Objek Wisata Unik Batu Susun Solor di Bodowoso, Indonesia

posted in: Bondowoso | 0

Menelisik Objek Wisata Baru Stonehenge Van Java di Bondowoso

Direktori Wisata – Objek wisata yang memiliki spot unik batu bongkahan batu besar yang tersusun rapih dan menarik dikunjungi di kawasan Desa Solor Kabupaten Bondowoso, Indonesia.

Negara Inggris terkenal dengan salah satu objek wisatanya yang bernama Stonehenge atau objek wisata batu susun. Namun, bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan menyaksikan salah satu objek wisata unik di Indonesia yang tidak kalah menarik seperti yang ada di negeri Ratu Elizabeth, karena kini kita dapat menyaksikannya di Indonesia dengan mengunjungi objek wisata Batu Susun Solor yang berada di Bondowoso Jawa Timur.

Batu Susun Solor Bondowoso

Deretan batu yang berjejer rapih dan berdiri tegak, mirip dengan objek wisata stonehenge di Inggris, tidaklah heran bila objek wisata batu susun solor di Bondowoso ini mendapat julukan Stonehange van Java. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan, objek wisata alam Bodowoso ini berada di area kawasan milik Perum Perhutani Bondowoso dengan luas 3 ha.

Lokasi objek wisata Batu susun solor terletak di Desa Solor, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.  Dari pusat Kota Bondowoso lokasi wisata Batu Susun dapat ditempuh sekitar 2 jam perjalanan baik menggunakan sepeda motor maupun menggunakan kendaraan roda empat.

Batu Susun Solor Bondowoso

Untuk menuju salah satu tujuan wisata unik di Indonesia yang berada di lokasi Batu Susun Solor Bondowoso, kita akan melalui jalan setapak dengan tebing terjal menyusuri kawasan semak belukar dengan kondisi yang menanjak dan turunan. Namun, segala rasa lelah, letih dan keringat kita yang mengalir dapat terbayar dengan puas jika sudah mendekat dengan lokasi batu-batu yang berjajar rapih tersebut berada.

Pemandangan indah berupa batu susun yang terdiri dari gugusan bongkahan batu besar yang berdiri tegak tersusun dan berjajar rapih yang menampilkan keunikan tersendiri. Tidaklah heran bila destinasi wisata unik di Indonesia yang satu ini mirip dengan Stonehenge yang berada di Inggris.

Bila diperhatikan secara teliti, perbedaan bentuk fisik objek wisata Indonesia yang berada di lokasi Batu Susun Solor ini dengan stonehenge di Inggris hanya pada letak batu susun yang berada di sekitar lembah perbukitan.

Konon, informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima, batu-batu besar tersusun rapih tersebut merupakan tanah cadas yang padat dan tidak mudah retak. Dimana usia batu-batu tersebut telah mencapai ratusan tahun. Bahkan ada yang menduga batu -batu di area objek wisata alam di Bondowoso ini merupakan peniggalan jaman pra sejarah megalitikum.

Lanjut informasi…..
Meskipun terlihat sususan rapih, namun proses terbentuknya batu-batu tersebut masih misterius. Namun, juga ada yang berpendapat jika batu-batu tersebut berbentuk melalui proses alamiah selama ribuan tahun.

Untuk menuju ke lokasi Batu Susun Solor di Bondowoso, sahabat Direktori Wisata Indonesia dapat mengikuti jalur akses jalan yang terdapat di dalam peta di bawah ini.

Batu susun solor Bodowoso ini bisa menjadi setinasi wisata alternatif bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan menikmati tempat wisata Bondowoso dengan suasana dan sensasi pemandangan alam yang unik dan berbeda. Semoga sahabat Direktori Wisata bisa menikmati liburan bersama rekan di Bondowoso, jawa Timur.[]