Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Heritage / Museum Pusaka Nias: Warisan Budaya Suku Nias

Museum Pusaka Nias: Warisan Budaya Suku Nias

Museum Puasaka Nias: Warisan Budaya Suku Nias

Direktori Wisata. – Museum Pusata Nias terletak di Jalan Yos Sudarso No. 134A. Kota Gubungsitoli. Berdiri pada tahun 1991. Museum ini menyimpan kekayaan warisan budaya (Cultural Heritage) masyarakat Nias, mulai dari artefak, keramik hingga replika rumah adat.

museum-pusaka-nias

Di area Museum Pusaka Nias terdapat kebun binatang mini sebagai upaya perlindungan terhadap fauna Nias yang langka dan berhubungan dengan tradisi lisan Nias, seperti ular, buaya, kancil, monyet, biawak, kura-kura, kijang burung beo, dan masih banyak lagi lainnya.

Museum Pusaka Nias dibangun oleh Yayasan Pusaka Nias pada tahun 1995, dan berdiri di atas tanah seluas 2 hektar dengan menyimpan benda-benad koleksi bersejarah suku Nias sebayak 6.000 lebih, mulai dari alat rumah tangga, perhiasan, alat musik, dan patung-patung. Di dalam area museum ini juga terdapat replika rumah adat suku Nias dan kerajinan tangan khas Nias seperti bola nafo atau yang disebut dengan tepak sirih dengan berbagai motif.

Museum Pusaka Nias menampilkan sebuah konsep sejarah dan budaya, dan untuk mengetahui perjalanan sejarah dari suku Nias, maka di museum ini  banyak dipamerkan benda dengan menampilkan keterangan tulisan tentang sejaranya yang terletak di setiap sisi benda-benada tersebut. Hal ini akan memberi kemudahan bagi kita untuk mengetahui tentang sejarah, makna dan fungsi setiap benda yang dipamerkan. Dan di museum ini pula menyediakan keterangan dalam dua bahas, yaitu bahas Indonesia dan bahasa inggris.

Jadwal buka Museum Pusaka Nias adalah hari Selasa – Sabtu mulai pukul 08.00 WIB – 16.30 WIB. Dan hari Minggu buka pada sore hari pukul 13.30 WIB-16.30 WIB.

Tarif masuk Museum Pusaka Nias untuk anak SD-SMP sebesar Rp. 1.000,- / orang; sedngkan untuk SMU, Mahasiswa hingga dewasa Rp. 2.500,- / orang. Sedangkan untuk tarif khusus wisatawan macanegara dikenakan biaya Rp. 20.000,- / orang. Jika inngin berkeliling ruang pameran, biaya pelajar SD hingga mahasiswa dikenakan biaya sebesar Rp. 1.000,- / orang; sementara untuk dewasa Rp. 2.000,- / orang.

Dengan mengunjungi Museum Pusaka Nias, kita akan mengetahui catatan sejarah serta makna yang terkandung dalam sebuah nilai budaya dan tradisi masayrakat lokal Nias.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :