Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Photography / Membuat Foto Landscape Traveling

Membuat Foto Landscape Traveling

Cara Mudah Membuat Foto Landscape Pada Saat Traveling

Direktori Wisata – Membuat atau menciptakan sebuah foto landscape saat traveling yang bagus biasanya banyak dihasilkan oleh para pecinta dunia seni fotografi.

Bagi kita yang senang menghabiskan waktu liburan dengan membawa kamera kesayangan, tentunya salah satu kegiatan yang tidak terlupakan adalah mengambil gambar foto pemandangan alam yang bisa kita dapatkan selama perjalanan liburan.

Cara Membuat Foto Landscape Saat Traveling

Sebuah hasil foto landscape traveling yang indah merupakan salah satu impian bagi para pecinta dunia fotografer. Karena banyak faktor pendukung yang harus saling berkaitan dengan masalah teknik, alam, dan perasan kita pada saat melakukan eksekusi bidikan melalui lensa kamera yang kita bawa.

Dari hasil diskusi dengan para travel photography baik itu secara langsung maupun di beberapa forum diskusi kami mencatat ada beberapa teknik mudah menghasilkan foto landscape yang bisa kita terapkan seperti mengunakan slow speed, melibatkan air yang ada di sekiatar obyek foto sebagai refleksi, menggunakan momen waktu pada saat sunrise atau sunset (matahari terbenam), dan mencari sudut pandang untuk pengambilan gambar foto yang baik di lokasi.

Salah satu contoh foto landscape dari hasil penerapan diskusi dengan para travel photography yang saya tampilkan dalam postingan kali ini dengan mengambil konsep sunset. Kenapa kami senang mengambil contoh foto dengan konsep sunset ?

Foto Landscape

Karena bagi kebanyakan para pecinta dunia fotografi waktu sunset tersebut merupakan sesuatu yang romantis sebagai ungkapan kata hati yang tertuang dalam hasil gambar foto landscape yang kita hasilkan.

Hal yang terpenting disini adalah, setiap hasil foto sunset landscape akan memberikan sebuah nilai tambah tersendiri bagi penikmatnya, karena dari setiap foto yang kta dapat hasilkan akan memberikan kesan dan cerita yang berbeda setiap gambar fotonya.

Cahaya biasanya matahari yang memenuhi frame dengan cahaya kuning akan memberikan kehangatan kehidupan, namun pada momen ini akan memberikan kesan pada hasil foto landscape dengan nuansa yang menarik.

Bila kita perhatikan dengan perlahan, maka kita akan merasakan hasil dari cahaya matahari yang lebih lembut pada saat “Golden Hour”, di sinilah para fotografer profesional selalu menyebutnya waktu yang tepat bagi kita untuk mendapatkan exsposure yang tepat untuk keseluruhan pemandangan bidikan dari dalam lensa kamera kita.

Lanjut……
Untuk menghasilkan sebuah foto landscape saat traveling usahakan agar kita tidak terpaku dengan sebuah sudut pandang . Karena tidak ada aturan baku untuk sebuah sudut pandang untuk pengambilan foto landscape. Karena dari setiap sudut foto yang kita dapat, akan menghasilkan gambar foto landscape yang berbeda. Bila kita hanya membawa satu lensa, maka kita dituntut untuk lebih banyak bereksperimen berbagai macam sudut pandang pengambilan gambar foto.

Sedangkan dalam informasi teknik penambahan yang kami dapatkan, untuk menghasilkan gambar obyek foto landscape yang baik kita harus melengkapinya dengan penambahan foreground yang menarik di setiap obyek di dalam frame foto kita. Untuk letak foreground itu sendiri posisinya ada diantara obyek utama dan diantara lensa, dan ini sudah merupakan aturan baku yang telah ditetapkan oleh para fotografi profesional. Dimana ada foreground dan background dalam satu frame. Untuk mencoba teknik ini kita bisa menggunakan format vertikal maupun orizontal.

Baca juga : Cara Menjadi Travel Photography

Sedangkan untuk foto landscape yang baik, akan terlihat lebih manis bila ditambah dengan format panorama, yaitu dengan menggunakan lensa wide angle. Biasanya fasilitas format panorama sekarang sudah terdapat di dalam foto digital, baik yang poket smarphoe atau pun profesional.

Baca juga : Jalan jalan Ala Photography Discovery Travel

Mungkin bagi sebagian kita akan pusng dengan teknik dasar foto grrafi untuk dapat menghasilkan gambar foto landscape tareveling yang bagus. Namun, sebenarnya yang terpenting di sini adalah selagi kita terus melakukan latihan sesuai dengan kegemaran kita dalam dunia fotografi dan traveling, lama-lama juga akan menjadi bisa karena terbiasa.

Baca juga : Menikmati Penerbangan Sambil Hunting

Yang harus kita selalu ingat bahwa tidak ada kata sulit untuk menghasilkan foto landscape traveling, yang tidak mudah itu adalah mendapatkan jawaban dari diri kita, mau dikemanakan hasil foto-foto landscape tarveling kita setelah kita hasilkan ? Happy traveling……[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

25 Comments

  1. iya ya keren banget tekniknya,,, mantap nih,dan perlu di coba biar bisa foto-foto cewe juga,,, hehehe

  2. wah saya perlu belajar sama mas indra untuk menjadi fotografer profesional nih

    • Bisa saja Kang Yanto nih, saya juga baru belajar Kang, yuk sama-sama belajar saja . 😀

  3. hasil fhoto lanscape diatas dengan background sunsetnya keren banget lomas

  4. saya tuh boro2 mau mhoto lanscape mas,lawong waktu jalan2 kameranya sering ketinggalan koq

      • he,, he,, he,, tenang saja mas, dulu saya juga berawal dari kaera HP ko, dan buktinya dengan kamera itu bisa mengahsilkan seperti sekarang. Jadi jangan takut untuk memulia belajar dan mencoba saja Kang. 😀

  5. Blogger travelling sepertinya harus multitalent nih pak harus tahu segalam macam tentang akomodasi kemudian juga harus tahu teknik memotret

    • Memang memiliki sebuah blog travelling juga harus bisa menerapkan seni memotret yang baik, agar hasilnya pun akan menjadi lebih baik dalam penyuguhan kontennya. Sama ko, saya juga baru belajar Kang. 😀

  6. hasil gambarnya bagus, sayang sulit sekali penerapannya ya kang dibutuhkan jam terbang yang tinggi, atau mungkin hanya photografer profesional yang bisa melakukan teknik ini

    • Tidak mas, saya hanya menerapakan ilmu dari fotographer yang sudah profesional saja, ini pun masih banyak kekurangannya dan harus banyak latihan. Maklum kang, saya juga belajar awalnya dari foto poket dan HP yang penting ada kemaun untuk mencoba. 😀

    • sebenarnya tidak juga. kita bisa karena terbiasa, maksudnya mau terbiasa belajar dan melakukan prakteknya dengan benar.

      • Intinya seperti itu mbah, kedua-duanya harus sejalan. Maka akan mendapatkan hasil yang bagus. 😀

  7. Wahh nambah ilmu nih, beruntung ane mampir kesini. Boleh dicoba nih tekniknya..

    • Silahkan mas, semoga bermanfaat untk kita semua yang samam-sama mau belajar mebaut foto landscape.

  8. kalau pertanyaan terakhirnya bisa saya jawab. mau di upload di istagram dan fb 🙂

    • Bisa juga kang, tapi lebig enak di upload dulu di bog kita baru di share di media sosial biar hasilnya bagus secara ekonomis. 😀

  9. kalau foto landscape mudah untuk diambil. namun kalau bagi pemula yang susah itu adalah menetukan moment atau engle, walau tidak ada aturan dalam pengambilan sudut pandang….dalam fotografi tetap ada teknik ambilan framing agar foto terlihat bagus. sisanya kita yang mencari dan berinprofisasi ya mas. menarik juga kalau hunting sambil wisata, karena tidak jenuh dan pasti mengasikkan.

    • Biar tidak jenus saja Mba, dan kita akan bis amenjadi betah di lokasi dengan melihat dan mengupas destinasi wisata dari sudut yang berbeda menurut hobi kita juga bisa ko. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :