Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Nasi Goreng Emping:: Kuliner Khas Indonesia

Nasi Goreng Emping:: Kuliner Khas Indonesia

Sensasi Rasa Kuliner Nasi Goreng Emping Indonesia Yang Eksotis

Direktori Wisata. – Nasi Goreng merupakan salah satu kuliner khas Indonesia. Makanan ini menjadi salah satu menu favorit bagi wisatawan yang berlibur di Indonesia.

nasi-goreng

Sajian menu kuliner nasi goreng biasnya dihidangkan dalam setiap acara, baik secara formnil amupun tidak. Menu makanan ini terbuat dari nasi yang proses dalam penggorengan dengan campuran bumbu dan rempah-rempah yang khas. Namun, biasanya rempah-rempah yang dipergunakan untuk campurannya pun berbeda-beda dalam sajian menu nasi goreng.

Kuliner nasi goreng dalam perkembangan inovasi yang dilakukan oleh para juru masakpun sangat bervaritiv. Dari nasi goreng kampung, nasi goreng sea food, nasi goreng modern, nasi goreng konvensional, hingga nasi goreng yang dikembangkan dengan bentuk varian cita rasa modern mengikuti perkembangan dan selera konsumen.

Sensasi rasa nasi goreng dari pedas, manis kecap, dengan bumbu-bumbu yang khas dan menu pelengkap seperti sayuran, telor, ikan, sea food, bahkan daging ayam atau pun kambing dapat kita rasakan. Rasanya berkombinasi dan menghasilkan kenikmatan yang khas di lidah kita. Sebagai pelangkap biasanya menu nasi goreng ditambah emping.

Namun, bagi kita yang memiliki beberapa penyakit khusus, sebaiknya pilihlah menu nasi goreng yang biasa saja. Terutama untuk nasi goreng sea food dan emping serta kambing, sudah jangan dijamah lagi. Masih banyak ko menu nasi greng dalam bentuk varian rasa yang lainnya.

Tidaklah heran bila banyak kalangan wasatawan asing yang datang ke Indonesia untuk mencoba beberapa jenis nasi goreng yang terdapat di negeri ini. Bahkan, ada beberapa diantara mereka yang berniat untuk membuka dan mengembangkan usaha kuliner nasi goreng sebagai menu tambahan sajian mereka di negara asalnya.

Walau nasi goreng telah mendapatkan sebuah pengakuan dari dunia internasional dan masuk dalam daftar peringkat dua dari 50 makanan terlezat di dunia melalui poling internet ayng di adakan oleh CNN Internasional pada tahun 2011 lalu dan menjadi kebanggan dari salah satu ikon kuliner bangsa Indonesia.

Namun, sebenarnya asal mula nasi goreng itu sendiri berasal dari negeri Tionghoa ang dibawa menyebar di kawasan Asia Tenggara oleh para perantau yang pindah pada saat waktu itu. Hal ini terbukti dengan adanya sejarah yang menuliskan bahwa kuliner nasi goreng ini memang benar berasal dari neger Tionghoa.

Konon awalnya,menu nasi goreng ini berasal dari para perantau Tionghoa yang tidak mau membuang sisa nasi. Agar tidak mubazir nasi-nasi tersebut dimasak kembali dengan digoreng dan dicampur dengan beberapa bumbu, dengan demikian mereka tetap dapat merasakan nasi yang baru dimasak kembali atau panaskan dengan cara yang berbeda.

Bila kita melihat dari sejarah tentang asal mula pembuatan kuliner nasi goreng ini, maka secara tidak lagsung kita dijarakan untuk bisa menghargai makanan agar tidak dibuang atau disia-siakan. Dan bila kita mengupas lebih jauh lagi, di dalam sajian kuliner nasi goreng ini pun terdapat sebuah pembelajaran yang sangat bernilai.

Terlepas dari catatan sejarah asal musala kuliner nasi goreng tersebut di atas, kini keberadaan menu masakan kulienr nasi goreng sudah menjadi salah satu ikon kuliner khas Indonesia yang sudah cukup dikenal akan kelezatannya. Dengan perkembangan kretifitas dunia kuliner yang inovasi dilakukan oleh para juru masak tradisoinal dan modern, kini nasi goreng memiliki nilai cita rasa tersendiri di hati para penikmat sajian kuliner Indonesia.

Dengan kesibukan aktifitas kita dalam jaman modern ini, kita juga dapat menjadikan sebuah kegiatan wisata kuliner dengan membuat kuliner atau pun membeli makanan nasi goreng jenis apapun dan menjaarkan arti dari pesan yang disampaikan dengan jnis kuliner nasi goreng ini kepada anak-anak kita. Dengan begitu proses liburan dan belajar akan menjadi lebih banyak manfaatnya dari pada kita hanya membuang nasi sebagai sisa-sisa makanan. Selamat mencoba sajian kuliner nasi goreng emping kuoner khas Indonesia bersama keluarga. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

11 Comments

  1. kalau di pikir-pikir benar juga yia Bos, nasi goreng ini memiliki filosofi, salah satunya yia itu daripada mubazir yia mending di jadikan nasi goreng, tapi jangan lupa tambah telur 2 biar lebih kerasa, hehehe…

    • Wah tahu aja nasi goreng kalau pakai telor nambah enak ya Kang, paalgi dua satu di dadar satu di campur. he,, he, he, 😀

  2. jadi laper nih kang, gara-gara ngliat nasi goreng

    • Yuk habisin nasi goreng empingnya Kang. 😀

  3. Kabarnya obamapun ketagihan sama nasi goreng indonesia ya mas 🙂

    • Mungkin karena Obama pernah makan nasi goreng Indonesia juga, jadi dia doyan sama nasi goreng Indonesia Mba. 😀

  4. Nasi goreng dengan emping? wah, jadi miirp pas makan tape ketan pakai emping Pak. Patut di coba neh, secara menu nasi goreng yg paling sering saya bikin utk menu sarapan di rumah *praktis dan cepat*

    • Iya dong sebagai pelengkap emping memnag enak bagi yang tidak mengalami gangguan keshatan. 😀

  5. Wah nasi goreng, makanan kesukaanku, kang 😀

  6. Nasi Goreng Emping sama dengan Nasi Goreng umunya ya kang ? … saya juga seneng maem Nasi Goreng, apalagi kalo di traktir ama Kang Indra nih xixixii…

    • Yuk Kang Eka, makan bareng nasi gorengnya sepiring berdua aja biar ngirit. he,,, he, he, 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :