Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Singapura / Menyusuri Legenda Pulau Ubin & Sekudu Singapore

Menyusuri Legenda Pulau Ubin & Sekudu Singapore

Legenda Pulau Ubin & Sekudu Singapore; Kisah Perjalanan 3 Binatang Menuju Pesisir Johor

Direktori Wisata.- Kisah Cerita legenda masyarakat lokal Pulau Ubin dan Sekudu yang berada di selat Johor ini merupakan catatan kecil yang kami dapatkan pada waktu mengunjungi Pulau Ubin Singapore.

Menyusuri Legenda Pulau Ubin & Sekudu Singapore

Dari pengalaman Direktori Wisata mengunjungi Pulau Ubin Singapura, kami menemukan kisah cerita legenda masyarakat lokal pulau ini. Baik dari sisi cerita yang dikisahkan oleh beberapa penduduk lokal yang bisa kita jumpai di lokasi ini, atau pun dari informasi papan pegumuman tersebut.

Menurut informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, kisah legenda ini berawal ada tiga ekor hewan yang berlomba untuk saling mengadu kecepatan, untuk mencapai Pesisir Johor yang paling pertama. Ketiga hewan tersebut merupakan gajah, babi, dan katak. Dan bagi siapa saja yang gagal mencapai tempat tujuan yang telah disepakati maka akan berubah menjadi batu.

Lanjut kisah legenda….
Dari ketiga binatang tersebut, baik gajah, babi, maupun katak semuanya mengalami berbagai hambatan dan tantangan dalam perjalanan, namun ke tiga binatang tersbut semuanya gagal hingga sampai ditempat tujuan.

Konon sang babi dan gajah berubah menjadi Pulau Ubin, kemudian sang katak pun berubah menjadi sebuah Pulau Sekudu yang letaknya tidak jauh dari Pulau Ubin. Dari bahasa lokal, “Sekudu” berarti “Katak”. Posisi pulau Sekudu seperti gambar foto diatas.

Menyusuri Legenda Pulau Ubin & Sekudu Singapore

Sayangnya, baik gajah, babi, maupun katak mengalami berbagai hambatan dalam perjalanan sehingga gagal mencapai tujuan. Sang babi dan gajah kemudian berubah menjadi Pulau Ubin sementara si katak membentuk Pulau Sekudu yang terletak tak jauh dari Pulau Ubin. Dalam bahasa lokal, Pulau Sekudu memang berarti Pulau Katak.

Semua tempat kejadian dalam cerita legenda tersebut dapat kita temukan di balik bangunan pondok bergaya arsitektur Tudor yang mirip seperti cottege peninggalan kolonial Inggris, terletak di kawasan Chek Jawa Pulau Ubin Singapore.

Bangunan minimalis dan berbentuk unik ini, menjadi sebuah tempat istirahat dan melepas lelah bagi para wisatawan sambil menikmati kawasan pantai yang menghadap ke Pulau Sekudu Singapore.

Baca juga : Wisata Singapore Ke Pulau Ubin

Legenda Pulau ubin & Sekudu Singapore merupakan kisah cerita rakyat lokal Pulau Ubin tentang asal usul cerita cerita legenda masyarakat di Pulau Ubin dan Pulau Sekudu.

Terlepas dari kebenaran dari kisah ini legenda ini semua, cerita ini telah menjadi pelengkap destinasi wisata Singapore bagi para wisatawan yang hadir di Pulau Ubin ini. Selamat menikmati wisata Singapore.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. wah keren nih mas indra sudah sampai di singapura 😀 pemandangannya benar2 keren ya mas, pulau ubin dan sekudu memang indah, salam wisata 🙂

    • Lagi ada pekerjaan Mba di Singapore, sekalian jalan-jalan ke Pulau Ubin sambil melihat pulau sekudu, pemandamgannya memang indah di sini mba 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :