Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Singapura / Mengenal Kesenian Tradisional Kompang Melayu Singapore

Mengenal Kesenian Tradisional Kompang Melayu Singapore

Direktori Wisata. – Kompang merupakan sebuah alat musik tradisional yang cukup populer di kalangan etnis Melayu. Kesenian ini tergolong dalam sebuah kumpulan alat musik gendang.

kesenian-tradisional-kompang-melayu

Pada saat Direktori Wisata melakukan perjalanan liburan di Singapore, kami juga menghadiri sebuah resepsi pernikahan adat Melayu yang terdapat di Singapore.

Sudah menjadi sebuah tradisi adat bagi masyarakat Melayu Singapore, Kompang menjadi sebuah sajian yang disuguhkan bagi menghantar pengantin lelaki ke tempat pengantin perempuan.

Dari informasi yang Direktori Wisata dapatkan, biasanya alat musik gendang yang digunakan untuk Kompang biasanya dibuat dari kulit kambing betina,.

Namun kini juga ada yang terbuat dari kulit sapi, kerbau bahakn juga ada yang terbuat dari karet sentetik.

Konon alat musik tradisional Kompang Melayu berasal dari Timur Tengah dan di yakini oleh kebanyakan masyarakat Melayu.

Kesenian ini ada sejak jaman Kesultanan Malaka yang dibawa oleh pedangang India Muslim. Ada juga yang mengatakan bahwa kesenian ini masuk melalui Jawa pada abad ke-13 oleh pedagang Arab.

Lanjut informasi…..
Pada alat kesenian tradisional Kompang ini terdapat dua bagian, yaitu pada bagian depan terdapat kulit yang sering disebut belulang, manakala, bagian badan atau kayu yang sering disebut dengan “balu”.

Alat kesenian ini perlu diletakkan, hal ini bertujuan agar bagian belulang dapat dipegang dan menghasilkan bunyi Kompang apabila di pukul dengan tangan.

Itulah sekilas hasil pembicaraan kami dengan para pemain alat kesenian tradisional Kompang yang kami temukan di acara resepsi pernikahan keluarga kami.

Baca juga : Wisata Sejarah Singapura di Kampong Glam

Bila kita perhatikan secara teliti kesenian tradisional Kompang Melayu di dalamnya terdapat beberapa kesenian tradisional yang juga ada di Indonesia, perpaduan seni dan budaya tradisi ini pun juga bisa ditemukan di Jakarta. Sepintas sama namun berbeda, seperti itulah yang bisa kta lihat dari kaca mata awam yang bukan akhlinya.

Baca juga : Jelajah Wisata Budaya di Singapura

Namun, dari kesenian tradisional yang berkembang di berbagai negara pun untuk tradisi adat Melayu, alat kesenian tradisional Kompang juga memiliki kemiripan.

Hal ini menggambarkan kepada kita bahwa sebuah nilai seni tradisi dan budaya itu dapat tetap bertahan dan terlestarikan di mana para pecinta seni tradisonal dapat mempertahankan dan mengembangkannya secara kreatif dalam menciptakan keselarasan yang indah.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. Seru juga kang bisa lihat acara pernikahan dengan adat melayu… Hampir sama kayak di Indonesia kah kang adatnya?

    • Kurang lebih hampir sama kang ๐Ÿ˜€

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
Ad Clicks :Ad Views :