Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Cianjur / Obyek Wisata Alam Cianjur Yang Populer Di Cipanas

Obyek Wisata Alam Cianjur Yang Populer Di Cipanas

Intip Destinasi Wisata Alam Sekitar Cianjur dan Cipanas Versi Direktori Wisata Indonesia Yang Nyaman Untuk Liburan

Direktori Wisata – Destinasi Obyek Wisata Alam di Kawasan Sekitaran Cianjur Cipanas Yang Menarik dan naman Untuk Liburan

Kota Cianjur merupakan salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Garut di timur, Kabupaten Sukabumi di Barat, Samudra Hindia di Selatan, serta Kabupaten Bogor dan kabupaten Purwakarta di Utara.

Daerah ini memiliki destinasi wisata alam yang eksotis. Karena sebagain kawasan ini merupakan daerah pegunungan, dan sebagiannya lagi merupakan daerah pantai selatan berupa dataran rendah yang cukup sempit.

Maka tidaklah heran bila sahabat Direktori Wisata berkunjung ke kawasan ini akan menemukan obyek wisata alam yang menarik. Bahkan untuk di beberapa titik spot kawasan wisata di daerah Cipanas Cianjur sekarang ini ramai dan menjadi tempat wisata yang menjadi tujuan liburan bagi para wisatawan lokal maupun mancangera.

Beriku merupakan tempat wisata Cianjur yang populer dan menjadi destinasi wisata favorit untuk liburan yang bisa menjadi salah satu destinasi liburan sahabat Direktori, bersama keluarga dan kerabat.

Situs Gunung Padang
Tempat wisata alam dan heritage Situs Gunung Padang Cianjur terletak di kampung Gunung Padang serta kampung Panggulangan, desa Karyamukti Kecamatan Cempaka, Cianjur.

Situs Gunung Padang

Obyek wisata heritage ini merupakan situs megalitikum terbesar di Asia Tenggara. Tidak seperti situs megalitikum pada umumnya (seperti Machu Picchu, Piramida, Stonehenge) yang dibangun bertujuan untuk menyembah dewa matahari, situs ini dibangun diorientasikan seluruhnya untuk gunung Gede.

Keunikan dari bangunan Situs Gunung Padang Cianjur ini terlihat dari pola bangunan punden yang berundak yang berbentuk simetris, dan tidak dibangun simetris ke semua sisi sama seperti Candi Borobodur. Situs ini mengarah ke satu sisi, yakni Gunung Gede. Dan menurut informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, Gunung Gede menempati posisi geomantik yang sangat kuat bagi Situs Gunung Padang.

Kota Bunga Cianjur Cipanas
Obyek wisata alam di kawasan Cipanas Puncak ini merupakan salah destinasi populer dikalangan wisatawan lokal dan mancanegara yang menghabiskan waktu liburan mereka atau singgah sejenak untuk melepas rasa lelah setelah seminggu bekerja dan lteknya pun tidak terlalu jauh dari tempat wisata Puncak Bogor.

Ditempat wisata Cipanas ini terdapat banyak villa yang disewakan yang disewakan bagi para wisatawan yang akan berlibur dan menginap dengan menikmati keindahan alam Ciajur yang luar biasa indah dan menawan dengan latar belakang pemandangan alam pegunungan.

Kota Bunga Cianjur

Hal menarik lainnya, di tempat wisata ini juga terdapat tempat yang bernama “Little Vience” atau sering disebut dengan cerminan Kota Venisia, kita dapat menikmati kota kecil tersebut dengan berkeliling menggunakan cano dan kapal mini boat. Kita dapat menikmati kawassan liburan seperti di negeri Eropa.

Gondola

Little Vience memang yang merupakan kota replika kota atas laut Venesia yang berada di benua Eropa yang di desain seperti bangunan-bangunan yang ada di Italia. Dan di tempat obyek wisata ini kita bisa naik di atas gondola yang mengelilingi bangunan-bangunan ala eropa. Kita bisa menggunakan angkutan air ini dengan harga Rp. 20.000, / gondola.

Di dalam tempat wisata Cipanas ini tidak hanya ada gondola, kita juga bisa menemukan sarana dan fasilitas taman bermain lainnya seperti perhu bebek, misisipi, serta wahana permainan lainnya.

Kebun Raya Cibodas
Tempat wisata ini terletak di Jl. Raya Cibodas Cipanas. Cianjur. Memiliki luas sekitar 125 Ha. Kebun raya cibodas ini merupakan tempat yang sempurna bagi para pengunjung yang ingin merasakan menyatu dengan alam.

Nenurut informasi di lokasi, di obyek wisata alam Cipanas ini kita bisa melihat kolekdi tanaman sekitar 10.791, serta 710 jenis koleksi tanaman biji-bijian, dan 4.850 koleksi herbarium. Semua koleksi tanaman di tempat ini terbagi menjadi dua koleksi, yaitu koleksi yang terdapat di di rumah kaca dan koleksi yang terdapat di kebun. Di rumah kaca terdapat koleksi tanaman yang terdiri dari anggrek (321 jenis), kaktus (287 jenis), dan sukulen (170 jenis).

Tetapi, sahabat Direktori Wisata juga masih bisa menemukan jenis tanaman liar yang terdapat di rumah kaca. Sedangkan untuk koleksi tanaman yang terdapat di kebun berjumlah 1.011 jenis, diantaranya terdapat tanaman khas juga menarik seperti Bunga Bangkai (Amorphopallus Titanium) yang mempunyai ukuran bunga raksasa dan bisa menarik serangga, pohon Bunya-bunya (Araucaria bidwill) yang merupakan tanaman tua dan memiliki pokok batang yang besar, serta Kina (Cinchona Pubescens) yang merupakan tanaman obat.

Untuk menikmati semua fasilitas di Kebun Raya Cibodas, pengunjung cukup mengeluarkan biaya sebesar 6 ribu rupiah. Dan lokasinya pun mudah dijangkau dengan kendaran pribadi dengan menggunakan mobil atau motor.

Informasi 3 obyek wisata Cianjur sekitar Cipanas tersebut diatas merupakan tempat wisata yang ramai dan populer dikunjungi oleh wisatawan menurut versi Direktori Wisata Indonesia. Semoga hal ini dapat membantu paa sahabat Direktori Wisata yang sedang mencari destinasi liburan di sekiataran daerah Cianjur dan sekitaran Cipanas. Selamat liburan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

12 Comments

  1. wah berarti nggak usah ke eropa untuk merasakan nuansa wisata eropa ya mas,karena di cianjur sudah disediain tempat wisatanya

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Tanpa Visa mas kalau mau lhat Eropa di Cipanas.

  2. tumben koq masih sepi lo ya

    • pada tidur ‘kali mas

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Wah si mbah dateng-dateng lgsung nanya sepi ?

    • Hadir Mas… 😀

      • Yang sudah hadir bisa ikut jalan ke wisata di Cianjur yuk….

  3. Baru tahu mang, kalau di Cianjur ada tempat yang seperti cerminan di Venesia dilengkapi bangunan ala Eropa, keren dong pastinya.. Sayangnya mamang nggak nampilin foto-foto bangunan ala Eropanya..

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Nanti Mang @mamanachman:disqus ada gilirannya untuk eksplore tempat yang satu itu, nunggu kiriman ha,, ha,, ha,

  4. Tergantung niatnya juga ya Kang… terkadang kalau waktunya sempit ke Cipanas, cuma buat mampir makan minum ajah…
    Tapi kalau waktunya panjang, apalagi sampai menginap… Wah… pasti bisa melihat objek objek lainnya di wisata alam Cianjur ya Kang…
    Salam,

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Biasanya kota kecil ini juga sering buat mampir kang, untuk melepas kepenatan. Namun kalau mampirnya sama keluarga sih ga apa. Jadi ikut senang keluarga. Tapi jangan mampir dengan yang lainnya ya? ha,, ha, ha,,,

  5. Saya suka wisata alam bisa menenangkan pikiran, suasana kantor dan kota kadang membuat pikiran penat..Recomendasi deh

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :