Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Mancanegara / Kanada / Liburan & Mengenal Lebih Dekat Rumah Produksi Sirup Maple Di Kanada

Liburan & Mengenal Lebih Dekat Rumah Produksi Sirup Maple Di Kanada

Mengenal Proses Pembuatan Sirup Maple Canada Dari Masyarakat Lokal Bersama Indonesia Canada Couple

Direktori Wisata – Liburan di Kanada sambil mengenal dekat proses pengenalan pohon sambil manen air gula maple dari perkebunan maple dan produksi sirup maple dari Kanada.

Kanada merupakan salah satu negara yang memiliki destinasi wisata yang beragam. Baik penyajian keindahan alam, sejarah, iptek dan juga budaya lokal serta kuliner.

Pada kesempatan liburan kali ini, Direktori Wisata akan mengajak kalian untuk mengunjungi salah satu rumah produksi sirup maple di Kanada.

Sirup ini merupakan salah satu produk unggulan masyarakat lokal yang dikenal di seluruh dunia.

Liburan & Mengenal Lebih Dekat Rumah Produksi Sirup Maple Di Canada
Rumah Produksi Sirup Maple Kanada

Liburan musim semi di Kanada kali ini, kami ditemani sahabat Direktori Wisata yang ada menetap di Kanada. Sepasang Keluarga kreator muda yang memiliki Channel Indonesia Canada Couple di Youtube.

Sirup maple adalah bahan tambahan yang manis untuk banyak makanan utama dan makanan penutup. Namun, sirup maple yang bermerek memiliki harga yang mahal.

Kanada sedang terjadi peralihan musim dingin ke musim semi, di mana pada saat kami tiba. Dimana ritual tahunan menyadap sirup maple dimulai.

Meski kebanyakan petani sudah menggunakan teknologi modern, dari pantauan Direktori Wisata di lokasi masih ada beberapa orang yang membuat sirup maple dengan cara kuno.

Pada musim semi, orang Kanada menuangkan sirup maple ke segala jenis hidangan. Mulai dari bola daging, sosis, polong-polongan, pai, bacon, dan sebagianya.

Seakan mereka serius mempersiapkan diri untuk memanjakan diri, setelah melewati musim dingin yang keras.

Liburan & Mengenal Lebih Dekat Rumah Produksi Sirup Maple Di Canada
Hasil Proses Pembuatan Sirup Maple

Jadi jangan heran bila sahabat Direktori Wisata berkunjung ke Kanada, akan banyak melihat jenis dan hidangan yang menggunakan maple.

Konon informasi yang Direktori Wisata dapatkan, kini sirup maple menjadi industri miliaran dollar.

Sebagian besar produsen sirup maple kini memasang selang dengan panjang bermil-mil ke pohon maple.

Untuk mempermudah prosesnya, alat vakum pompa getahnya di pasangkan hingga ke dalam tangki. Tanpa perlu capek-capek mengarungi hutan maple yang masih tertutup salju.

Sekarang para produsen bisa mengawasi perkembangan penyedotan getah maple lewat sistem pengawasan nirkabel.

Suasana cerah menyambut kehadiran kami di lokasi perkebunan pohon maple. Di lokasi, kami pun diajak melihat dari dekat bentuk dan karakter dari pohon maple itu sendiri.

Adapun informasi yang Direktori Wisata dapatkan, untuk mendapatkan bahan baku sirup maple adalah sebagai berikut.

Cara Mencari Dan Mendapatkan Pohon Maple Yang Tepat

Langkah paling penting untuk mendapatkan maple adalah mencari pohon yang benar. Carilah pohon maple dengan diameter sekitar 30 cm, yang langsung mengarah ke cahaya matahari.

Cara Mencari Dan Mendapatkan Pohon Maple Yang Tepat
Perkebunan Pohon Maple Di Kanada

Pohon maple gula dan hitam memberikan air gula yang paling banyak. Dimana pohon maple merah dan perak juga mengandung air gula maple.

Namun tidak sebanyak dua spesies sebelumnya. Pohon yang air gula maple manisnya sering diabaikan adalah kenari hitam.

Sebagai tambahan informasi, hindari pohon yang sudah pernah dirusak sebelumnya. Karena pohon tersebut tidak akan menyediakan air gula maple sebanyak pohon yang besar, kuat, dan sehat.

Di lokasi kami pun diberi kesempatan untuk mencoba mengetuk satu pohon beberapa kali. Jika pohon tersebut cukup besar dan sehat.

Bahkan kehadiran kami sangat di sambut hangat oleh pemilik perkebunan maple di lokasi.

Untuk pohon dengan diameter 30 – 50 cm, hanya satu ketukan yang dapat digunakan. Untuk pohon dengan diameter 53 – 68 cm, kita dapat mengetuk dua kali.

Konon informasi yang kami peroleh, kita dapat mengetuk tiga kali jika pohon tersebut berdiameter lebih dari 71 cm.

Dari pengalaman kami, pohon dengan mahkota yang lebih besar, semua dahan dan daun biasanya dapat memberikan air gula maple lebih banyak.

Baca juga : Destinasi Wisata Yang Recommended Terdekat Dari Jakarta

Waktu Yang Tepat Untuk Dapat Mengetuk Batang Pohon Maple

Waktu terbaik untuk mengetuk pohon Anda bergantung dari lokasi Anda, tetapi pada umumnya, waktu yang terbaik adalah antara pertengahan Februari hingga pertengahan Maret.

Sedangkan untuk waktunya harus di atas suhu beku (0 derajat Celcius) pada siang hari dan di bawah 0 derajat celcius pada malam hari.

Konon, suhu yang berubah-ubah menyebabkan getah untuk mengalir, membuatnya bergerak dari batang dan dahan pohon ke akar di tanah.

Getah mengalir sekitar 4 – 6 minggu, namun ini tergantung dari kesehatan dari pohon dan lingkungan.

Pada umumnya, air gula maple yang paling bagus adalah getah yang mengalir di awal.

Baca juga : Mengenal Kerajinan Khas Jawa Tengah

Cara Mempersiapkan Alat Untuk Memanen Maple Dari Pohonnya

Untuk mengetuk pohon maple, kita akan membutuhkan ember dengan penutup untuk membuat barang lain tidak jatuh ke dalamnya, paku kayu, dan bor.

Hal ini sangat membantu jika kita memiliki tempat sampah yang bersih, hal ini untuk menjadi tempat penyimpanan semua gula maple yang akan di ketuk.

Bersihkan sepenuhnya paku kayu, ember, dan penutupnya dengan pemutih dan air. Pastikan semua itu benar-benar kering sebelum digunakan.

Untuk bor, maka kita akan membutuhkan mata bor berukuran antara 7/16 atau 5/16.

Cara Mendapatkan Posisi Dimana Untuk Mengetuk Pada Batang P0hon Maple

Cari tempat yang ideal pada pohon untuk mengetuk, maka carilah kayu yang sehat. Ketuk bagian pinggir dari pohon yang mendapatkan paling banyak sinar matahari pada siang hari.

Konon informasinya, batang phon maple tersebut biasanya berada di bagian selatan. Jika bisa kita lakukan di atas akar besar atau di bawah dahan besar untuk mengetuknya.

Jika pohon yang kita ketuk sudah pernah diketuk sebelumnya, pastikan paku kayu baru diletakkan paling tidak sekitar 15 cm dari lubang yang lama.

Ketuk di bagian kayu yang sehat. Jika kita akan melakukannya dengan mengebor kayu tersebut , maka pilihan batang kayu berwarna cokelat tua atau sawo matang. Konon, kayu tersebut merupakan kayu yang sehat.

Mengeborlah di hari yang cerah ketika udara sedikit hangat untuk meminimalisir kemungkinan memisahkan kayu.

Cara Membuat Lubang Dengan Menggunakan Bor Dan Paku Di Pohon Maple

Tahan bor pada sudut sedikit ke atas untuk membuat aliran gula maple menjadi mudah. Bor sekitar kedalaman 6 cm. Untuk mengetahui seberapa dalam kita mengebor, maka kita dapat memberikan tanda di bor ketika sudah mencapai 6 cm.

Gunakan mata bor yang tajam untuk menghindari membuat lubang yang kasar, yang dapat mengurangi jumlah getah yang keluar. Singkirkan serutan kayu dari lubang ketika Anda selesai mengebor.

Ketuk dengan menggunakan palu karet atau palu biasa untuk memastikan paku kayu tersebut cukup kuat hingga tidak dapat ditarik menggunakan tangan dengan mudah

Cara Menggantung Ember Di Pohon Maple

Gantung di bagian ujung paku kayu. Jika Anda membuat paku sendiri, gunakan kawat untuk menggantung ember di moncong untuk menuangkan getah.

Gunakan penutup untuk menutup bagian atas ember untuk mencegah puing masuk ke dalam ember.Dan pastikan agar ember tidak terjatuh karena tersenggol atau akibat angin.

Proses Pengumpulan Air Gula Maple Dari Pohonnya

Kumpulkan setiap hari pada siang hari ketika udara terasa hangat. Jika udara bagus, Anda akan dapat mengumpulkan getah selama lebih dari satu bulan.

Proses Pengumpulan Air Gula Maple Dari Pohonnya

Pohon yang sehat dapat memberikan getah sebanyak 37,9 – 308,2 liter sirup, serta tergantung pada kondisi lingkungan.

Air gula maple akan berhenti mengalir jika suhu pada siang hari tidak melebihi 0 derajat Celsius, atau suhu pada malam hari juga melebihi 0 derajat Celsius dan hangat.

Kumpulkan getah di dalam wadah yang besar, contohnya seperti tempat sampah kosong (yang bersih). Jika tidak, Anda akan memiliki banyak ember yang memakan ruang.

Jika suhu melewati 7 derajat Celsius, air gula maple harus dibekukan. Jika tidak, gula maple tersebut akan rusak dan mulai bertumbuh bakteri.

Proses Pembuatan Sirup Maple

Masuk ke dalam ruangan proses pembuatan sirup maple, kami menemukan beberapa alat yang digunakan untuk memasaknya.

Mengenal Proses Pembuatan Sirup Maple Canada  Dari Masyarakat Lokal Bersama Indonesia Canada Couple
Ruang Proses Pembuatan Sirup Maple

Dalam ruangan pembuatan sirup maple ini, banyak sekali alat yang digunakan, terlihat simple dan tertata rapih. Yang Kami suka, tempatnya terlihat bersih dan higenis.

Untuk proses pembuatan sirup maple, alat yang dibutuhkan harus dipersiapkan pada tempatnya. Kita bisa melakukan proses pembuatan setelah alat disiapkan.

Adapun alat untuk membuatnya, kita akan membutuhkan panci yang besar dan gas untuk luar ruangan atau kompor kayu. Kita juga membutuhkan kain penyaring untuk sirup dan tempat penyimpanan.

Hindari merebus getah Anda di dalam ruangan, karena akan menghasilkan jumlah uap yang besar.

Sahabat Direktori Wisata juga dapat menggunakan dehumidifier untuk mengurangi jumlah uap yang dihasilkan agar dapat merebus getah di dalam ruangan.

Termometer permen atau sirup dapat sangat membantu untuk membuat getah berada dalam suhu yang sempurna.

Sirup maple terbaik dibuat dengan menggunakan kompor kayu, karena kompor kayu membuat getah kaya akan rasa berasap.

Cara Merebus Air Gula Pohon Maple

Perjalanan kami lanjutkan untuk melihat dan mengetahui proses perebusan air gula dari pohon maple. Adapun proses dan cara perebusan getahnya sahabt Direktori Wisata dapat mengikuti di bawah ini.

Pertahankan getah paling tidak sedalam 30 cm untuk mencegahnya dari terbakar. Bersiaplah karena getah mendidih sangat cepat dan beruap sangat banyak.

Ketika getah mendidih, tambahkan getah lagi untuk mempertahankan kedalaman 30 cm. Anda dapat menambahkan air gula maple dingin pada gua maple yang mendidih, atau gula maple yang sudah dihangatkan.

Rebus air gula maple hingga mencapai 103 derajat Celsius. Suhu ini akan menjadi sirup maple yang murni.

Jika sahabat Direktori Wisata ingin membuat gula maple, lanjut didihkan hingga mencapai 112 derajat Celsius

Selanjutnya kalian dapat menyaring sirup tersebut. Untuk proses penyaringan silakan gunakan penyaring kain sirup maple yang dapat di beli secara daring, untuk memisahkan “gula pasir” yang terbentuk dalam proses merebus.

Dalam proses penyaringan, pastikan untuk selalu melakukan penyaringan sirup ketika masih panas, antara 82 hingga 93 derajat Celsius.

Panaskan saringan sirup di air panas selama beberapa menit sebelum digunakan. Ini akan membantu sirup untuk tersaring dengan lebih baik, dan juga akan membunuh bakteri yang menempel dari penyaring.

Simpan sirup yang menunggu untuk disaring di wadah yang tertutup agar terjaga panasnya.

Jika sirup mendingin terlalu banyak, panaskan lagi hingga mencapai suhu antara 82 hingga 93 derajat Celsius.

Berhati-hatilah untuk tidak memanaskan dengan berlebih karena dapat membakar sirup tersebut. Jadi jangan juga ditinggal ya teman.

Jika sirup tumpah pada penyaringan terlalu cepat, mungkin bukan penyaring yang bagus dan perlu diganti. Ingat, di sini kita harus selalu memeriksa alat penyaringan agar dapat bekerja sempurna,

Penyaring tersebut harus menahan lebih banyak dibandingkan menuang lebih banyak.

Agar tidak cepat kedaluwarsa, kalian dapat menyimpannya di kulkas. Selanjutnya, silahkan kalian gunakan pada resep makanan untuk rasa maple yang enak.

Liburan di Kanada sambil berkunjung ke tempat proses pembuatan sirup maple, kalian dapat mengikuti melalui video perjalanan Indonesia Canada Cople di bawah ini.

Semoga pengalaman liburan di Kanada dengan melihat dekat proses pembuatan sirup maple Kanada, akan memberikan wawasan kepada kita semua. Selamat liburan di Kanada.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

1 Comments

  1. Asyik kalau bisa pergi wisata ke CANADA.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :