Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Dieng / Mengenal Batik Wayang Kayu Khas Dieng

Mengenal Batik Wayang Kayu Khas Dieng

Mengenal Seni Batik Wayang Kayu Sebagai Souvenir Khas Dieng

Direktori Wisata.- Batik wayang kayu merupakan salah satu kerajinan lokal masyarakat Dieng yang terbuat dari kayu pilihan. Terbuat dari bahan dasar kayu “cemeti” yang merupakan kayu khas Dieng.

Mengenal dari dekat pembuatan kerajinan batik wayang kayu yang dihasilkan oleh penduduk dataran tinggi Dieng, akan menambah cakrawala pengetahuan kita mengenal kriya lokal buatan khas Dieng.

Batik Kayu biasanya dibuat untuk souvenir oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung di dataran tinggi Dieng.

wayang-batik-kayu

Sebenarnya souvenir Batik Wayang Kayu yang terdapat di Dieng, secara sepintas sama dengan souvenir dari daerah lainnya. Namun, yang membedakannya adalah bahan dasar kayunya diambil dari pohon cemeti yang banyak tumbuh di kawasan daerah dekat Danau Sembungan dengan ketinggian 2.300 meter di atas permukaan laut.

Konon menurut informasi yang didapat Direktori Wisata di lokasi. Tanaman pohon Cemeti dalam khasanah budaya dikenal sebagai pohon yang istimewa dan dikeramatkan. Pohon ini dipercaya memiliki aura magis, dan digunakan oleh sebagian masyarakat dalam seni pertunjukan kesenian tradisional untuk membuat kesurupan. Biasanya pohon Cemeti banyak digunakan oleh para pelaku kesenian tradisional ebeg.

Terlepas dari cerita sebuah mitos kepercayaan yang berkembang di masyarakat lokal tentang pohon cemeti yang dijadikan bahan dasar pembuatan batik wayang kayu sebagai souvenir, bentuk serat dari kayu cemeti ini sangat halus sehingga sangat mudah bagi para pengrajin dalam mebuat gambar tokoh-tokoh wayang yang diinginkan, serta dalam proses pembuatan Batik di atas kayunya.

Untuk sebagian dari kita mungkin sudah terbiasa melihat proses pembuatan batik di atas kain, dan juga proses pembuatan wayang kulit maupun wayang golek. Namun, bila kita mengunjungi tempat wisata Dieng Plateau, kita akan menemukan tempat pembuatan batik wayang kayu yang di produksi oleh masyarakat lokal Dieng sebagai souvenir khas Dieng.

Proses pembuatannya hampir sama seperti membuat batik tulis di atas kain, namun kali ini batik dibuat diatas kayu yang telah di potong. Canting yang berisi dengan nilam panas tinggal diarahkan secara benar dan teratur mengikuti setiap garis pada gambar yang terdapat di atas kayu. Setelah semua selesai, kayu tinggal diberi warna sesuai dengan warna pilihan.

Batik wayang kayu khas Dieng ini merupakan salah satu potensi kerajinan lokal masyarakat dataran tinggi Dieng yang menarikuntuk ditelusuri. Dari sinila kita dapat mengetahui dan  mengenal potensi daerah wisata yang dapat menggerakan perekonomian masyarakat Desa. Bila kita ingin mengetahui lebih jauh potensi kerajinan okal dari masyarakat Jawa Tengah, silahkan baca ; Mengenal kerajinan khas Jawa Tengah.

Namun, dari semua proses pembuatan batik wayang kayu ini hal yang terpenting dalam pekerjaanya harus dilakukan dengan jiwa dan pikiran yang tenang, maka semua hasil proses pembuatannya pun akan menghasilkan sebuah nilai karya kreatif yang menarik dan unik. Dan untuk harga sebuah wayang batik kayu di Dieng relatif terjangkau, dan bisa menjadi oleh-oleh perjalanan wisata pada saat kita mengunjungi kawasan dataran tinggi Dieng.Bila menuju tempat wisata Dieng, jangan lupa mampir di kawasan tempat pembuatan Batik Wayang Kayu Khas Dieng.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

31 Comments

  1. JADI MAKIN PENASARAN SY DG DIENG NIH ,,,

    • Yuk wisata ke Dieng mas, ada banyak yang bisa kita temukan di tempat wisata Dieng loh…. 😀

  2. ternyata ada sejarahnya juga ya kang tentang pohon cemeti ini yang digunakan sebagai bahan dasar batik wayang kayu…

    • Benar kang, inilah yang unik dari produksi lokal masyarkat Dieng mengenai batik wayang kayu khas buatan Dieng. 😀

  3. unik, medianya kayu
    cocok banget jadi souvenir
    dieng kaya ragam budayanya

    • Media untuk pembuatan batik wayang kayu ini memang unik, karena keunikan inilah para pembuat souvenir, souvenir ini sangat khas sekali loh kang…… 😀

  4. Bener banged,. Pekerjaan seperti membuat Wayang Kayu ini memerluka ketelitian dan ketenangan yang luar biasa. Kalau sudah kondisinya tenang damai gitu konsentrasi penuh bisa dilakukan dalam proses produksi wayang ini

    • Kang asep kan udah pernah bikin kan, soalnya

      • Bena kang Asep dan Kang Pur, sanga diperlukan ketelitian dan kesabaran untuk membuat wayang kayu ini. 😀

  5. proses pembuatannya juga harus rapi iya mas biar kelihatan istimewa hehehehe

    • Pake h dong istimewa nya ..biar afdol

      • Benar Mba Ipan, kalau hasilnya jelek nanti malah tidak ada yang minat dengan produk batik wayang kayunya, dan biar sempurna dan afdol bisa mengikuti saran Mas Purnomo tuh 😀

  6. Wayangnya agak beda sama wayang daerah lain ya mas, khas banget kayaknya 🙂

    • Yang membuat khas kayu yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan batik wayang kayunya mas, apalagi kalau hasil pembuatannya bagus, pasti mahal deh harganya. 😀

  7. Ternyata memang beneran dibatik pakai canting ya Mas? Saya kira cuma dilukis.. Keren sangat ini.. Semoga bisa ke Dieng dalam waktu dekat ini. Sudah lama sekali punya keinginan ke sana.. Terima kasih informasinya, Mas Indra.. 🙂

    • Benar Uda Virzon, wayang batik kayu ini dibuat dengan menggunakan canting untuk proses batiknya. Nanti bila mai ke dataran tinggi Dieng dapat melihat di rumah produksi batik wayang kayu khas Dieng ini. 😀

  8. ngerjainya kayak mau sholat ya, harus jiwa yang tenang dsb, hahah mantap, menambah pengetahuan hari ini

    • Setiap pekerjaan apapun bila dapat dilakukan dengan hati yang jernih dan pikiran bersih, akan mnghasilkan pekerjaan yang bagus juga loh kang…… tidak hanya proses pembuatan batik kayu khas Dieng ini saja . 😀

  9. mantep,,pembuatannya tidak beda jauh dengan batik di kain ya mas?

    • Benar Sob, hanya saja ini dengan menggunakan kayu. jadi disebutnya dengan batik wayang kayu. 😀

  10. pembuat batik kayu ini harus punya jiwa seni yamas

    • Dari informasi yang saya terima jiwa seni mereka tumbuh karena terbiasa dalam melakukan sebuah kreatifiatas di atas kayu ini mas, dan tentunya ini di buat melalui banyak orang pada walnya, karena ada yang memotong kayunya, bahkan yang melukis dari tokoh-tokoh wayang yang akan digambar dan dibuat batik dengan canting. 😀

  11. Membatik di wayang, sungguh suatu seni yang menakjubkan. Baru kali ini saya tahu.

    • Seni membatik di kayu dengan mebuta tokoh wayang ini pun juga hasil saya baru menemukan di dataran tinggi Dieng Mas. 😀

  12. wah ternyata pindah ngopeni blog yang ini toh kang Indra, maaf kang saya baru tahu. ijin follow dulu nih blognya & makasih pengenalan batik wayangnya..

    • Iya mas, tapi masih suka mondar-mandir di blog sebelah juga ko. he,, he, he,, 😀

  13. Jurnal Evi Indrawanto berkata:

    Walau sudah beberapa kali ke Dieng, saya belum pernah melihat batik kayu ini, Pak Indra. Nanti ah kalau datang lagi, mau memperhatikan dengan cermat

    • Maklum mba, kalau saya kan mah selalu penasaran dengan hal yang baru, apalagi dengan sebuah hasil produk lokal yang unik-unik, sepertinya harus diperkenalkan untuk diketahui masyarakat luas gitu….. 😀

  14. motif nya keren ya mas batik wayang ini, cocok buat kondangan ya 😀

    • Nah loh….. ko ke kondangan pakai batik wayang kayu ? 😀

  15. Terpikat dengan kayu cemeti lanjut browsing belum terlalu ngeh apakah seperti gaharu ya
    Wow beneran dibatik dengan canting juga ‘malem’ panas seperti kain ya
    Kayanya budaya Nusantara.
    Salam

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :