Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jakarta / Liburan Keliling Wisata Belanja Di Pasar Baru Jakarta

Liburan Keliling Wisata Belanja Di Pasar Baru Jakarta

Intip, Kawasan Surga Belanja Tempo Doeloe Pasar Baru, Jakarta Pusat

Direktori Wisata – Jalan-jalan liburan sambil belanja di kawasan pasar tertua peninggalan jaman kolobial yang melegenda dengan wajah baru di pusat Kota Jakarta.

Jakarta bukan hanya dipadati dengan segala aktifitas kegiatan penduduk lokal maupun pendatang. Namun, Jakarta juga memiliki segudang tempat wisata yang menarik dikunjungi pada saat liburan terutama tempat wisata belanja di Jakarta.

Pasar Baru Jakarta

Sebagai kawasan metropolitan, Jakarta banyak memiliki destinasi wisata belanja modern dan tradisional, yang tidak kalah menariknya kawasan pusat metropolitan ini memiliki tempat wisata belanja yang juga menjadi saksi bisu dari perjalanan sejarah Kota Jakata dan salah satunya adalah Pasar Baru.

Kawasan Pasar baru merupaka salah satu tempat wisata belanja di Jakarta yang menyediakan berbagai macam dagangan yang dijajakan oleh para pelaku usaha. Dari produk lokal hingga produk mancaneggara yang digelar di kawasan ini.

Konon menurut catatan sejarah Pasar Baru sejak jaman kolonial sudah dikenal sebagai pusat transaksi jual beli. Selain sebagai surga belanja keberadaanya juga sebagai titik temu bagi berbagai lapisan masyarakat.

Kawasan pusat perbelanjaaan Pasar Baru Jakarta ini merupakan saksi sejarah perdagangan yang ada di Batavia tempo dulu, dan merupakan pasar tertua yang ada di Jakarta, dimana ratusan pedagang bertransaksi sejak pukul 08.00 pagi hingga 17.00 WIB setiap harinya di kawasan ini.

Lanjut….
Dulunya Pasar Baru ini juga dikenal dengan sebutan Passer Baroe, kawasan yang dulunya dibangun untuk melengkapi Pasar Senen dan Pasar Tana Abang.   Pasar ini dibangun pada tahun 1820.

Semula Pasar Baru berfungsi sebagai tempat kaum pribumi manjual hasil panen hingga pada tahun 1977 masyarakat Tionghoa memanfaatkannya untuk berdagang berbagai barang kelontong, arloji, perhiasan dan optik.

Di sekitar Pasa Baru ini pun dulunya menjadi tempat tinggal para orang elit Belanda atau yang sering  kita sebut dengan menir para pejabat Belanda, sehingga kawasan ini menjadi pusat perdagangan yang bisa menjadi refrensi yang paling lengkap pada masa tersebut.

Namun, roda waktu berputar tidak menghilangkan pesona Pasar Baru. Hingga kini kawasan ini masih ramai dikunjungi, beberapa bangunan legendaris pun masih kokoh berdiri di kawasan ini yang masih bisa kita jumpai.

kios Kain Pasar Baru Jakarta

Jika mendengar kata Pasar Baru banyak orang yang teringat akan kain, karena di kawasan wisata belanja Pasar Baru ini kita bisa menemukan aneka jenis kain yang terpampang di mana-mana.Mulai jenis kain brokat, lace, katun hinga beragam jenis kain lainnya. Dan kawasan wisata belanja Jakarta yang satu ini memiliki beberapa toko kain yang bisa kita sambangi sebagai tempat alternatif pilihan belanja.

Nah, yang menjadi unik dan khas di kawasan Pasar Baru sendiri adalah pedagang kain yang biasanya merupakan keturunan India. dan Pakistan. Harga kain di kawasan ini bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupah permeternya. Soal kualitas, jangan ditanya lagi deh. Bahkan kain yang dijual di kawasan ini bahkan ada beberapa yang di import langsung dari India, Perancis dan Pakistan.

Bukan hanya menjual kain lokal maupun import saja, kawaan Pasar baru ini juga melayani pembuatan jas, celana, kemeja, dan yang dari dulu hingga sekarang masih berlaku pembuatan jas di Pasar Baru ini bisa ditunggu hanya beberapa jam saja, Jadi sambil menunggu pesanan jas jadi, kita bisa menikmati kawasan wisata Pasar Baru lainnya.

Perjalanan kita lanjutkan menuju tempat wisata belanja ke toko sepatu yang rapih berderet dipinggiran jalan kawasan Pasar Baru. Salah satu toko sepatu yang paling tua di kawasan Pasar Baru ini dibangun pada masa sebelum kemerdekaan. Nama toko sepatunya bernama Sin Lie Seng yang berarti maju terus. Yang menjadi ciri khas dari toko sepatu ini adalah toko tersebut menjual produk sepatu yang terbuat dari kulit.

Toko Sepatu Pasar Baru Jakarta

Konon toko sepatu ini sejak tahun 1943 biasa melayani pesanan pembuatan sepatu khusus pejabat-pejabat era masa itu. Sepatu kulit asli dengan aneka model di toko ini bisa dibuat dalam waktu tiga hari. Tapi sekarang toko ini hanya bisa menerima pesanan pembutan sepatu dengan partai besar.

Saharian jalan-jalan dan berkeliling di kawasan Pasar Baru ini membuat perut kami pun keroncongan, kami mencoba beberapa makanan jajanan khas yang dijajakan di kawasan tempat wisata belanja legendaris di Pasar Baru ini dengan mencoba kue jajanan khas Jakarta.

Kue Pancong Pasar Baru Jakarta

Jalan-jalan kelilling Pasar baru kurang lengkap rasanya bila kita tidak mencoba makanan jajanan yang ada di lokasi. Di kawasan wisata belanja Pasar Baru Jakarta banyak kita jumpai para pedagang jajanan seperti kue pancong betawi, kue pepek, dan beragam jajanan dalam bentuk dan nama lainnya. Namun yang tidak kalah menariknya di kawasan Pasar Baru ini ada sebuah gang yang tersohor namanya hingga kini yang melegenda yaitu gang kelinci.

Bakmie Gang kelinci Pasar Baru

Konon, gang ini pernah menjadi ispirasi bagi penyanyi artis ibu kota Titik Puspa yang menciptakan sebuah lagu dengan nama yang sama yaitu gang kelinci. Namun, gang kelinci yang sekaang sudah tidak sama lagi seperti apa yang digambarkan pada lagu tersebut, dan pada masa sekarang ini gang kelincii lebih identik dengan tempat wisata kuliner bakmienya. yang kerap menjadi rujukan bagi para pemburu kuliner yang datang di kawasan Pasar Baru Jakarta.

Bergeser ke area lain masih di kawasan Pasar baru jakarta. Bagi yang memiliki hobi koleksi mata uang kuno, kawasan sepanjang Pasar Baru ini terdapat beberapa pedagang yang bisa samangi. Kita bisa melihat dan menemukan koin dan uang kertas kuno baik dari dalam negeri hingga luar negeri yang tersdia di lokasi ini.

Dan yang tidak kalah menarik lainnya, kawasan tempat wisata belanja Pasar Baru ini juga bisa disebut sentra pernak-pernik kecantikan, bahkan mulai kaki lima kita bisa memilih produk fashion, seperti kosmetik dan lain sebagainya. Dii lokasi ini pula kita juga bisa menemukan tempat grosir segala macam produk kosmetik dn kecantikan yang dijual murah.

Liburan keliling wisata belanja di pasar baru jakarta ada banyak hal yang bsa kita dapatkan dare ini. Dan dari beberapa contoh yang kami ceitakan tersebut di atas merupakan bagian kecil yang baru bisa kita temukan di kawasan tersebut.

Untuk mengunjungi kawasan wisata belanja Pasar Baru kita bisa menggunakan kendaraan motor atau pun mobil dan lokasinya mudah ditemukan di pusat kota metropolitan Jakarta. Kita tinggal mengarahkan kendraaan kita untuk mengikuti rute jalan yang terdapat dalam peta di bawah ini.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

12 Comments

  1. Saya pernah sekali ke Pasar Baru itu mas. Memang kalau soal kain banyak dijual disana

    • kapan ya saya bisa kesana

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Nanti Kang, kalau ke jakarta kita ke Pasar Baru, tapi aku hanya nganterin aja ya…. Kang Yanto yang belanja. 😀

  2. makasih informasinya yaa

    • bayar

      • Hutang dulu ya kang Yanto? hehe

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          Tenang mas, kang Yanto baik ko. 😀

  3. wah berarti pasar baru ini merupakan salah satu pasar lama yg masih eksis hingga saat ini yamas

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar Kang, itu juga tempat saya main waktu remaja dan dewasa di sana. Sekarang tempatnya sudah keren seperti itu. : D

  4. baru tau ternyata lagu gang kelinci dapet inspirasi dari salah satu area pasar baru

    • kebetulan saya pernah dengar lagu ini mas

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Iya dong, masa Kang Yanto pecinta seni lagu legendaris tidak tahu lagu gang kelinci sih….. 😀 Mungkin kalau anak sekarang tidak tahu kang,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :