Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Menikmati Bubur Lemu Lethok Khas Klaten

Menikmati Bubur Lemu Lethok Khas Klaten

Bubur Lemu Lethok Tradisional Khas Klaten Yang Sedap

Direktori Wisata. – Masyarakat Solo menyebut makanan ini “Lethok” atau tumpangan, yang merupakan kuliner khas di daerah Kabupaten Klaten. Konon makanan Bubur Lemu Lethok ini dikenal sejak jaman dulu hingga sekarang.

bubur-lemu-lethok

Jalan-jalan dan menginap di daerah Desa Wisata Beji, kami menemukan sebuah menu kuliner lokal khas yang cukup dikenal dan melegenda. Makanan ini menjadi makanan favorit  bagi masyarakat Klaten namanya Bubur Lemu Lethok, di sini kami menyebutnya dengan sebutan bubur nasi Jawa.

Hampir setiap pagi saya selalu membeli bubur nasi Jawa khas Klaten ini dengan si penjual yang berada di dekat lokasi kami menginap. menurut infomrasi yang Direktori Wisata dapatkan, bubur Lemu Lethok ini di masak masih secara tradisional dengan menggunakan kayu bakar dan kendi yang terbuat dari tanah liat.

bubur-lemu-lothek-khas-klaten

Rasa bubur nasi santan atau Bubur Lemu-nya sangat khas dan aroma bakaran dan santan yang khas menyatu pada aroma bubur nasi dengan harum daun pisang yang dijadikan alas pincuk membuat aroma ini menjadi harum.

Makanan tradisional sederhana dengan campuran sayur mayur bayam, daun singkong, daun pepaya muda yang diiris tipis dan nagka muda cacah serta di campur dengan lalapan mentah seperti kemangi, seledri, petai cina dengan bumbu kelapa yang disiram dengan Lethok ditambah kerupuk gendar yang terbuat dari beras..

Pokonya komplit dan sehat, yang lebih menarik hargany pun murah meriah Rp. 3.000,-/ porsi bila tidak komplit harganya hanya Rp 2.000,- / porsi.

Baca juga : Liburan Di Desa Wisata Beji Jatirejo Klaten

Konon mernurut para tokoh masyarakat yang kami temui di desa Beji, Jatirejo,  Klaten ini, kalau belum menikmati Bubur Lemu Lethok yang tradisional seperti ini, katanya sih belum pernah ke Klaten.

Karena sekarang yang ada dan beredar di jual di daerah seputar daerah Klaten untuk Bubur Lemu Lethok sudah berkurang rasa tradisionalnya, karena pengolahan makanannya sudah diolah secara modern.

Setelah saya mencoba dan bandingkan sendiri ternyata benar, bahwa ada rasa dan aroma yang berkurang bila kita menikmati Bubur Lemu Lethok yang di proses secara modern dengan yang tradisional.

Baca juga : Jelajah Wisata Kuliner di Yogyakarta

Menikmati Bubur Lemu Lethok Khas Klaten di Desa Wisata Beji, Jatirejo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini memberikan rasa sensasi yang khas dan tradisional. Kangen dengan bubur lemu lethok khas Klaten ? coba deh makanan yang satu ini, dan kalau bisa carilah yang masih tradisional, karena kita akan menikmati sensasi rasa yang luar biasa, bahkan ketagihan dengan rasanya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

21 Comments

  1. saya jadi laper kang xixii…

    • Nah, loh ? bubur lemu lethoknya sudah dikit tuh Kang…. πŸ˜€

  2. Glek! Ngiler P Indra. Mirip bubur sum-sum namun dibungkus daun ya?

    • Iya Mba, buburnya dibungkus daun pisang, dan aromanya segar banget dan khas. πŸ˜€

  3. makan bubur lemu lethok khas klaten dengan setelan rambut yang nyiripit ala john lenon, bikin saya melihatnya deg-deg plas loch kang

    • Itu lagi kelaperan pas sarapan pagi mang πŸ˜€

  4. Nama buburnya sangat aneh ya Pak, bubur lemu, lemu kan = gemuk ya pak, jadi bisa makin gemuk ya kalau makan bubur ini πŸ˜€

    • Mungkin karena mengembang kali mas kalau bubur baru masak, dan yang jelas bubur ini menggunakan santan, jadi bisa juga menyebabkan lemu, orang makan dikit saja kenyang ko. πŸ˜€

      • tp kalau dari ceritanya kayaknya enak banget tuh mas

        • Kalau rasanya bubur lemu Lethoknya apalagi mas, pasti ketagiahan kalau sudah merasakan kuliner khas Klaten ini. πŸ˜€

  5. saya salah satu yg belum pernah makan bubur lemu lethok nih mas,karena memang belum pernah keklaten sih

    • Nanti kalau ke Klaten bisa mampr cari menu khas Klaten ini ya Mas. he,,he, he,,

  6. Wenaaak ini pak.di solo juga ada.kalau di desa ibuku bubur tumpang lauk tahu cukup 2000

    • Iya mba, rata-rata harganya masih 2000 ya mba kalau hanya pakai sayur tahu. he,, he, he,, πŸ˜€

  7. Menu favorit saya kalau lagi ke Klaten adalah “gudangan lethok”, sesaudara dengan “bubur lemu lethok”. Gudangan lethok ini mirip “sego tumpang” Boyolali. Meskipun rasa dan aromanya agak berbeda. Dua-duanya sungguh nendang sebagai menu sarapan pagi. πŸ™‚

    • Benar mas, kalau makan bubur lemu lethok ini bisa mebuat kenyang perut, dengan harga murah meriah tapi bisa menyehatkan badan. πŸ˜€

  8. wah keliatan enakd an nikmat ms mantap abis…

    • Jelas enak mas rasa bubur lemu lethok kahs Klaten ini, kalau sudah nyoba pasti ketagihan deh…. πŸ˜€

  9. Murah meriah, dan yang pasti mengenyangkan… mantap

  10. habis makan buburnya, trus “lemu” ya mas,,hehehe

  11. Nunung Yuni Anggraeni berkata:

    Kayaknya enak niih

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate Β»
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :