Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Tips Wisata / Manfaat Traveling Bagi Anak

Manfaat Traveling Bagi Anak

Manfaat Traveling Bagi Anak Sejak Dini

Direktori Wisata – Mengenal dunia travelling kebanyakan dari kita menganggap bagian dari sebuah aktifitas orang yang sudah memiliki kelebihan uang dan waktu. Ada juga yang mengganggap bahwa travelling hanya untuk hiburan yang menghamburkan uang.

Dengan segala aktifitas kesibukan kita seharian, baik yang memliki aktifitas bekerja dan menganggur semua itu memiliki sifat kejenuhan dalam hidup. Dan itu adalah manusiawi yang sudah menjadi koderat kita sebagai makhluk cuptaan Tuhan.

Bila kita menelisk kebelakang dan melihat makna kata dasar dari travelling itu sendiri berarti “jalan”. Dan hal ini sudah menjadi kebiasaan dari jaman Nabi Adam hingga sekarang.Para orang tua dan kake nenek kita pun sering melakuka travelling dalam kegiatan mereka, dari pergi ke sawah dan ke ladang, hingga kegiatan RT hingga kelurahan.

Bahkan tanpa mereka sadari konsep arisan keluarga yang diberlakukan pada jaman kake dan nenek kita dari jaman dulu hingga sekarang untuk saling mengenal diantara keluarga terutama kepada anak-anak kita dengan keluarga yang lainnya. Dan ini merupakan pengembangan konsep traveling sederhana yang diterapkan dalam sebuah keluarga besar.

Pada jaman sekarang ini, saking sibuknya kita dengan segala aktifitas, banyak orang menganggap bahwa travelling itu sebuah pekerjaan pemborosan. Padahal dengan kita meluangkan waktu barang 1 hari saja dengan keluarga atau pun orang-orang terdekat kita untuk melakukan travelling, hal itu akan dapat membuat kita mengenal luas kehidupan diluar lingkungan sekitar kita. Hal inilah yang akan membuat mata kita akan lebih terbuka.

manfaat-travelling-bagi-anak

Manfaat traveling bagi anak juga dapat membantu kita untuk menemukan passion anak. Karena dunia anak selalu diwarnai dengan dunai keingin tahuan. Dengan sebuah kamera sederhana yang mudah di bawa, kita dapat melakukan sebuah tantangan kecil yang dijadikan permainan bersama dengan anak, seperti hunting foto bareng di tempat alam terbuka misalnya. Sambil travelling kita dapat menggali passion anak yang sebenarnya. Kita bisa mencoba belajar bersama.

Dengan mengetahui manfaat traveling kita akan lebih tahu betapa indahnya alam pegunungan dari dekat, manfaat serta udara segar dari sebuah hutan yang hijau, birunya air laut yang eksotis dan pola konsep kehidupan masyarakat lokal dengan segala bentuk warna tradisi dan budaya mereka yang berasal dari berbagai jenis etnis dengan latar belakang sejarah. ( Baca : Wonderful Indonesia )

Sedangkan manfaat yang dapat dirasakan kepada anak yang sering melakukan traveling, mereka dapat menilai dan menganalisa sebuah persoalan, karena mereka terbiasa melihat suatu masalah dari berbagai cara pandang berbeda yang sering mereka temukan di daerah atau pun tempat destinasi wisata yang mereka kunjungi. Dan ini akan memberikan dampak positif kepada kenerja anak dalam belajar, karena mereka dapat menganalisa lebih kritis dan lebih memicu keingintahuan mereka.

Sedangkan bagi kita yang sering mengajak anak untuk travelling keluar dari aktifitas lingkungan sehari-hari mereka seperti daerah lain atau pun luar negeri, hal ini akan membantu mereka untuk mengenal keragaman budaya dan sifat orang di daerah atau negara yang lain. Mereka juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan banyak orang yang berbeda. Dan hal ini menjadi sebuah arena latihan diri anak sambil mengisi liburan dalam mengenal dan mengahadapi sifat dan karakter yang berbeda dari tiap orang yang mereka temui.

Traveling juga mengajarkan kepada anak untuk lebih berani menerima dan menghadapi tantangan, terutama pada saat mereka melakukan perjalanan wisata, mereka akan banyak bertemu dengan orang baru yang tidak pernah mereka kenal sebelumnya. Mereka juga akan semakin terlatih menghadapi segala hal yang baru dan belum pernah mereka temukan sebelumnya, dan mereka akan semakin terlatih menhadapi berbagai tantangan baru yang akan mereka temukan selama travelling, dan hal ini akan menjadikan mereka lebih terlatih dan membentuk sebuah karakter yang baru dalam jiwa mereka.

Dari pengalaman kami bersama rekan-rekan Direktori Indonesia melakukan travelling baik bersama keluarga maupun bersama kerabat, kami selalu melihat adanya sebuah perubahan secara perlahan dari sikap dan mental serta cara pandang, terutama pada anak yang dapat merubah cara pandang mereka dalam melihat segala persoalan dari sudut pandang yang lebih luas.

Bagi kami manfaat traveling yang dapat dirasakan secara langsung adalah menjadikan hidup semakin lebih ceria, dan ini dapat menjadi kegiatan aktifitas keseharian kami, bahkan dengan dunai travelling kita bisa hidup menjadi lebih kreatif dan memberikan manfaat bagi banyak orang dan keluarga. Happy traveling guys.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

11 Comments

  1. saya juga pengen traveling dah lama nih gk jalan jalan

  2. Iya nih, sudah setahun nggak ajak anak traveling ke tempat yang agak jauh. Padahal penting buat anak.

    • Jangan jauh-jauh mba travellingnya, di tempat yang dekat-dekat juga enak ko, yang penting anak-anak senang dan terhibur. Walau bagaimun mereka akan senang travelling dengan orangtuanya. 😀

  3. Travelling ngajak anak banyak keuntungannya kayaknya heee. Pertama si anak pasti minimal pengen punya kamera, bisajadi fotografer. kalo berkunjung kemana-mana mereka bisa bercerita dan dituangkan dalam tulisan

    • Seperti hobi mas Rullah ya, jalan-jalan sambil mendokumentasikan dengan foto dan catatan perjalanan. 😀

  4. waah sepakat Mas, banyak sekali manfaat traveling buat anak, terutama bener cara pandang pikiran anak bahwa dunia itu luas sekali tidak ada batas

  5. tapi betul mas,kalau sepintas mendengar kata travelling memang pikiran trus menjurus pada uang yang lebih.

    padahal kegiatan kita sehari-hari diluar rumah bisa juga termasuk dalam travelling juga ya.

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :