Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jogjakarta / Obyek Wisata Di Taman Sari Tempat Pemandian Keluarga Raja Yogyakarta

Obyek Wisata Di Taman Sari Tempat Pemandian Keluarga Raja Yogyakarta

Pesona Wisata Di Taman Kolam Pemandian Keluarga Keraton Yogyakarta

Direktori wisata.- Taman sari yang menjadi bagian bangunan bersejarah dari Taman Kerajaan Keraton Yogyakarta yang populer di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Taman Sari Yogkarta lokasinya terletak di sebalah barat daya dari Keraton Yogyakarta.  Berlibur di Kota Yogyakarta kurang lengkap bila kita tidak mengunjungi obyek wisata Taman Sari Yogya yang dikenal sebagai tempat pemandian permaisuri dan putri-putri raja dari Keraton Yogyakarta.

Dari informasi yang Direktori Wisat terima di lokasi, Taman Sari Yogyakarta dibangun pada masa  Sri Sultan Hamengkubuwono I atau sekitar akhir abad XVII Masehi, tepatnya pada tahun 1758. Dan obyek wisata ini sebenarnya hanya merupakan taman kerajaan.

tamansari-yogyakarta

Menyusri tempat wisata Taman Sari Yogyakarta dari pintu halaman depan kita akan melihat sebuah papan pengumun yang menerangkan bahwa lokasi ini masih ada hubungannya erat dengan keraton. Jadi tidaklah heran bila obyek wisata Taman Sari Yogyakarta ini masih merupakan tanah kerajaan dari Keraton Yogyakarta.

Halaman depan pintu masuk Taman Sari Yogyakarta ini sebenarnya merupakan pintu belakang dari tempat Taman Sari dulunya. Karena pintu utama yang lama telah padat dengan rumah penduduk, maka dipindahlah ke lokasi tempat yang sekarang menjadi pintu masuk dari obyek wisata Taman Sari Yogyakarta ini.

Masih di halaman depan pintu masuk, dan lokasinya tidak jauh dari tempat penjualan tiket masuk Taman Sari, kita dapat menemukan sebuah papan pengumuman yang menyatakan obyek wisata Taman sari merupakan situs bersejarah yang mendapatkan pengakuan dari badan dunia PBB UNESCO.

Walau sekarang terlihat belum rapih, obyek wisata ini secara perlahan pembenahan dan perlindungannya telah diserahkan kepada UNESCO yang menjadi sebuah badan dunia yang melindungi aset peniggalan budaya dunia.

tamansari-yogyakarta

Menggali dan mencari tahu dibalik nama yang mengadung arti dari obyek wisata Taman Sari ini, ternyata nama Taman Sari merupakan penggabungan dua kata, yaitu “taman” yang berarti lahan yang ditanami bunga-bunga, dan “sari” yang berarti indah atau asri.

Dengan demikian, Taman Sari memiliki arti kebun taman bunga yang indah dan asri. Itulah informasi yang Direktori Wisata dapatkan dari salah seorang pemandu wisata lokal yang menemani perjalanan wisata kami di obyek wisata Taman Sari Yogyakarta.

tamansari-yogyakarta

Bila kita perhatikan dari dekat, komplek di dalam bangunan Taman Sari Yogyakarta sediri dibagi atas beberapa bagian yang dikenal dengan sebutan  sakral Tamansari, yang berarti sebuah bangunan yang berfungsi sebagai tempat pertapaan para Sultan atau raja Keraton Yogyakarta dan keluarganya.

Untuk lokasi yang berada di tengah-tengah bangunan komplek Taman Sari Yogyakarta kita dapat menemukan kolam kanal air, dan sebuah kolam besar. Sedangkan untuk yang berada di dalam ruangan bangunan kita dapat menemukan ruang-ruang khusus yang memang disediakan dan digunakan untuk para Sultan.

taman-sari-jogja

Untuk bagian kolam di tengah area bangunan Taman Sari Yogyakarta, dulunya ini menjadi kolam yang merupakan bagian yang sering digunakan oleh Sultan dan keluarganya bersenang-senang. Dan bisa kita lihat dimana di bagian kolam terdapat atas dua buah kolam yang dipisahkan dengan bangunan bertingkat.

Sedangkan ada sebuah patung-patung kecil, yang konon menjadi tempat keluarnya air untuk mengalirkan air ke kolam tersebut. Bangunan kolamnya pun sangat unik dengan pot-pot besar yang berada di tengah area kolam renang.

Namun sayang, pada saat kami ke lokasi kolam Taman Sari Yogyakarta sedang di renovasi, makanya kolamnya pun tidak ada airnya, dan kosong. Tempat wisata Taman Sari Jogja juga menjadi bagian dari keindahan wisata Indonesia.

Posisi kolam Taman Sari yang kosong tentunya membuat saya mencoba untu turun ke bawah, dan tentunya ini saya meminta ijin untuk mengambil dan untuk mengambil dokumentasi foto dan video dari sudut pandang yang menurut saya sih cukup menarik, dan sangat tertantang untuk mengambil gambar dari sudut view seperti ini.

Dan hasil videonya pada saat saya datang ke obyek wisata Taman Sari Yogyakarta bisa di lihat di bawah ini.

Obyek wisata Tamansari yang terdapat kolamnya ini sering di datangi oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara, di daerah belakang terdapat situs bersejarah lainnya yang menyambungkan area Taman Sari Yogyakarta ini dengan perkampungan penduduk, di mana lokasi kampung tersebut di kenal dengan sebuatan Kampung Taman,

Di kampung tersebut kita akan menemukan sebuah kampung-kampung kecil dan unik, ada kampung batik, dan kampung cyber. Bila ingi tahu destinasi obyek wisata Yogyakarta yang menarik lainnya untuk di kunjungi.

Baca juga : Tempat Wisata Jogjakarta Yang Unik dan Menarik

Wisata di Taman Sari Yogyakarta kita bukan hanya disuguhkan sebuah pemandangan situs berserajah dunia yang membosankan. Bila kita mengetahui lebih jauh sebuah nilai potensi yang ada di dalam kawasan Taman Sari Yogyakarta ini.

Di kawasan Taman Sari Yogyakarta kita akan banyak menemukan sisi keunikan dari sebuah nilai desain arsitekturnya yang bisa dinikmati dari sisi fotografi dan videografi yang mengasyikan. Bahkan banyak sisi nilai lebih, bila saja kita mau menggali lebih jauh dari lokasi yang berada di perkampungan sekitar area Taman Sari Yogyakarta. Selamat menikmati jalan-jalan di tempat wisata Jogjakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :