Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Mengenal Kerajinan Khas Jawa Tengah

Mengenal Kerajinan Khas Jawa Tengah

Mengenal Kerajinan Dengan Tradisi Dan Budaya Khas Jawa Tengah

Direktori Wisata. – Kerajianan masyarakat lokal khas Jawa Tengah yang unik dan bernilai seni tinggi cukup terkenal di internatisional dan menjadi cagar budaya warisan dunia.

Jawa Tengah merupakan salah satu daerah Provinsi yang memiliki beragam kerajinan lokal yang cukup dikenal di kalangan wisatawan domestik hingga mancanegara. Ada banyak hasil produksi lokal yang cukup dikenal di kalangan dunia internasional.

Dari informasi yang di dapat Direktori Wisata, hasil produksi dari kerajinan khas Provinsi Jawa Tengah yang cukup dikenal internasional dan menjadi cagar budaya warisan dunia yang diakui oleh UNESCO adalah batik, wayang, dan keris. Karena ketiga kerajianan khas Jawa Tengah tesebut memiliki catatan sejarah dan asal usul yang sangat jelas, sehingga mendapat pengakuan dan perlindungan dari lembaga dunia internasional UNESCO.

Berikut merupakan kerajinan Khas Jawa Tengah yang sangat diminati oleh wisatawan domestik dan mancanegara

Kerajinan Batik Khas Jawa Tengah

Dalam hal seni dan kerajinan, busana bercorak batik menjadi bagian dari budaya Jawa. Dan informasi yang kami dapatkan batik Jawa merupakan batik tebaik di dunia. Sedangkan untuk asal usul batik sendiri berasal dari penggabungan dua kata bahasa Jawa, yaitu Amba yang memiliki arti “menulis” dan Titik. Konon, batik mulai dikembangkan di tanah Jawa sejak sebelum abad ke-17.

Dan pada awalnya batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, bahkan beberapa corak batik hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja, seperti kalangan bangsawan pada saat itu. Dengan sering waktu berjalan, kerajian batik di kawasan daerah pesisir terlihat corak yang menyerap berbagai pengaruh budaya asing, seperti pedagang atau penjajah.

batik tulis

Batik menjadi bagian dari tata busana masayrakat Jawa, baik batik formasl maupun informasl. Bila kita mengunjungi tempat wisata yang terdapat di Jawa Tengah, batik dapat dijumpai di hampir seluruh darah di jawa Tengah. dengan kekhasan masing-masing. Dan bila kita akan mengunjungi Pusat penjualan batik yang berada di Jawa Tengah kita dapat mengunjungi Kota Pekalongan dan Kota Surakarta, yang menjadi  tempat wisata belanja kerajinan batik yang terkenal di Jawa Tengah.

Sekarang ini perkembangan batik khas Jawa Tengah dapat berkembang dan lebih inovasi. Bila kita melakukan perjalanan wisata di dataran tinggi Dieng, kita dapat menemukan sebuah kerajianan batik  yang dibuat di atas kayu. Dengan sebuah lukisan tokoh-tokoh pewayangan, motif batik melkat pada keajinan yang dibuat di atas sebuah kayu. Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca : Mengenal Batik Wayang Kayu Khas Dieng.

Batik Kayu Jawa Tengah

Kerajinan Wayang Khas Jawa Tengah

Kerajinan wayang yang terbuat dari kulit dan menonjolkan unsur artistik tingkat tinggi karena keterampilan para si pembuatnya akan menghasilkan sebuah produk kerajinan yang indah.

Dalam membuat wayang, para pengrajin dituntut memiliki keterampilan untuk membuat perkamen untuk digunakan, keterampilan cetak atau gambar dan ketrampilan sepuh dengan banyaknya tingkat kerumitan yang harus mereka lalui dalam proses pembuatan wayang, dan yang paling utama adalah mereka harus mampu merinci sebauh bayangan yang akan dibuat, hal ini hanya diperuntukan bagi pengrajin wayang kulit.

Kunjungi Juga Pusat Kerajinan Blangkon Di Potrojayan, Kota Solo

Bila hasil pembuatan yang baik, maka memungkinkan cahaya yang didapat memantulkan obyek wayang yang dikehendaki. Bila kita ingin  melihat langsung para seniman pembuat wayang kulit, kita dapat datang di tempat wisata yang memiliki tempat pembuatan wayang khas Jawa Tengah, seperti Surakarta (Solo), Sukoharjo, Klaten(Tattah Sungging), Wonogiri, Sragen (wayang beber) dan Boyolali. Kawasan daerah tersebut juga menjadi tempat wisata belanja untuk kerajianan wayangg di Jawa Tengah.

Kerajinan Keris Khas Jawa Tengah

Keris atau yang dikenal dengan sebuatan Tosan Aji, merupakan senjata tradisional bangsa Indonesia. Kehadiran kersi dikenal sejak lama. Keindahan yang dimiliki dri masing-masing keris dapat dilihat dari ukiran yang dimilikinya. Banyak lokasi tempat pembuatan keris yang terdapat di daerah Provonsi Jawa Tengah.

keris

Dan salah satu tempat wisata yang dapat kita kunjungi untuk tempat kerajinan pembuatan atau pun pemasaran keris Jawa Tengah, kita dapat mengunjungi tempat wisata belanja di daerah Yogya, Solo, dan sebagainya.

Kerajinan Kain Tenun Lurik Khas Jawa Tengah

Lurik merupakan tenun tekstik yang dibuat dengan menggunakan alat tenun, bukan yang dibuat dari mesin. Kain tenun ini cock untuk pakaian atasan, tempat tidur, sarung, ataupun selomut, namun kerajinan ini juga dapat sebagai hiasan rumah yang dapat tergantung di dinding. Kerajian kain tenun lurik dapat kita temukan di Desa Troso, yang dikenal sebagai “Lurik Troso” di Kabupaten Jepara dan daerah Pedan Kabupaten Klaten.

Kunjungi Juga : Kerajinan Tenun Tradisional, Janti, Klaten

Kerajinan Pahat Batu Khas Jawa Tengah

Tempat kerjinan pahat batu terletak di Jalan utama menuju Muntilan dari Borobudur atau Magelang, di tempat tersebut tersebut kita akan banyak menemukan para pengrajin pahat batu yang memproduksi patung-patung klasik, tokoh atau hewan, hiasan air mancur, ornamen hingga peralatan dapur seperti cobek. Sedangkan untuk kerajinan pahat batu akik dapat kita temukan di lokasi wisata Sangiran, Kabupaten Sragen.

Kerajinan Logam, Tembaga, Kuningan Khas Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah memproduksi aneka kerajinan logam, termasuk pengecoran besi, kuningan, tembaga dan perak. Industri kerajinan tembaga dan kuningan dapat ditemukan di desa Tumang -Boyolali, Juwana -Pati, Temanggunga dan Rembang. Para pengrajin tembaga menghasilkan produk lampu berdiri, vas, furnishing dan lainnya. Sedangkan untuk kerajinan gamelan dan keris terdapat di Desa Wirun -Sukoharjo.

Baca juga : Rumah Produksi Gamelan di Sukoharjo

gamelan-jawa

Kerajinan Furniture Dan Pahat Kayu Khas Jawa Tengah

Daerah Tahunan atau Desa Mulyoharjo di Kabupaten Jepara terkenal sebagai pusat funiture dan ukiran kayu berkualitas yang sangat diminati hingga pasar luar negeri. Sedangkan untuk Kabupaten Blora dikenal dengan kawasan yang memiliki produksi kerajinan bubut kayu jati atau Gembot.

Di mana dikedua wilayah Kabupaten ini kita dapat melihat langsung kerajianan khas yang memiliki nilai seni yang tinggi. Daerah-daerah tersebut sebagai tempat wisata belanja kerajinan furniture dan pahat kayu di Jawa Tengah.

Kerajinan Keramik Khas Jawa Tengah

Pesat para pengrajian keramik yang memiliki hasil pembuatan keramik yang indah, kita dapat menemukan di daerah Kecamatan Klampok Kabupaten Banjarnegara, Desa Melika Kabupaten Klaten, dan Desa Malahayu Kabupaten Brebes. Di mana daerah-daerah tersebut memproduksi aneka guci, periuk dan hiasan rumah lainnya, dan menjadi pusat tempat wisata belanja kerajinan keramik di Jawa Tengah.

Tempat kerajinan khas Jawa Tengah tersebut di atas merupaka sebagain kecil dari rumah hasil produksi yang berada di daerah Provinsi Jawa Tengah yang dapat kita kunjungi pada saat melakukan perjalanan wisata di daerah Jawa Tengah. 

Keragaman nilai kerajinan masyarakat lokal tersebut merupakan bagian dari potensi wisata Jawa Tengah  yang dapat terus dikembangkan terarah agar tercipta nunasa tempat wisata belanja kerajinan daerah sebagai salah satu kekayaan aset daerah Provinsi Jawa Tengah yang tidak ternilai harganya.

Adapun hasil dari kerajinan khas Jawa Tengahdapat sahabat Direktori Wisata saksikan pada pesta adat Jawa yang diselenggarakan untuk prosesi pernikanan seperti yang terdapat di dalam tayanganvideo di bawah ini.

Baca juga : Wisata Edukasi mengenal Produksi Khas Dieng

Mengunjungi kawasan Provinsi Jawa Tengah, kita bukan hanya mengenal keindahan alam yang begitu pesona, namun kita juga dapat lebih dekat mengenal potensi kearifan lokal seni dan budaya masyarakatnya lebih dekat, dengan mengenal kerajian khas Jawa Tengah.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

21 Comments

  1. jawa tengah benar2 kaya akan kerajinan tangan ya mas, hmmm benar2 menarik utk dieksplorasi 😀

    • Benar Mba Indri, Jawa Tegah terkenal dengan tempat kerjinan tangan yang memiliki nilai seni tinggi dan menjadi salah satu destinasi wisata belanja kerajinan yang banyak diminati oleh para wisatawan. 😀

      • Saya juga bangga loh, coz sy salah satu bagian warga sana hihi

        • Ternya Mba Susi orang Jawa Tengah juga ya, berarti banyak tahu tentang tempat wisata belanja kerajinan khas Jawa tengah ya ? wah,,,, jadi malu saya nih…. 😀

  2. orang jawa tengah hadir nih pak ,,,, hehehe

    • Enak bila banyak para warga Jawa Tengah yang dapat hadir di sini dengan memperkenalkan potensi wisata daerahnya dengan obyek wisata belanja untuk kerajinan di sana ya… 😀

  3. Yang saya suka dari blognya mas Indra ini, selalu memberi artikel bermanfaat seputar kekayaan alam dan budaya Nusantara di tambah foto2 nya pun full originil by adminnya..

    Terus gali dan tetap berbagi ya mas, sukses terus uhtuk kedepannya 🙂

    • Amiiin….. Terimakasih Mba Susi atas doanya, semoga menjadi manfaat artikel tentang kerjainan khas Jawa Tengah ini dan yang lainnya untuk kepentingan bersama bagi para sahabat dan pecinta Direktori Wisata. 😀

  4. kalau daerah saya(jatim) ngomongin batik yg terkenal ya batik pekalongan mas

    • Benar Mas Yanto, salah satu pusat kerajianan Batik di Jawa Tengah yang cukup dikenal namanya ada di Kota Pekalongan ya…. 😀

  5. yaa allah subhannallah ternyata kerajinan di jawa tengah ini banyak dan sangat beragam sekali yah mas 🙂

      • Nah itulah, kita bisa saling membari dan menerima jadi tahu segala informasi tempat kerjainan khas Jawa Tengah ya Mas… 😀

  6. kalau kerajinan wayang nggak begitu terkenal sampai kedaerahku layaknya batik mas

    • Nanti ada waktunya tempat wisata kang Yanto ya…. sama seperti potensi yang ada di Provinsi Jawa Tengah ini. 😀

  7. wayang dan keris yang menjadi favorit saya. wayang banyak mengadung unsur pendidikan yang baik.

  8. jadi ingat dulu waktu belajar gamelan jawa. salut buat seni dan budaya jawa tengah.

  9. keragaman kerajinan khas daerah cerminan budaya luhur ya Pak. Melacak batik wayang kayu khas Dieng-nya ah
    Terima kasih ya Pak, belajar keelokan kearifan lokal di sini.
    Salam

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :