai tempat tujuan dengan waktu sesingkat mungkin dengan rute terbaik.

Tidak Semua Stasiun Menyediakan Skalator Atau Lift

Umumnya fasilitas lift dan eskalator tersedia di dalam stasiun. Untuk bisa mencapainya, kamu tetap harus menuruni anak tangga terlebih dahulu.

Mengingat akan banyak anak tangga yang harus lalui, sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman.

Jika ingin menggunakan eskalator, pastikan berdiri di sebelah kanan karena sisi sebelah kiri hanya untuk mereka yang sedang terburu-buru.

Perhatikan Line Exit Setiap Kamu Akan Berpindah Kereta Atau Keluar Stasiun

Agak tak tersesat saat berada di stasiun, cobalah untuk selalu memperhatikan tanda Line exit yang akan kamu lalui dengan mengingat warna serta nomor Line tersebut.

 Jika masih bingung, biasanya terdapat bagian informasi yang bisa kamu tanyakan. Umumnya, mereka cukup terlatih berbahasa Inggris, jadi tak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu.

Nah, jadi sudah tahukan ? Jika Anda telah siap keliling Korea , lebih nikmat naik transportasi umum berwisata ke Seoul. Anda bisa irit dan pergi kemana saja. Jadi tunggu apalagi. Have a nice tip. 

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :