Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Tengah / Melihat Rumah Produksi Tepung Aren Di Desa Wijilan, Klaten

Melihat Rumah Produksi Tepung Aren Di Desa Wijilan, Klaten

Menelisik Desa Wijilan Rumah Produksi Tepung Aren di Klaten, Jawa Tengah

Direktori Wisata.- Mengunjungi desa para perajin produksi tepung aren di kawasan daerah Desa Wijilan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

kampung-wijilan-klaten

Dengan mengendari sepeda motor kami meyusuri daerah industri poduksi kerajinan tepung aren di Desa Wijilan. Melihat barisan batang pohon aren yang di tumpuk di tepi jalan dengan pemandangan daerah industri kecil kami menyaksikan para pekerja yang sedang membelah batang pohon aren di pinggir jalan.

rumah-produksi-tepung-aren

Kami pun berkenalan dengan para pekerja yang sedang bekerja di pabrik pengolahan tepung aren di gubug terbuka dengan mesin parut besar yang digerakan dengan mesin disel. Setiap gelondongan kayu batang aren dibelah menjadi dua bagian, dan masing-masing bagian dibelah lagi menjadi dua bagian. Hingga untuk satu buah batang pohon aren terbelah menjadi empat bagian.

rumah-produksi-tepung-aren

Menurut informasi para pekerja, batang pohon aren tersebut diambil dari luar daerah, yiatu dari daerah Sumedang Jawa Barat; Malang Jawa timur; dan daerah Cilacap Jawa Tengah. Untuk harga per pohon batang aren ini mencapai Rp. 500.000,- hingga Rp. 1.000.000,- / batang, itu tergantung umur dan kandungan pati aren yang terdapat di batang pohon tersebut.

rumah-produksi-tepung-aren

Setelah dibelah menjadi empat bagian, batang pohon aren tersebut ditaruh di atas mesin parut. Dan menurut informasi mesin parut batang pohon aren tersebut diproduksi oleh masyarakat setempat. Dan untuk cara kerjanya adalah dengan menaruh atau memasukan batang pohon aren dari sisi kiri mesin.

Lalu, untuk bagian dalam batang pohon aren langsung diarahkan di mata parut. Sambil di dorong ke kanan dan ke kiri dengan kedua kaki pekerja ke arah mata parut yang selalu berputar. Dengan cepat bagian dalam batang pohon aren terkikis habis.

rumah-produksi-tepung-aren

Hasil parutan keluar dari lubang mesin parut berupa serabut kasar berwarna putih. Dan untuk keluar lebih cepat biasanya para pekerja menggunakan tongkat kecil untuk mengeluarkannya. Kemudian hasil serabut parutan dipindahkan ke tempat bak atau kolam perendaman.

Setalah dirasa cukup banyak dan menumpuk, serabut aren lalu dimasukan ke dalam bak atau kolam rendaman untuk diproses memeras serabut aren. Setelah ditaruh di dalam kolam remndaman bak, serabut di aduk-aduk hingga berulang kali. Hal ini sebagai langkah agar serabut arennya naik kepermukaan air dan dapat diambil dengan mudah.

Karena serabut aren ini masih banyak mengandung pati masih harus diproses dengan menggunakan selembar jerik atau kain yang halus. Dengan cara ini air dan pati dapat dikeluarkan lagi ke dalam kolam.

Saat proses pengambilan serabut berlangsung, pati aren tidak terlihat jelas dengan mata. Sebenarnya di dalam air kolam ini dipenuhi dengan pati atau sari tepung dengan jumlah yang sangat banyak.

Setelah diperah, serabut yang berbentuk seperti bulatan tanah basah tersebut dapat dipindahkan. Dan kolam yang telah selesai diambil serabutnya, airnya harus dikurangi dengan mengalirkan airnya melalui selang.

Air tiap kolam bak tidak dibuang semua, dan yang dibuang hanya bagian atasnya saja. Itupun untuk membuang serbuk ampas aren yang mengapung di permukaan air.

Selanjutnya bak atau kolam utama harus di aduk, agar pati arennya kembali terurai. Proses pengadukan kali ini, para pekerja masuk ke dalam kolam. Dan proses ini untuk menyusun posisi pati agar yang paling bersih benar-benar berada di bawah lapisan endapan. Untuk proses pengendapannya sendiri dibutuhkan waktu +/- 5 jam, dan pati akan mengendap di dasar bak atau kolam.

Baca juga : Liburan di Desa Wisata Beji Jatirejo Klaten

Selanjutnya, bak utama dapat diproses bila proses pengendapan telah selesai. Air yang menempati setengah bagian atas bak atau kolam kembali akan dikeluarkan. Untuk mempercepat pengambilan air dikeluarkan dan dipindahkan melalui pipa ke dalam bak ata kolam lain.

Setelah terlihat cairansudah mulai mengental dan mengandung pati siap dimasukan dalam karung untuk siap dikirim ke tempat rumah produkasi mie sohun.

Baca: Wisata Kerajinan Pembuatan Sohun Di Desa Tulung Klaten

Melihat Rumah Produksi Tepung Aren dari dekat di desa Wijilan, Klaten, Jawa Tengah yang dikelaola dengan cara tradisional. Walau terlihat tradisional dan memerlukan waktu proses yang panjang, namun hasil produksi yang mereka hasilkan cukup menjadi sumber bahan untuk pengolahan bahan makanan yang terbuat dari tepung aren.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

19 Comments

  1. Ngeri juga masukin aren ke parutannya pakai kaki. Apa gak takut kebablasan tuh kakinya ke parutan.

    • Tentunya mereka sudah akhli dalam pekerjaan ini Kang, jadi sudah terbiasa 😀

  2. Wah langsung ke tempat pembuatannya kang. Josss

    • Iya Kang, waktu itu kita langsung ke lokasi desa tempat pembuatan tepung aren di daerah Wijilan, Klaten Jawa Tengah.

  3. cukup panjang juga yia proses pembuatan tepung aren ini, tapi kalau dijalani dengan ikhlas pastinya nggak melelahkan yia, Bos…

    • Memang banyak pembelajaran yang bisa kita dapatkan di lokasi ini bos, dan salah satunya adalah keuletan masayrakat dalam mengelola proses pembuatan hingga dapat menghasilkan tepung aren itu sendiri.

  4. Edunnn agak ngeri juga itu :v

    • Penuh dengan perjuangan dan kesabaran dalam memproses pembuatan tepung aren dari batang aren ya Kang ? 😀

  5. waduuhhh,,pakek kaki loh mas…

    • Iya mas, akhli juga mereka dalam melakukan proses pembuatan tepung aren dengan pengoperasian mesin serut dengan menggunakan kaki. 😀

  6. ternyata panjang dan melelahkan juga ya Mas, proses produksi tepung aren ini.

    • Benar mas, proese pembuatan tepung aren yang panjang.

      • Salut deh Mas buat para petani tepung aren ini

        • Iya mas, mereka masih menjaga kekompakan dan keuletan dalam memproduksi tepung aren ini dengan cara tradisional. 😀

  7. tepung itu dari kayu aren apa dari gandum sih, apa ini tepung aren aja, apa semua tepung,

    • tepung itu bisa bersumber dari mmana saja Mas, kalau yang ini adalah tepung aren, arena terbuat dari batang pohon aren gan 😀

  8. sum[ah baru kali ini saya engah…kalau ada tepung dari aren mas…kalau ditempat saya selain di bikin gula merah, dibikin minuman tradisional juga…tapi kalau tepung baru kali ini saya dengar…unik dan menarik mas…makasih indonya. terus sewaktu membuang sampah aren dibagian atas yang masih berair…kira-kira banyak gak ampasnya ya mas…masalahnya kalau dulu sempat lihat bikin sagu dari aren….tapi hanya sekali…sekarang gak pernah lagi…tapi bukan tepung aren mas….muantab…

    • Seperti yang dijelasakn di atas Mba, bahwa sari pati endapan yang terdapat di dalam kolam bak itulah yang menjadi bahan dasar tepung aren melalui proses seperti ini, dan itu biasanya di buat bahan makanan seperti mie sohun seperti yang saya temukan di daerah Klaten Jawa Tengah ini. Semoga bermanfaat 😀

  9. Minta ralat mas …
    Itu alamat yang disampaikan salah, karena saya asli penduduk situ ….
    sebenar nya itu ada beberapa kampung tapi nyatu menjadi satu dan semua berproduksi Pati Aren dari Awal Proses, batas dukuh cuma jalan biasa, jadi kalau orang luar kampung pasti sulit membedakan …
    Itu ada 3 kampung sebenarnya …
    Pas yang sampean photo itu Kampung Srijaya ( Kampung saya )
    Ketiga kampung itu adalah :
    1. Srijaya , PucangMiliran, Tulung, Klaten ( yang ada dalam Photo )
    2. Bendo, Daleman, Tulung, Klaten
    3. Margoluwih, Daleman, Tulung , Klaten

    Pas banget antara Srijaya dan Bendo merupakan BATAS 2 Desa ( Tapi kampung kedua nya Nempel ga ada batas )
    Cuma jalan biasa yang menjadi batas.
    Dan ketiga kampung itu saling nempel letak nya …

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :