Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Bogor / 3 Objek Wisata Kebun Raya Bogor Yang Fenomenal

3 Objek Wisata Kebun Raya Bogor Yang Fenomenal

/

3 Objek Wisata Kebun Raya Bogor Nan Eksotis dan Fenomenal Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Direktori Wisata. – Kebun Raya Bogor salah satu tempat wisata alam yang merupakan hutan buatan sejak jaman Kerajaan Sunda, lokasinya berada di pusat Kota Bogor.

Kebun Raya Bogor

Sampai di area depan pintu gerbang masuk Kebun Raya Bogor kita disambut dengan sebuah pemandangan yang unik dan khas.

Bila kita perhatikan pintu gerbang tersebut terdapat sebuah patung archa Ganesha yang memiliki sebuah simbol bahwa kawasan Kebun Raya Bogor.

Bukan hanya sebagai lokasi tempat wisata liburan, namun juga sebagai salah satu pusat pendidikan untuk observasi tanaman. Karena tempat ini kaya akan koleksi tanaman yang telah dikembangkan sejak jaman dulu.

Jebon Raya Bogor

Tidak jauh dari lokasi pintu gerbang masuk Kebun Raya Bogor, kita dapat menemukan sebuah papan petunjuk.

Papan petunjuk yang dilengkapi dengan keterangan tempat lokasi dari area obyek wisata Kebun Raya Bogor ini  berisikan informasi umum.

Dan pada saat Direktori Wisata ke lokasi ini, peta petunjuk denah lokasi inilah yang bisa membantu kami untuk menelusuri kawasan daerah Kebun Raya Bogor ini.

Kebun Raya Bogor

Masuk pintu gerbang Kebun Raya Bogor, kita dapat menemukasn sebuah prasasti Monument Lady Raffles. Konon menurut informasi, monument ini didirikan untuk mengenang Olivia Raffles yaitu istri dari Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles.

Karena pada waktu itu Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles pernah tinggal di Istana Bogor dan megubah halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik.

ehingga dulunya Kebun Raya Bogor pertama kali berdiri diberi nama s’Lands Plantentuinte Buienzorg.

Baca juga : Tajur, Tempat Wisata Belanja dan Wisata Keluarga di Bogor

Lanjut……
Dalam perjalanan sejarah Kebun Raya Bogor ini memiliki beberapa nama julukan, antara lain s’Lands Plantentiun, Syokubutzuer pada masa pendudukan Jepang; Botanical Garden of Buitenzorg; Botanical Garden of Indonesia; Kebun Gede; Kebun Jodoh; Kebun Tete; dan Kebun Raya Bogor.

kebun-raya-bogor

Sedangkan untuk informasi koleksi tanaman di tempat wisata Kebun Raya Bogor ini memiliiki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan.

Obyek wisata Kebun Raya Bogor  merupakan salah satu kebun botani tertua yang ada di Asia. Selain sebagai tempat pendidikan, lokasi Kebun Raya ini juga cocok sebagai tempat wisata, karena loasinya bisa menjadi taman rekreasi di dalam area ini.

Jembatan Merah Kebun Raya Bogor

Masih dalam area Kebun Raya Bogor, di dalam area ini kita dapat menemukan sebuah jembatan gantung merah. Konon jembatan ini dikenal sejak lama, dan memiliki kenangan bagi siapapun yang pernah hadir di lokasi ini.

Baca juga : Mitos Jembatan Gantung Merah Kebun Raya Bogor

Lokasi ini pun sering dijadikan spot cantik para pecinta dunia fotografi di obyek wisata Kebun Raya Bogor ini. Pada saat menjelang sore atau sehabis hujan, biasanya di lokasi jembatan ini memiliki pemandangan view yang sangat indah.

kebun-raya-bogor-

Bila kita mengarah ke lokasi area belakang Kebun Raya Bogor, kita akan menemukan sebuah danau yang ditumbuhi berbagai tanaman teratai air dan jenis tanaman lainnya. Danau ini juga dekat dengan halaman belakang Istana Negara Bogor.

Terkadang, di kolam ini pun kita akan menemukan sebuah binatang seperti kupu-kupu cantik dan hewan serangga atau pun binatang air lainnya.

Baca juga : Istana Bogor:: Eksotisme Gedung Putih Di Kota Bogor

Untuk menuju tempat wisata Kebun Raya Bogor banyak jalur pilihan alternatif yang dapat kita lalui, baik jalur jalan tol Jagorawi atau pun melalui jalan biasa. Namun bagi yang akan menggunakan kendaraan umum kita tinggal menggunakan kendaraan bus yang turun ke terminal Baranangsia atau pun naik kereta api. Untuk lebih jelas dapat dilihat jalur akses jalan ini melalui peta.

Objek Wisata Kebun Raya Bogor bisa mengajak kita untuk belajar sambil berekreasi, sekaligus melihat hutan kota dengan beragam koleksi tenaman yang indah. Selamat menikmati wisata keliling Kebun Raya Bogor.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

3 Comments

  1. Lokasinya asyik kang, 🙂
    Kalau tiap kota punya kebun raya kayak gini, kayaknya bakalan tetap terlihat hijau diantara bangunan beton.

    • Lokasi tempat wisata Kebun Raya Bogor memang asyik Mas, apalagi kalau di buat foto-foto di sana. Jangan buat mojok di sini nanti ga bakal langgeng mas itu sih mitosnya . he,, he, he,,,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :