Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Info / Pahami Jenis Sambal Khas Nusantara, Indonesia

Pahami Jenis Sambal Khas Nusantara, Indonesia

/
/

Keberagaman Sambal Khas Nusantara Hidangan Kuliner Tradisional Unggulan Indonesia

Direktori Wisata – Beragam nama jenis sambal yang berada di daerah yang memiliki cita rasa keragaman khas Nusantara dari berbagai macam daerah Indonesia.

Salah satu pakar kuliner Indonesia bilang bahwa Indonesia itu negeri 1001 kuliner. Kalau saya bilang Indonesia itu adalah negeri 1001 sambal. Yang namanya sambal ini selalu ada di setiap daerah yang saya singgahi. Uniknya lagi, sambal yang ada di setiap daerah itu selalu berbeda-beda. Seperti misalnya sambal dabu-dabu yang merupakan sambal khas daerah Manado..

Ada juga sambal colo-colo yang enak dimakan bersama dengan ikan bakar sajian ala Ambon. Atau sambal kacang yang sering digunakan sebagai saus gado-gado maupun pecel di JAwa. Yang paling populer mungkin sambal terasi karena sering dimasak di berbagai daerah di Nusantara.  Dan masih banyak lagi sambal-sambal nusantara lainnya.

Bahan dasar dari sambal adalah cabe yang membuatnya terasa pedas. Selain bahan utama ada banyak sekali bahan tambahan yang diberikan sehingga dari bahan tambahan inilah tercipta aneka nama untuk sambal.

Bahan lain yang sering ditambahkan dalam sambal diantaranya bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, bahkan buah-buahan seperti mangga. Jadi kita akan menjumpai sambal tomat, sambal bawang, sambal mangga, sambal teri, sambal kecap dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa sambal Nusantara yang bisa kita coba :

Sambal Matah 

Dari namanya saja kita tahu bahwa bahan yang digunakan untuk sambal ini semuanya mentah. Sambal matah ini merupakan sambal khas dari Bali. Tapi sambal matah ini juga perlu digoreng sebentar agar rasanya lebih nikmat.

Sambal Matah
Sambal Matah

Jika kita berkunjung ke rumah maka di Bali, maka menu sambal matah ini pasti tidak lupa disajikan. Sambal matah ini enak dimakan bersama dengan ayam goreng, ikan goreng maupun hidangan yang dibakar seperti bebek bakar.

Untuk membuat sambal matah kita memerlukan cabe rawit, bawang merah, bawang putih, serai, terasi yang sudah dibakar, daun jeruk purut, air perasan jeruk nipis, minyak sayur secukupnya serta sedikit gula dan garam sebagai penguat dan pengikat rasa.

Cabe rawit dan bawang merah serta bawang putih diiris-iris halus. Serai dibuka dan diambil bagian dalamnya kemudian diiris-iris halus juga. Iris halus juga daun jeruk purut. Semua irisan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam wadah dan ditambahkan air perasan jeruk nipis dan gula serta garam. Semua bahan kemudian diaduk rata. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng sebentar hingga semua bahan setengah matang. Angkat dan sajikan.

Sambal Dabu-dabu

Ini merupakan sambal paling favorit di MAnado. Nama lengkapnya adalah sambal Dabu-dabu Lilang. Yang khas dari sambal dabu-dabu ini adalah semua bahan pembuat sambal dipotong-potong kecil. Untuk membuat sambal dabu-dabu diperlukan bahan berupa cabe merah, cabe hijau, bawang merah, tomat, kemangi, air jeruk nipis dan sedikit garam.

Sambal Dabu-dabu
Sambal Dabu Dabu

Cara membuat sambal dabudabu ini pun mudah, semua bahan dicampur menjadi satu kemudian disiram dengan minyak panas. Sambal dabu-dabu ini biasanya dinikmati dengan ikan bakar atau hidangan khas Manado lainnya. Sambal dabu-dabu ini rasanya tentu saja sangat pedas karena ada cabe rawit di dalamnya.

Sambal Colo-colo

Sambal colo-colo ini merupakan sambal khas daerah Ambon, Maluku. Biasanya sambal colo-colo ini dinikmati bersama dengan ikan bakar. Sambal colo-colo dibuat dari irisan tomat dan cabe yang ditambahkan kecap serta air jeruk nipis.Semua bahan dimasukkan dalam wadah dan diaduk hingga rata.

Sambal Colo-colo
Sambal Colo Colo

Uniknya sambal colo-colo ini dimakan dengan cara di minum atau diseruput. Sambal colo-colo akan disiramkan di atas ikan bakar. Kuah sambal colo-colo ini bisa kita ambil dengan menggunakan sendok untuk kita nikmati. Sebagai pelengkap bisa ditambahkanlalapan seperti  kol, selada , dll.

Sambal Mbe

Sambal mbe ini dibuat dnegan cara diremas bukan diuleg seperti sambal lainnya. Untuk membuat sambal mbe ini kita harus menyiapkan cabe rawit, bawang merah dan bawang putih yang diiris tipis kemudian digoreng. Sebagai pelengkap ditambahkan juga terasi bakar, jeruk limau, irisan tomat dan garam.

Sambal Mbe
Sambal Mbe

Semua bahan yang ada dijadikan satu dalam wadah dan diremas hingga tercampur rata. Sambal mbe ini merupakan sambal khas Bali. Biasanya disajikan bersama dengan tempe goreng, daging goreng, ikan bakar dan sejenisnya.

Sambal Kacang 

Sambal kacang adalah sambal dengan bahan dasar dari kacang tanah. Sebagai bahan tambahan diperlukan juga cabe merah atau cabe rawit, bawang merah, bawang putih dan gula merah serta sedikit garam. Kacang tanah digoreng terlebih dahulu. Begitu juga dengan cabe dan bawang merah serta bawang putih digoreng terlebih dahulu hingga matang.

Sambal Kacang
Sambal Kacang

Kacang tanah dan cabe, bawang merah, bawang putih, gula merah serta garam kemudian ditumbuk hingga halus. Sambal kacang ini sebelum disajikan perlu ditambahkan sedikit air dan diaduk hingga rata dan membentuk adonan yang kental. Biasnaya sambal kacang ini disebut juga sambel pecel karena seringkali digunakan sebagai saus pecel. Tapi sebenernya sambel kacang ini juga enak dimakan bersama siomay, otak-otak juga tahu dan tempe goreng.

Sambal Teri 

Ini adalah perpaduan antara sambal dan teri goreng. Untuk membuat sambal diperlukan bahan berupa cabe merah dan cabe rawit, bawang merah dan bawang putih, tomat serta sedikit gula dan garam. Semua bahan sambal ini dihaluskan kemudian di tumis hingga harus. Kemudian masukkan teri medan yang sudah digoreng, aduk hingga rata, angkat dan sajikan.

Sambal Teri
Sambal Teri

Sambal Jambal Cabe Hijau 

Sambal yang satu ini menggunakan bahan dasar berupa cabe hijau. Sebagai pelengkapnya ditambahkan ikan asin jambal roti yang dipotong-potong kecil kemudian digoreng .

Sambal Jambal Cabe hijau
Sambal Jambal Cabe Hijau

Untuk membuat sambal ini diperlukan bahan berupa cabe hijau, bawang merah, tomat hijau, air perasan jeruk nipis, sedikit garam dan minyak goreng.

Rebus cabe hijua, tomat hijau dan bawang merah hingga matang. Uleg kasar ebusan cabe, bawang dan tomat dan tambahkan garam. Tumis hingga haum, kemudian tambahkan air perasan jeruk nipis. Masukkan ikan asin jambal dan aduk hingga rata. Sambal jambal cabe hijau pun siap disajikan.

Sambal Terasi 

Sambal trasi
Sambal Terasi

Untuk sambal terasi ini menggunakan bahan berupa cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, tomat dan terasi yang sudah dibakar. Semua bahan diuleg halus dan tambahkan juga sedikit garam dan gula kemudian di tuis hingga matang

Selain aneka sambal yang ada di atas, masih ada banyak lagi sambal-sambal dari daerah lain di Nusantara. Jadi selamat menikmati dan tunggu lanjutan tulisan sambal berikutnya ya .[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

11 Comments

  1. aku suka sambal asal jangan sambal kecap

    • saya suka apa dong

      • Suka tinggal makan aja mas Yanto, he,, he,, he,, Pakai sambel jenis apa saja juga neka kang.

  2. iya yamas,emang banyak banget jenis sambal diindonesia ini.
    kalau dari jenis sambal diatas saya paling suka sambal kacang sama sambal trasi mas

    • tp banyak nama sambal yg baru saya tau diartikel ini

      • Ya minimal nanti bisa buat sambel di rumah sendri deh, makan bareng keluarga. Enakan ? ha,, ha,, ha,,

    • Kok mas sih … yang nulis itu mbak … bukan mas … hehhehhee

  3. ditempat saya ada juga nama sambal merah putih mas,yg merah pedes banget yg putih nggak terlalu pedes.biasanya disajikan oleh penjual lalapan

    • Enak tuh sambel lalapannya Kang, asal jangannya di ujung tiang bendera aja kang. 😀

  4. makan sayur bening diwaktu panas hari pake sambel enak banget nih mas

    • Lebih enak lagi kalau makannya sayur bening sama sambel pakai ikan asin sama kerupuk mas, tu enak lagi, apalagi kalau di temenin sama istri ya….. hmmmm tambah maknyus rasanya + sepiring berdua. (pelit amat ) 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :