Mengenal Sejarah Transportasi Angkutan Umum Oplet di Jakarta

Menilik Kendaraan Lawas Angkutan Umum Oplet Tua di Jakarta

Direktori Wisata – Sejarah moda transportasi kendaraan umum oplet yang pernah jaya masa periode tahun 1960 hingga tahun 1979 di ibukota Jakarta.

Keliling dan menjelajah di kawasan Jakarta, tentunya akan membawa kita untuk mengenang masa kejayaan salah satu moda transportasi angkutan umum yang pernah tenar di pusat Ibukota ini. Salah satunya adalah kendaraan lawas oplet yang pernah di angkat dalam serial sinetron si Doel anak sekolah yaitu oplet.

Kendaraan Angkutan Umum Oplet Jakarta

Konon, informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan, Jakarta pernah menjadi salah kota tempat beroperasinya angkutan umum oplet yang banyak diminati oleh masyarakatnya, hal ini dikarenakan harganya yang cukup murah.

Lanjut informasi…….
Kendaraan angkutan umum oplet ini berasal dari mobil sedan bermerek Morris Minor, Inggris. Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia perhatikan, moda transportasi lawas angkutan umum oplet ini telah dimodifikasi menjadi dua bagian, yaitu bagian untuk sopir dan untuk satu orang penumpang yang dilengkapi dengan pintu samping.

Sedangkan untuk ruangan penumpang lainnya berada di belakang yang dilengkapi dengan pintu dibagian belakang kendaraan. Mungkin bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia ada yang pernah mengalami masa-masa kejayaan angkutan umum oplet ini pada masanya.

Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia menelisik ke dalam ruangan belakang kendaraan oplet ini, kita akan menyaksikan lantai dan rangkai jendela oplet yang terbuat dari kayu, sedangkan atapnya terbuat dari seng dengan rangka kayu. Untuk jendela kayu tersebut dibuat dari penutup kaca yang dapat dinaik turunkan.

Kendaraan umum oplet tidak dapat dipisahkan dari masyarakat Jakarta pada era tahun 1960 hingga tahun 1970-an, karena pada era tersebut belum banyak bus kota. Untuk tambahan informasi sahabat Direktori Wisata Indoensia, untuk daya angkut angkutan umum oplet adalah 10 orang penumpang.

Cari tahu juga : Cara Ke Ancol Dengan Kendaraan Umum

Angkutann umum oplet ini juga menjadi sebuah simbol keuletan pengusaha kecil Jakarta yang biasanya hanya dimiliki oleh pengusaha perorangan. namun keberadaan angkutan umum ini sekarang telah tiada atau tidak beroperasi lagi di Jakarta.

Coba juga : Kereta Wisata Gratis di Jakarta

Kendaraan moda transportasi pplet yang pernah beroperasi di Jakarta sejak tahun 1930 hingga tahun 1979 ketika Pemerintah DKI Jakarta pada masa Gubernur Tjokropranolo mengeluarkan aturan untuk menghapusnya dengan mengganti dengan mikrolet, metromini, dan Kopersi Wana Kalpika (KWK).

Walau sekarang ini kendaraan lawas angkutan umum oplet tidak beroperasi lagi di Jakarta, sahabat Direktori Wisata indonesia dapat menyaksikan atau menemukannya di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah.[]

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.