Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Bali / Mengenal Kain Tenun Endek Bali

Mengenal Kain Tenun Endek Bali

Mengenal Kerajinan Kain Tenun Endek Bali

Direktori Wisata.- Jalan-alan ke Bali kurang lengkap bila kita tidang mengenal produk kain tenun endek Bali ini. Bagi masyarakat Bali.

Kain tenun bukan semata buah keterampilan turun-temurun, lebih dari itu kain tenun endek Bali telah menjadi identitas kultural dan artifak ritual.

Kain tenun Ende Bali

Sebagai daerah tujuan wisata kain tenun Bali banyak dijadikan cederamata yang kemudian berkembang menjadi komoditas ke dunia fashion berbasis budaya

Sabagai informasi, masyarakt Bali sebagian besar masih mengusai keterampilan mennun yang diajarkan secara turun-temurun yang menjadi rutinitas keseharian mereka.

Teknik yang digunakan adalah tenun ikan. Salah satunya adalah tenun endek yang digunakan sebagai pakaian sehari-hari.

Konon, untuk proses menghasilkan sehelai kain tenun ikat dmulai dengan memintal benang. Kemudian benang dibentangkan di alat perentang, dan helaiannya diikat dengan tali rafia sesuai pola ragam hias dan warna yang diinginkan.

Setelah pengikatan berpola tersebut, benang yang sudah diberi warna kemudian di gintir atau dipilah, kemudian ditenun menjadi kain.

Bila kita jalan-jalan di Bali kita akan menemukan banyak informasi tentang kain tenun, ada beberapa kreasi baru yang telah diterapkan dalam pengaturan dalam motif ragam hias ikat dan juga dalam hal kreasi pewarnaan. Dengan corak yang terkait ritual dan dianggap sakral tetap dipertahankan dan tidak diubah.

Setelah itu selebihnya disesuaikan dengan sikap orang Bali yang terbuka dengan corak-corak baru yang diambil dari alam sekitarnya.

Seperti corak bunga dan daun. Dan kita dapat membeli kain tenun endek Bali ini sebagai oleh-oleh atau pun buah tangan untuk keluarga atau pun kerabat selama liburan di Bali.

Demikian pula dalam pewarnaan, tenun Bali umunya berwarna cerah yang kemudian dikreasi dengan warna baru yang lebih natural, warna patel dengan bahan pewarna alam.

Itulah sebagai kecil keterangan yang bisa Direktori Wisata bagikan kepada para pembaca setia, untuk Mengenal Kain Tenun Endek Bali. Dan kita dapat membeli kain tenun endek Bali ini sebagai oleh-oleh atau pun buah tangan untuk keluarga atau pun kerabat selama liburan di Bali.[]

Sumber : Dirkltori Wisata Bali

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

  1. Kain Tenun Bali yang khas dan cocok untuk oleh-oleh pada saat liburan di Bali nih gan.

  2. kain tenun endek bali coraknya mirip kain dayak kalimantan ya mas, keren 🙂

    salam wisata

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :