Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jogjakarta / Kaliurang / Museum Ullen Sentalu Yogyakarta:: Belajar Sejarah Bangsawan Jawa

Museum Ullen Sentalu Yogyakarta:: Belajar Sejarah Bangsawan Jawa

/
/

Belajar Sejarah Bangsawan Jawa di Kaliurang Lereng Merapi Yogyakarta

Direktori Wisata – Museum Ullen Sentalu Kaliurang sajikan beragam informasi seputar seni dan budaya Jawa dengan cara unik dan menarik di kawasan lereng Merapi Kaliurang Yogyakarta.

Yogyakarta dikenal sebagai kota yang memiliki tradisi dan budayanya yang masih kental menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatan untuk menghabiskan waktu liburannya di Kota yang mendapat julukan sebagai salah kota yang banyak melahirkan para bangsawan di Indonesia. Menghabiskan waktu liburan sambil memperkaya pengetahuan budaya Jawa khususnya dari jaman Kerajaan Mataram bisa kita dapatkan dengan berkunjung di Museum Ullen Sentalu Kaliurang Yogyakarta.

Museum Ullen Sentalu Jogja

Lokasi Museum Ullen Sentalu Jogja berada di kawasan wisata Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Tepatnya di lereng Merapi dengan puluhan tanaman pohon yang rimbun dan masih asri serta udara sejuk,  museum ini siap menyambut kehadiran para wisatawan di lokasi museum.

Nama Museum Ullen Sentalu ini tergolong unik, nama tersebut kependekan dari bahasa Jawa yaitu “Ulating Blencong Sejatine Tataraning Lumaku” yang berarti nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan. Sedangkan “blencong” sendiri merupakan lampu minyak pada pertunjukan wayang kulit.

Di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta ini, kita akan mengenal lebih dekat dengan sejarah dan budaya Jawa di masa lampau yang tertata dengan apik dan penuh filosofi kehidupan. Perjalanan menyusuri ruang museum di atur sedemikian rupa, sehingga setiap pengunjung yang hadir dapat larut dalam pesona Jawa di masa lampau.

Begitu kita masuk ke dalam area Museum Ullen Sentalu, mata kita akan semakin dimanjakan dengan keindahan arsitertur yang kental akan filosofi masyarakat Jawa, salah satunya letak bangunan yang berada dalam garis imajiner yang menghubungkan Gunung Merapi, Keraton Yogyakarat dan laut selatan Pulau Jawa.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan hadir di Museum Ullen Sentalu Yogyakarta tidak perlu khawatir akan tersesat di museum ini, karena para pemandu handal akan siap menghantar berkeliling dan menjelaskan secara rinci setiap denah ruang di Museum Ullen Sentalu Jogja yang akan kita lalui, termasuk soal kisah dibalik ratusan koleksi seni dan budaya Jawa peninggalan Kerajaan Mataram.

Lanjut perjalanan……
Untuk memasuki pintu masuk Museum Ullen Sentalu Jogja, kita harus memasuki ruang Goa Selo Giri yang terbuat dari susunan batu alami Gunung Merapi, karena letak sebagian museum berada di bawah tanah.

Dalam ruangan lorong bawah tanah Museum Ullen Sentalu kita akan ditemani tata cahaya yang redup menemani lukisan dengan karya tokoh Dinastiy Mataram yang di susun secara apik.

Selama perjalanan mengelilingi denah Museum Ullen Sentalu kita akan banya menerima ragam informasi mengenai kisah dan cerita yang akan di paparkan oleh petugas museum yang mendampingi perjalanan kita di museum.

Informasi yang Direktori Wisata terima dari petugas, Museum Ullen Sentalu adalah museum yang memamerkan budaya jawa di masa lampau. Pada ruang pertama di dalam Museum Ullen Sentalu Jogja, kita akan disuguhkan alat musik tradisional Jawa.

Selain itu kita pun bisa menyaksikan beberapa lukisan Gusti Raden Ajeng Siti Nurul Kusuma Wardani yang sedang membawakan beberapa jenis tarian tradisional Jawa yang terdapat di dalam ruangan area pamer bawah tanah Museum Ullen Sentalu Jogja.

Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan, Gusti Raden Ajeng Siti Nurul Kusum Wardani merupakan putri tunggal dari pasangan Mangkunegaran 7 dengan Gusti Ratu Timur. Pada jamannya sang putri dikenal karena kecantikannya, keahliannya menari dan kemampuannya menunggang kuda.

Lanjut informasi…..
Konon, seorang Sultan harus mampu menciptakan karya seni. Salah satunya hasil karyanya yang bisa kita saksikan di dalam ruang Museum Ullen Sentalu Jogja ini kita dapat melihat dalam bentuk lukisan yang menggambarkan tari menak yang diciptakan oleh Raja Kesultanan Yogyakarta Hamengkubuwono ke-9.

Ruang pameran selanjutnya kita akan dibawa dalam sebuah ruangan pamer koleksi lukisan para tokoh besar di Dinasty Mataram. Di ruang pamer Museum Ullen Sentalu Yogyakarta ini kita dapat merasakan seperti sedang diawasi saat berjalan melalui setiap lukisan-lukisan yang berada di salah satu ikon objek wisata unik di Yogyakarta ini. Konon hal ini disebabkan pada bagian mata setiap tokoh yang dilukis menggunakan teknik 3 dimensi, sehingga mata dari setiap lukisan yang kita lalui mengikuti kemana saja diri kita berada.

Sedangkan di ujung lorong kita akan menemukan sebuah ruangan yang berisi kolekasi batik dari era Sultan Hamengkubuwono ke-7 hingga ke-8. Di ruang pamer batik Museum Ullen Sentalu ini kita akan diberitahu cara dengan mudah membedakan batik Yogyakarta dan Solo.

Setelah berkeliling di dalam ruang bawah tanah Museum Ullen Sentalu Jogja, Kami beserta rekan-rekan dan rombongan lainnya pun berisitirahat sejenak sambil menikmati wedang jahe yang disediakan oleh pengelola setempat. Setelah itu perjalanan untuk mengelilingi denah Museum Ullen Sentalu Jogja pun di mulai kembali.

Museum Ullen Sentalu

Dalam perjalanan tour Museum Ullen Sentalu di kaliurang Jogja kali ini, kita akan disuguhkan pemandangan unik dan menarik dari koleksi-kolekasi yang terdapat di lokasi museum, dimana sepanjang mata memandang kita akan menyaksikan deretan benda bersejarah yang akan memanjakan mata penglihatan kita. Mulai dari deretan archa Hindu dan Budha hingga cuplikan relief Candi Borobudur yang dapat dengan mudah kita temukan di museum ini.

Relief Candi Borobudur

Sebagai informasi tambahan, untuk masuk ke dalam area Museum Ullen Sentalu Kaliurang Jogja, kita dilarang membawa kamera atau pun foto, ada pun objek yang bisa diambil fotonya hanya yang berada di luar area museum. Konon informasinya hal ini agar mencegah untuk pembuatan barang-barang berharga milik museum dapat diduplikasi atau ditiru untuk disalah gunakan dengan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Jangan lupa mampir ke 3 Tempat Wisata Kuliner Unik di Yogyakarta

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang akan berburu cindera mata khas Jawa tidak perlu keluar dari area Museum Ullen Sentalu Kaliurang ini, karena semuanya sudah tersedia di tempat ini. Mulai dari batik hingga aneka kerajinan tangan yang tersedia dan bisa kita beli di tempat ini.

Harga tiket masuk Museum Ullen Sentalu Yogyakarta adalah sebagai berikut :

  • Tiket masuk Museum Ullen Sentalu Jogja untuk wisatawan lokal untuk dewasa  Rp 30.000,- / orang
  • Tiket masuk Museum Ullen Sentalu Jogja untuk wisatawan lokal anak-anak 5-16 tahun Rp. 15.000,- / orang
  • Tiket masuk Museum Ullen Sentalu Jogja untuk wisatawan mancanegara dewasa Rp. 50.000,-/ orang
  • Tiket masuk Museum Ullen Sentalu Jogja untuk wisatawan mancanegera anak-anak 5-16 tahun Rp. 30.000,- / orang.
(*Harga tiket masuk Museum Ullen Sentalu Yogyakarta dapat berubah sewaktu-wktu sesuai kebijakan pengelola setempat*)

Jam dan Waktu Operasional Buka Museum Ullen Sentalu Jogja sebagai berikut :

  • Selasa – Jumat 8.30 -16.00 WIB
  • Sabtu – Minggu 08.00 – 17.00 WIB

Cara menuju ke lokasi Museum Ullen Sentalu, sahabat Direktori Wisata bisa menggunakan kendaraan mobil atau motor bahkan bus wisata. Kita dapat mengikuti rute akses jalan menuju ke lokasi dengan mengikuti jalur akses jalan yang terdapat di dalam google map yang bisa disesuai dengan arah tempat pemberangkatan kita ke tujuan.

Kecintaan kita terhadap tradisi dan budaya Jawa bisa digali di Museum Ullen Sentalu Kaliurang Yogyakarta ini. Bagi sahabat Direktori Wisata yang akan mengetahui lebih jauh tentang budaya Jawa dari kehidupan para bangsawan dari mulsi masa Kerajaan Mataram, bisa menjadikna museum ini sebagai salah satu destinasi alternativ liburan di Jogjakarta. Selamat liburan di Jogja.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :