Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Gorontalo / Menara Keagungan Limboto, Tiruan Menara Eiffel yang Istimewa di Gorontalo

Menara Keagungan Limboto, Tiruan Menara Eiffel yang Istimewa di Gorontalo

/

Directory Rekreasi – Menara Keagungan Limboto sebagai menara dengan tinggi 65meter yang ada di Kota Limboto, Gorontalo.

Menara Keagungan Limboto, Tiruan Menara Eiffel yang Istimewa di Gorontalo

Memiliki bentuk kelihatan nyaris seperti Menara Eiffel di Prancis. Kontruksi dari menara ini dengan memakai baja dan habiskan bujet sampai 8,6 Milyar rupiah. Disahkan di tanggal 2003, menara ini sekarang jadi lambang Kota Limboto dan jadi tujuan rekreasi favorite di Gorontalo.

Menara ini mempunyai 5 lantai. Pada lantai pertama, mempunyai ketinggian 10 mtr. dan bisa memuat sekitar 200 orang. Seterusnya pada lantai dua, ketinggian 14 mtr. dan bisa memuat sekitar 120 orang.

Pada lantai ini ada restaurant dan tempat santai. Pada lantai ke-3  dengan tinggi 30 mtr. bisa memuat 40 orang dan dipakai sebagai tempat jual kenang-kenangan ciri khas Gorontalo.

Seterusnya pada lantai ke-4 mempunyai ketinggian 39 mtr. cuma bisa memuat 10 orang, dalam pada itu pada ke-5 mempunyai ketinggian 58 mtr. cuma bisa memuat 10 orang.

Baca juga : Pantai Botudidingga, Liburan Bahari Unggulan Gorontalo Utara

Pucuk Menara Keagungan sendiri yang disebut titik paling tinggi berupa kubah dengan ketinggian 65 mtr.. Ada dua opsi untuk naiki menara ini, yakni dengan memakai lift atau memakai anak tangga.

Daya Ambil yang Dipunyai Menara Keagungan Limboto

Menara Keagungan ini sempat sepi pengunjung sesudah sekian tahun disahkan, tetapi dengan ditambahkannya daya magnet baru membuat tempat ini kembali didatangi. Menara yang menjadi satu diantara icon dari Kota Limboto, sekarang menjadi satu diantara tujuan rekreasi yang terkenal di Gorontalo. Menara ini bersisihan dengan beberapa lokasi yang bisa juga Anda datangi yang lain.

1. Tiruan Menara Eiffel

Wujud dari menara ini sepintas serupa dengan Menara Eiffel yang berada di Paris. Banyak yang menyebutkan, menara icon Kota Limboto ini sebagai tiruan Menara Eiffel. Karena memiliki bentuk yang unik itu dan serupa dengan bangunan yang populer di dunia, tidaklah aneh bila menara ini jadi daya magnet pengunjung untuk tiba dan menyaksikan sendiri bangunan istimewa ini dan menjadikan spot photo.

Daya Ambil yang Dipunyai Menara Keagungan Limboto

Selainnya nikmati menara di luar, pengunjung dapat naik menara. Dari lantai pertama sampai ke-3 , pengunjung bisa memakai tangga atau lift. Dan bila ingin naik kembali pada lantai ke-4 dan ke-5, pengunjung cuma bisa memakai anak tangga. Meskipun begitu, dari lantai empat dan lima ini, pengunjung bisa menyaksikan panorama alam Gorontalo dan Danau Limboto dari ketinggian.

2. Lampu Hias

Sesudah alami pengurangan jumlah pengunjung, Menara Keagungan Limboto ini sekarang mulai dilirik kembali sesudah mempunyai lampu hias yang menerangi tiap sudutnya di waktu malam hari. Lampu hias ini membuat menara terlihat meriah dan istimewa. Beragam warna yang disuguhi jadi daya magnet pengunjung untuk tiba nikmati situasi malam sekalian menyaksikan beberapa lampu berkilauan.

Ada sekitaran 1.000 unit lampu pizel dan sekitar 200 unit lampu sorot terpasang di menara ini yang bisa disamakan dengan tema-tema tertentu. Ada juga 110 unit lampu LED untuk membikin tiruan Menara Eiffel ini makin elok saat malam hari. Beberapa lampu ini diharap bisa tingkatkan jumlah pengunjung hingga meningkatkan bidang pariwisata wilayah.

Pada perayaan tertentu, seperti pada tahun baru, menara ini jadi tempat favorite untuk menanti penggantian tahun. Pengunjung bisa menyaksikan atraksi kembang api dan beberapa lampu menara menambahkan meriah dengan beragam warna yang cantik.

3. Mushola Agung Baiturrahman Limboto

Mushola Agung ini jadi daya magnet karena sebagai mushola paling besar di Kabupaten Gorontalo. Disamping itu arsitektur dari mushola ini sebagai peraduan dari aristektur style nusantara dan Arab dengan ciri-ciri yang terlihat pada atap yang berupa limas dan 7 buah kubah.

Dinding mushola dikuasai dengan warna putih dengan sedikit sentuhan abu-ab. Sedang mihrab dicat warna putih dengan gabungan hitam dan emas.

Baca juga : Masjid Walima Emas, Tujuan Rekreasi Religius Memiliki nuansa Alam di Gorontalo

Bersisihan dengan Menara Keagungan, mushola ini terlihat istimewa. Saat malam hari, beberapa lampu mushola bersatu dengan lampu menara yang berwarna-warna kelihatan benar-benar menarik terlihat di atas. Karenanya, mushola ini menjadi satu diantara daya magnet pengunjung.

4. Taman Budaya Limboto

Taman Budaya Limboto sebagai salah satunya ruangan terbuka hijau baru di Limboto. Ada tidak jauh dengan menara, taman ini jadi rekreasi terbuka dan sekaligus juga jadi tempat untuk memberi pengetahuan umum mengenai kesenian dan ikon-ikon utama di Gorontalo. Pemerintahan sudah mendapatkan perhatian oleh pemda Kabupate Gorontalo.

Rencana pembangunan sudah dipersiapkan untuk taman ini ibarat gedung teater dan seni, balkon demokrasi, dan infrastruktur yang lain. Taman ini mempunyai icon yakni monument Al-Quran raksasa, ada ornamentt-ornament tradisi terpampang di situ. Sekarang, taman ini mempunyai air mancur pelangi yang terlihat benar-benar elok saat malam hari.

Taman Budaya Limbodo jadi daya magnet tersendir bila bertandang ke menara iconic Limboto ini. Karena tempatnya yang paling dekat, karena itu pengunjung banyak juga yang singgah untuk nikmati taman dengan luas dua hektar ini.

Alamat, Jalur Lokasi dan Harga Ticket

Menara Keagungan Limboto ada di Jl. Baso Bobihoe, Kota Limboto. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Gorontalo. Cuma sekitaran 14 km atau 26 menit saja bila memakai jalur Jl. Prof Dr. H.B. Jassin dan Jl. Ahmad A. Wahab. Agar semakin memudahkan, Anda bisa memakai program untuk ke arah ke situ. Anda dapat memakai kendaraan individu baik beroda 2 atau beroda 4.

Baca juga : Wisata Pantai Tanjung Karang Donggala Nan Eksotis

Menara Keagungan Limboto bisa menjadi satu diantara rekreasi keluarga opsi karena murah dan meriah dan menyajikan daya magnet tertentu untuk pengunjung baik lokal atau luar negeri. Untuk ticket masuk sendiri murah. Anda perlu bayar sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Menara Keagungan

Menara Limboto dapat menjadi satu diantara tujuan untuk rekreasi keluarga. Tempatnya yang nyaman bisa dipakai untuk bergabung dengan keluarga. Banyak juga aktivitas yang bisa dilaksanakan di tempat rekreasi ini. Misalkan saja beberapa aktivitas berikut ini.

Menara Keagungan Limboto Gorontalo

1. Naiki Menara

Anda dapat nikmati menara di taman sekitaran dan cuma menjadikan sebagai spot photo. Tetapi, coba naik ke atas menara akan  lebih membahagiakan. Makin Anda ada pada ketinggian, Anda bisa menyaksikan panorama yang cantik di bawahnya. Karenanya, bila berkunjung menara ini akan berasa lebih komplet bila masuk juga dan menaikinya untuk menambahkan pengalaman liburan yang lain.

2. Santai

Anda bisa santai dengan keluarga di taman sekitaran menara. Jalan-jalan sekalian nikmati tiruan Menara Eiffel dan berkunjung beberapa lain tempat disekelilingnya pasti membahagiakan. Disamping itu Anda dapat naiki menara dan santai di atas ketinggian. Karena telah disiapkan tempat untuk pengunjung santai di lantai dua.

Baca juga : Goa Londa:: Tempat Wisata Makam di Tana Toraja

Pada lantai dua ini ada restaurant. Anda bisa isi perut nikmati sajian di atas ketinggian 14 mtr.. Pasti jadi pengalaman yang cukup unik untuk isi perut dalam suatu menara sebagai rekreasi favorite Gorontalo ini.

3. Rekreasi Malam

Menara Keagungan Limboto sebagai lokasi yang benar-benar cantik saat malam hari. Ini sudah pasti tidak terlepas karena ada banyak beberapa lampu hias setiap pojok menara. Beberapa lampu yang semarak ini membuat menara iconic ini jadi lokasi yang pas untuk rekreasi malam. Ditambah dengan air mancur pelangi di taman limboto yang terlihat benar-benar elok saat malam hari.

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi

Menara Keagungan Limboto mempunyai konstruksi yang diprediksi bisa bertahan sampai beberapa ratus tahun. Sampai sekarang ini pemerintahan terus lakukan pemantauan dan pengujian. Dengan begitu, akan dijumpai beberapa bagian bangunan yang kiranya perlu untuk diperbarui.

Karena ada pembaruan ini, karena itu diharap kontruksi akan makin kuat. Pengunjung dapat berkunjung menara ini sampai kapan saja. Disamping itu, pembaruan ini akan menghindari bangunan jadi kembali tidak terurus seperti yang sempat terjadi sekian tahun kemarin.

Baca juga : Pesona Celebes Canyon di Ule Barru Sulawesi Selatan

Selainnya kontruksi yang kuat, menara ini mempunyai beberapa sarana lain. Ada mushola yang tidak jauh dari menara hingga pengunjung bisa melaksanakan ibadah secara nyaman. ada lift, walau cuma sampai lantai ke-3 . Dan disiapkan toilet umum. Diharap, sarana di tujuan rekreasi ini makin diperbarui lebih bagus serta lebih komplet hingga pengunjung dapat semakin nyaman.

Menara Keagungan ini sebagai salah satunya icon dari Kota Limboto, Kabupaten Gorontalo. Mempunyai wujud seperti Menara Eiffel jadi daya magnet tertentu untuk beberapa pengunjung. Ditambah dengan ada beberapa lampu yang meriah. Bila sarana dan fasilitas di rekreasi ini selalu ditambahkan dan diperbarui, karena itu pengunjung akan makin tingkatkan ekonomi warga.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :