Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Indonesia / Jawa Tengah / Mengenal Potensi Wisata Jawa Tengah

Mengenal Potensi Wisata Jawa Tengah

 

Mengenal Potensi Wisata Jawa Tengah

Direktori Wisata. – Provinsi Jawa tengah sebagai salah satu destinasi pariwisata di Indonesia yang menawarkan beragam daya tarik wisata, baik wisata alam, wisata budaya, maupun wisata buatan yang sangat mengagumkan.

Mengenal lebih dekat potensi wisata di Jawa Tengah, akan membuat kita untuk tidak meragukan lagi bahwa daerah ini sebagai salah satu pusat peradaban Jawa. Dengan adanya bukti-bukti peradaban yang masih ditemukan, tidak hanya pada peninggalan arkeologi seperti candi Hindu dan Budha, namun kita juga dapat menemukan kerajinan, seni musik dan tarian, serta kebiasaan sehari-hari masyarakat lokal yang bergerak secara alami di wilayah Jawa Tengah seperti :

Musik Tradisional Jawa Tengah

Salah stu daya tarik dari potensi yang dimiliki daerah wisata Jawa Tengah yang cukup dikenal adalah dengan alat musik tradisionalnya. Alat musik trdisional Jawa Tengah yang dikenal cukup luas salah satunya adalah Gamelan Jawa yang merupakan paduan dari saron bonang, kendang, gong, gambang, siter, dan masih banyak lagi. Musik yang dihasilkan dari alat-alat musik tradisional ini pada umumnya berirama lembut. Mengenal Musik Tradisional Jawa Tengah dari dekat dapat kita lakukan dengan mengunjungi tempat wisata budaya yang berada di sertiap daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah.

Potensi Wisata Jawa Tengah

Seni Tari Jawa Tengah

Dalam seni tari yang berada di Jawa Tengah, kita akan mengetahui 3 jenis tarian, yaitu tari Klasik seperti Tari Bedhaya, Tari Gambyong, Tari Srimpi daln lain-lain. Sedangkan untuk Tari Tradisional seperti tari kuda lumping dan lainnya; sedangkan untuk tari kreasi baru seperti tari tarian parjurit, ronggeng dan ali-lain. Ada banyak seni tari yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah, di mana setiap kesenian tari tersebut merupakan potensi daya tarik wisata yang dapat dikembangkan dan si saksikan oleh para wisatawan domestik maupun mancanagera yang singgah di daerah Jawa Tengah.

Baca juga : Tempat Wisata Klaten Jawa Tengah

 

Bila kita mengunjungi Provinsi Jawa Tengah, kita dapat menyaksikan sebuah keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Bila kita memiliki jiwa petualangan kita dapat mengeksplorasi peninggalan sejarah masa lampau di Museum Manusia Purba Sangiran di Solo, Lawang Sewu dan Kota Lama yang merupakan obyek wisata yang berada di tempat wisata Kota Semarang.

Baca juga : 10 Destinasi Wisata Jawa Tengah Yang Menarik Dikunjungi Saat Liburan

Tidak kalah menariknya, alam pegunungan di daerah Provinsi Jawa Tengah dapat kita nikmati keindahan alamnya yang eksotis. Dengan melakukan trekking di kawasan Pegunungan Merapi Yogyakarta teawalk di beberapa kawasan daerah Jawa Tengah atau kita dapat memacu adrenalin di arung jeram Sungai Serayu, Proga, dan Elo.Hingga menyelami keindahan corak dan warna kerajinan khas Batik, kain tenun lurik, Mencicipi citra rasa hidangan berselera sambil berbaur dalam sebuah tradisi yang membumi  di tanah Jawa tengah, sampai dengan menyapa rekan-rekan baru dalam menkmati keindahan surga bawah laut tempat wisata Karimunjawa.

Baca juga : 8 Destinasi Wisata Boyolali Unik dan Menarik di Jawa Tengah

Ini semua hanya merupakan bagian kecil dari potensi wisata Provinsi Jawa Tengah yang dapat kita telusuri dan nikmati dari banyaknya obyek wisata yang berada di beberapa kawasan daerah Provinsi daerah Jawa Tengah. Semoga informasi ini dapat memberikan sedikit kepada para sehabat dan pembaca setia Direktori Wisata dalam mengenal potensi wisata Jawa Tengah.[]

 
 
 
This div height required for enabling the sticky sidebar
 
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :