Obyek Wisata Curug Cikodang Cianjur Sukabumi

posted in: Cianjur, Wisata Alam | 0

Eksotisme Surga Tersembunyi di Antara Cianjur dan Sukabumi Jawa Barat

Direktori Wisata – Tempat wisata yang menyajikan eksotisme alam dan curug yang menyerupai air terjun Niagara mini di antara Cianjur dan Sukabumi, Jawa Barat.

Habiskan waktu liburan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat merupakan agenda liburan yang mengasyikan. Karena kawasan ini menyajikan aneka tempat wisata Cianjur yang beragam. Seperti salah satu obyek wisata alam Cianjur yang sedang populer di kalangan para traveller yaitu Curug Cikodang yang merupakan kawasan wisata alam yang terletak di antara Cianjur Sukabumi.

Curug Cikodang Cianjur

Obyek wisata alam curug Cikondang terletak diantara hamparan perkebunan teh PTP VIII Panyairan dan terasering sawah yang menghijau. Diaman aliran air di Curug Cikondang ini menurut informasi yang Direktori Wisata terima berasal dari tumpahan sungai yang jatuh melalui tebing besar.

Informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi, obyek wisata air terjun Cikondang ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 50 meter dan lebarnya sekitar 30 meter. Sekilas air terjun Cikondang terlihat mirip Air Terjun Niagara jika di lihat dari jarak dekat.

Lanjut informasi…..
Konon asal muasal penamaan “Cikondang” sendiri berasal dari nama sebuah tanaman pohon kondang, yaitu sejenis pohon loa/ficus subracemosa blume.

Menurut keterangan yang Direktori Wisata Indonesia terima dari pemandu wisata lokal, “Pohon tersebut bisa tumbuh setinggi 40 meter dan diameter 1,75 meter. Dan biasanya ditemukan di hutan-hutan Asia Tenggara. Pohon tersebut biasanya di Jawa tumbuh di daerah ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan laut.”

Tidak hanya mirip dengan Niagara Mini, bahkan pemandangan alam yang ada di sekitar lokasi obyek wisata alam air terjun Cikondang juga cukup menyejukan pemandangan mata, tempat wisata daerah Cianjur Jawa Barat ini sangat cocok sekali bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang ingin melepaskan diri dari penatnya suasana kesibukan kota.

Di lokasi sekitar area wisata Air Terjun Cikondang, kita akan menikmati hamparan perkebunan teh dan sawah-sawah terasiring yang cukup menghipnotis pemandangan panca indera kita. Kawasan wisata Cianjur Sukabumi ini sangat mirip dengan persawahan yang berada di tempat wisata Kaliurang dan wisata Ubud Bali yang sering di jadikan tempat bulan madu para pasangan yang baru menikah.

Untuk menuju obyek wisata alam curug Cikodang ini, sahabat Direktori Wisata bisa menempuh dua jalur akses jalan dari pusat kota Cianjur, yaitu dari jalan raya Cianjur-Sukabumi belok kiri ke Jalan Cilaku, selanjutnya Cibeber. Sedangkan untuk jalur akses jalan lainnya, kita harus melalui jalur Warung Kondang dan Lampegan.

Jalur pertama melewati Cilaku dan Cibeber biasa menjadi pilihan pengujung. Rutenya lebih dekat dari pusat kota Cianjur, dan jalan yang lumayan bagus untuk dilalui. Sebagai tips, sebelum ke curug alangkah baiknya jika sahabat Direktori Wisata membeli perbekalan makanan cemilan dan minuman terlebih dahulu. Karena di lokasi tempat wisata curug ini tidak terdapat orang dagang.

Lokasi Curug letaknya air terjun ini masih satu kecamatan dengan kawasan Situs Gunung Padang, untuk pengunjung biasa jadi serangkaian perjalanan dari situs Gunung Padang. Adapun jarak dari situs Gunung Padang ke Curug Cikondang kurang lebih berjarak sekitar 7 km.

Bila sahabat Direktori Wisata menuju ke arah obyek wisata situs Gunung Padang, maka kita akan menemukan papan penunjuk arah menuju Situs Gunung Padang 3 km, dan jika kita belok ke arah kanan maka kita akan menemukan SDN Pal Dua, selanjutnya kita bisa mengikuti jalan tersebut hingga sampai di Curug Cikondang.

Sedangkan untuk area parkir kendaraan sendiri, kita bisa menumpang halaman perumahan penduduk lokal untuk menitipkan kendaraan kita. Dari tempat parkir atau jalan Desa Sukadana, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki dengan melewati jalan setapak yang ada di pinggiran perkebunan teh PTPN VIII Panyairan. Tidak jauh dari gerbang, terdapat loket pintu masuk Curug Cikondang.

Harga tiket masuk Obyek wisata alam Curug Cikodang kita hanya dikenakan biaya relativ murah yaitu Rp 5.000,- / orang. Namun, harga tersebut tidak bisa menjadi patokan dan bisa berubah sewaktu-waktu dengan kebijakan pengelola setempat.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan menuju ke lokasi obyek wisata alam Curug Cikodang, kita dapat mengikuti jalur akses yang terdapat dalam peta di bawah ini yang bisa kita pergunakan untuk menuju ke lokasi. kita tinggal mensetting dari lokasi tempat pemberangkatan untuk menuju ke lokasi.

Setelah dari tempat pembayaran loket tiket masuk area wisata alam Curug Cikodang, perjalanan dilajutkan kembali hingga kita sampai di sebuah tikungan. Perjalanan ke curug kali ini akan menyita waktu sekitar 1 km menuruni persawahan dan perkebunan teh. Tidak lama kemudian, kita akan melihat sungai dan yang merupakan puncak air terjun Cikondang.

Yuk mampir kawasan Wisata Pantai Cianjur Selatan

Setibanya di lokasi salah satu tempat wisata daerah Cianjur Jawa Barat ini, kita akan menemukan pemandangan air terjun yang eksotis ala air terjun niagara mini yang berada di Indonesia. Dan yang tidak kalah menariknya kita akan menemukan banyak spot cantik untuk mendapatkan gambar koleksi foto perjalanan yang indah di lokasi Curug Cikodang.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.