Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Dieng / Menelusuri Jejak Anak Bajang Di Dieng

Menelusuri Jejak Anak Bajang Di Dieng

Menelusuri Jejak Anak Bajang Di Dieng Plateau

Direktori Wisata – Anak Bajang merupakan salah satu cerita legenda masyarakat Dieng. Konon cerita ini di latar belakangi dengan kehadiran seorang tokoh spiritual yang cukup dikenal sebagai cikal bakal dari pengusa daerah dataran tinggi Gunung Dieng yang berada di jawa Tengah yang bernama Kyai Kaladete yang dianggap sebagai leluhur yang hingga kini masih menjadi historis di tengah masyarakat Dieng.

wisata-dieng

Pada pejalanan wisata di kawasan Desa Wisata Sembungan Dieng, kita akan mendapatkan sebuah kisah cerita legenda tentang Anak Bajang Dieng. Dan menurut informasi yang Direktori Wisata terima di lokasi Desa Sembungan, yang di maksud dengan anak bajang adalah anak penduduk masyarkat lokal dataran tinggi Dieng yang memiliki rambut ikal (gembel).
Konon menurut cerita, anak-anak tersebut awalnya tidak memiliki rambut yang ikal (Gembel). Dan keberadaan rambut gembel yang tumbuh di kepala anak tersebut dengan sendiri berubah secara alami. Gejala-gelaja yang akan di alami anak tersebut seblumnya akan terserang demam yang tinggi secara terus menerus yang di sertai dengan perilaku sering marah atau “ngomel” dalam bahasa Jawa-nya.

Sedangkan untuk perubahan rambut si anak bajang tersebut menjadi normal hanya dapat di lakukan atas permintaan anak tersebut sendiri untuk di potong rambutnya dengan memenuhi segala permintaan yang diinginkan oleh si anak. Untuk proses pemotongan rambut anak bajang di kawasan wisata dataran tinggi Dieng di lakukan dengan proses upacara adat yang di pusatkan di kawasan Komplek Candi Arjuna Dieng.

Bila kita menginap di penginapan kawasan wisata dataran tinggi Dieng di rumah penduduk setempat yang menjadikan rumah tinggalnya sebagai tempat penginapan bagi para wisatawan, kita akan medapatkan segala informasi pengetahuan tentang cerita legenda masyarakat lokal Dieng seperti “Anak Bajang” ini. Apalagi bila kita mendapatkan informasi cerita kisah “Anak Bajang” dataran tinggi Dieng dari para tokoh masyarakat setempat.

Namun, untuk menemukan anak-anak penduduk lokal Dieng yang berambut gimbal tidaklah mudah. Dari pengalaman perjalanan wisata kali ini, saya pribadi tidak menemukan salah satu atau pun seorang anak dari penduduk asli Dieng yang memiliki rambut gimbal. Ya, mungkin saja keberadaan mereka di kawasan tempat wisata Dieng yang saya kunjungi ini sudah tidak ada atau mereka tidak sedang keluar rumah. Karena keberadaan dari anak-anak Dieng yang berambut gimbal tidak banyak, maka pada hari biasa keberaan mereka tidak mudah untuk ditemukan di lokasi dataran tinggi Dieng. ( Baca Juga : Tempat Wisata Dieng Yang Menarik Dikunjungi )

Baca juga : Cara Liburan Ke Tempat Wisata Dieng

Menurut informasi bila kita ingin Menelusuri Jejak Anak Bajang Di Dieng, kita dapat menyaksikan upacara adat yang menjadi tradisi masyarakt lokal dataran tinggi Dieng yang melakukan pemotongan rambut anak gimbal kita bisa datang pada bulan Juli – Agustus, biasanya pada bulan tersebut sering dilaksanakan prosesi upacara adat sekaligus mengelar tradisi acara “Festival Dieng” yang melibatkan seluruh warga masayakat lokal dan pemerintah daerah berkumpul bersama dalam satu tempat yang telah di sediakan untuk menyelenggarakan upara adat ruwatan rambut Gembel yang merupakan tradisi budaya bagi masyarakat Pegunungan Dieng. Di acara itulah kita akan mendapatkan segala informasi dan pengetahuan tentang Jejak Anak Bajang Di Dieng.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :