Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

 
Home / Kuliner / Liburan Sambil Membuat Tape Singkong

Liburan Sambil Membuat Tape Singkong

 

Wisata Edukatif Kuliner, Membuat Tape Singkong Ahkir Pekan

Direktori Wisata – Mengisi liburan kahir pekan di rumah sambil membuat tape singkong yang lezat.

Akhir pekan salah satu momen liburan yang di nantikan banyak orang, apalagi bagi para remaja yang masih suka dengan kegiatan liburan. Namun untuk mengisi liburan akhir pekan tidak semua kegiatan kita lakukan di luar daerah lingkungan.

liburan-akhir-pekan

Bagi kita yang bingung mencari kegiatan liburan bersama rekan-rekan, bisa coba aktivitas liburan yang satu ini dengan membuat tape singkong bersama teman tanpa harus berpergian jauh dari rumah atau pun daerah tempat kita tinggal. inilah satu salah cara anak-anak remaja dalam membuat dan mengisi acara liburan akhir pekan mereka dengan cara membuat tape singkong.

Kegiatan liburan akhir pekan ini mereka mengisinya dengan wisata belanja ke pasr tradisional untuk membeli singkong dan ragi yang akan di buat menjadi tape singkong. Dan untuk pengerjaan pembuatan tape singkong ini mereka saling berbagi tugas. Ada yang bagian mengupas kulit singkong, mencuci singkong, hingga merebus singkong.

Sebagai tambahan informasi, singkong merupakan tanaman umbi kayu yang dapat di konsumsi dan menjadi salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan di setiap daerah yang ada di indonesia memiliki nama dan olahan makanan yang terbuat dari bahan singkong.

Hal ini dikarenakan singkong memiliki kandungan kandungan kalori yang cukup tinggi dan sumber energi yang baik bila di konsumsi. Tidaklah heran bila masyarakat Indonesia banyak yang mengembangkan hasil produksi makanan singkong ini menjadi beragam dan salah satunya adalah tape singkong yang akan mereka buat.

 
liburan-membuat-singkong

Untuk membersihkan kulit singkong dikerjakan oleh anak laki sampai dengan membersihkan singkong dengan air yang bersih. Satu persatu singkong dibersihkan dari kulitnya hingga dibasuh dengan air. Setelah selesai, barulah di masukan ke dalam sebuah tempat untuk siap di rebus selama beberapa menit.

singkong-rebus

Bila yang mengupas dan membersihkan singkong adalah anak-anak laki, kini anak-anak perempuan yang dapat tugas untuk merebus singkong. Singkong yang telah di bersihkan tadi di masukan di dalam tempat untuk merebus.

Atur dan tata dengan rapih singkong di atas kudapan air yang berada satu tempat yang diberi pembatas untuk rebusan. lalu nyalahkan api kompor dan tutup. Biarkan dalam waktu +/- 25 menit.

Selama menunggu singkong matang, ada lagi pembagian tugas yang dilakukan oleh mereka, yaitu mencari daun pisang di daerah perkampungan sekitar. Bagi yang sulit mencari daun pisang, bisa di beli ko di pasar, cari saja di ukang sayur pasar tradisonal biasanya ada yang jual. Konon daun pisang ini diperlukan dalam proses pembuatan tape singong, agar hasilnya jadi lebih wangi dan sedap.

cara-membuat-tape-singkong

Setelah daun pisang didapat, lalu dibersihkan dengan cara di lap, dengan menggunakan lap kain yang bersih. Lalu daun pisang dipotong serta diletakan di atas tempat sebagai alas singkong yang telah masak. Setelah itu kita bisa menaburi singkong yang telah masak tersebut dengan ragi secukupnya. Untuk informasi pemberian ragi pada singkong jangan terlalu banyak, nanti malah tidak enak tape singkongnya.

Setelah semuanya sudah selesai, tutuplah singkong resbus yang telah ditaburi dengan ragi ditutup atasnya dengan daun pisang. Bila sudah terlihat rapih, lalu di atasnya diberi tutup dan di letakkan di tempat yang nyaman. Biarkan selama 3 hari dan jangan dibuka-buka. Biarkan proses fermentasi singkong menjadi tape berjalanan secara alami. Dan kita bisa melihat hasilnya saat hari yang telah ditentukan yaitu selama 3 hari.

Mengisi liburan tidak sulit, bahkan kita bisa melakukan kegiatan yang bisa memupuk rasa kebersamaan sambil belajar bersama. Seperti kegiatan yang dilakukan oleh beberapa anak remaja ini dalam mengisi aktititas liburan sambil membuat tape singkong. Dan ternyata tidak slit juga membuat tape singkong dengan cara singkong direbus, dikukus, dan dijadikan tape lalu di makan deh….. Selamat menikmati liburan asik di rumah.[]

 
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
 
 

15 Comments

  1. bagus juga tuh idenya mas.
    liburan sambil belajar membuat tape.
    oh prosesnya membutuhkan waktu 3 hari ya

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kalu lebih nanti malah ga jadi tape kang…… wkwkwk 😀

  2. itu salah satunya anak mas indra ya?

  3. eh saya dapet pertamax lagi toh

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Terus, minta jatah tapi gitu ? 😀

  4. niatnya dan tekadnya patut diacungi jempol.
    soal jadi dan enaknya mah …. belakangan deh..hehe

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Betul, betul, betul kalau kaya gini biasanya sih Mang Lembu pasti jago buat tapenya. 😀

  5. walaupun katanya ga begitu keren kayak pizza ataupun donat, tapi aku suka tape singkong lho, tempat saya namanya peuyeum. apalagi kalau gratis hehe..

    • Wah kalo gratis saya juga suka hehehe

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Apapun selagi makannan halal dan bisa di makan pasti enk, apalagi gratis ya Mba. 😀

  6. Wah seru + kenyang pastinya bisa nyicipin tape singkongnya. wah kalo di buat brownies pasti tambah enak ya 😀

  7. Assallammualaikum Kang Indra..maaf nih sekarang ngeblog rada2 kena penyakit Malas..hahah..wuihhh Kalau soal Tape saya paling suka salah satunya Tape Ketan kalau singkong saya suka juga namun Tape Ketan yg paling disuka..hahhahayy

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      walaikumsalam kanng, biasa mah kang namun yang penting masih nymbung silaturahmi seang banget kang, saya malah tape ketan suka banget tuh kang. 😀

  8. keren sih idenya, tapi cukup lama juga nunggu tapenya jadi…

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Sayangnya kalau buat tape singkong ga ada yang cepat Kang, nanti liburannya jadi lain dong. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :