Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jakarta / Menikmati Es Campur Ala Jakarta

Menikmati Es Campur Ala Jakarta

/
/
 

Sajian Kuliner Es Campur Khas Betawi

Direktori Wisata – Yang namanya es itu paling nikmat jika dinikmati saat udara panas seperti sekarang ini. Di jakarta ada satu es campur yang khas.

Entah apa nama es campur ini sebenarnya, tapi banyak yang bilang kalau es campur yang satu ini namanya adalah “Es Campur Betawi” karena memang berasal dan dikenal oleh masyarakat Betawi (Jakarta) . Ada juga yang bilang kalau nama es ini adalah “Es Tingting” ini karena Si Abang tukang es selalu membunyikan mangkuk dengan sendok dan menghasilkan suara “Ting… Ting… Ting.”

es campur betawi

Apapun namanya yang jelas es campur ini isinya bergama dan rasanya tentu saja manis menyegarkan. Kalau ditanya soal harga, es campur ini harganya murah meriah. Hanya dengan uang Rp 3.000 s/d Rp 5.000 maka kita sudah bisa menikmati satu mangkuk es campur betawi lengkap dengan segala isiannya.

Dalam satu mangkuk es campur Betawi ini kita bisa mendapatkan aneka jenis makanan khas Jakarta. Diantaranya adalah bubur sumsum yang dipadatkan, Biasanya berwarna hijau dengan menambahkan air daun suji ke dalam adonan sebagai pewarna alaminya. Bubur sumsum ini diolah dari tepung beras dengan campuran tepung hunkwe, sedikit gula dan santan.

Semua bahan akan diaduk rata kemudian dimasak di atas api. Pengadukan tepung dan air dilakukan sebelum memasak agar tepung tidak menggumpal. Setelah adonan yang dimasak mengental, barulah diangkat dan dituang dalam wadah. Tapi bisa juga dibiarkan saja di dalam panci. Adonan ini dibiarkan hingga mengeras. Untuk diisikan dalam mangkuk, nantinya pedagang es akan mengambil bubur sumsum ini dengan sendok.

Bahan isian lain es campur betawi ini adalah biji salak. Biasanya biji salak ini menjadi kuliner favorit di saat puasa tiba. Biji salak seringkali digunakan sebagai hidangan buka puasa. Ini karea biji salak dibuat dari ubi jalar sehingga akan mengenyangkan. Untuk membuat biji salak, maka ubi jalar harus di kukus terlebih dahulu hingga matang. Setelah dikupas maka ubi jalar kukus ini dihaluskan.

 

Ubi jalar halus ini kemudian dibentuk bulatan lonjong dengan ukuran kira-kira satu ruas ibu jari. Setelah itu bulatan direbus dalam air mendidih. Jika bulatan sudah mengambang atau terapung itu tandanya biji salak sudah matang. Biji salak ini tentu saja belum bisa dihidangkan. Untuk menjadi sebuah sajian, maka biji salak ini akan dimasak dalam air gula dan santan encer. Gula yang dipakai adalah gula merah atau gula aren sehingga akan menghasilkan kuliner yang berwarna kecoklatan.

pedagang es campur

Isian lainnya dalam es campur Jakarta ini adalah bubur mutiara. Bubur ini dibuat dari tepung sagu mutiara yang bentuknya butiran-butiran kecil berwarna merah putih. Sagu mutiara ini kemudian direbus hingga mengembang. Setelah itu air rebusan dbuang dan diganti dengan air putih matang atau santan encer agar sagu tidak menggumpal.

Sebagai pelengkap adalah santan kental dan es batu. Semua bahan yang tersedia ini akan diracik oleh si pedagang es campur ke dalam mangkuk. Si pedagang yang rata-rata sudah berdagang cukup lama akan meracik es campur Jakarta ini dengan sangat cepat. Dalam hitungan menit maka es campur ini sudah bisa kita nikmati kelezatannya. Biasanya pedagang es campur Jakarta ini akan mangkal di pasar-pasar tradisional ataupun berkeliling kampung.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

6 Comments

  1. seger siang-siang makan es campur. Bedanya dengan es campur dari daerah lain apa ya

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Mungkin racikan bahan bakunya mba, sama yang buatnya jelas orang Jakarta. he,, he,, he,,

  2. nah kalau es campur ini kesukaan saya mbak…enak rasanya dan variatif juga. maknyuss pokoknya.

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      pokonya kalau siang-siang makan es campur seger banget deh ya mbah. ha,, ha,, ha,,

      • nah itu dia mas… ada lagi mas es shanghai, ternyata ya es campur juga. pernah nyoba es tuh, tapi ya akhirnya esnya sama dengan es campur, penasaran membawa kekonyolan. heee

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Nah nih dia nih namanya yang unik es shanghai, pasti yang neglayanin oke tuh. Asal jangan bekumis aja mba. wkwkwkwkwk….

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :