Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jogjakarta / Liburan Di Sentra Gudeg Plengkung Wijilan

Liburan Di Sentra Gudeg Plengkung Wijilan

Liburan Di Sentra Gudeg Plengkung Wijilan

Direktori Wisata. – Sehabis menikmati keindahan  Kota Yogyakarta dengan beragam obyek wisata yang terdapat di Yogya, adakalanya kita merasa kelelahan dan rasa laparpun datang menghinggapi diri kita. Dan bagi kita para pecinta kuliner khas Yogya, pastinya mencari makanan khas ini di lokasi tempat wisata kuliner Gudeg khas Yogya, dan salah satu tempat wisata kuliner gudeg khas Yogya yang cukup dikenal adalah yang berada di daerah Wijilan.

sentra-gudeg-plengkung-wijilan

Setra Gudeg Plengkung Wijilan ini berlokasi di sebelah timur Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Lokasinya cukup dikenal dikalangan masyarkat Yogyakarta. Di sini kita dapat melihat dan menemukan otlet-otlet tempat penjualan dan pembuatan dari Gudeg Khas Yogya yang berjajar.

Dari informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, konon dulunya lokasi ini sebelum menjadi tempat sentra Gudeg, di sini hanya terdapat sekitar lima penjual gudeg yang berjualan di daerah kawasan ini. Dan warung-warung gudeg yang sebagai pelopor penjual gudeg di kawasan daerah ini adalah Gudeg Bu Slamet dan Gudeg Yu Djum. Kedua pelopor tersebut telah memulai usaha berjualan gudeg sejak tahun 1946. Dan pada umumnya, usaha gudeg yang terdapat di daerah Wijilan merupakan usaha turun temurun yang telah dirintis lama oleh para pendahulunya.

sentra gudeg-wijilan

Lanjut informasi,,,,,,,, Untuk bahan makanan Gudeg sendiri berbahan dasar buah nangka muda yang dalam bahasa Jawanya disebut dengan gori. Bahan dasar gudeg yang terbuat dari gori ini banyak dijumpai di Yogyakarta. Dan untuk membuat masakan gudeg dengan warna cokelat dan kehitaman dengan rasa manis ini ternyata tidak mudah.

Dari keterangan salah seorang pelaku usaha makanan gudeg yang berada di daerah Plengkung Wijilan beliau menuturkan, bahwa nangka muda  yang menjadi  bahan dasar utama pembuatan gudeg harus dimask selama sehari semalam di atas tungku api. Karena waktu untuk memasaknya cukup memakan waktu yang lama, masakan gudeg yang dihidangkan bersama nasi ini juga memiliki ketahanan lebih lama daripada masakan lain.

Lanjut informasi,,,,, Gudeg juga dibuat dalam bentuk kering dan dikemas dalam kendil. Kendil yaitu sebuah tempat semacam gentong berukuran kecil. Gudeg yang dimasak dengan menggunakan kendil dapat bertahan selama dua hari, bahka bisa lebih lama dari dua hari. Maka sebab itu, sebab itu sering sekali para wisatawan domestik yang berlibur di Kota Yogyakarta memanfaatkan gudeg yang dimasak di dalam kendil sebagai buah tangan atau oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah dan kota asalnya.

Untuk harganya gudeg relatif murah dan sangat bervariatif, tinggal kita menggunakan jenis gudeg yang jangka waktunya lama atau sebentar yang siap saji. Itu pun tergantung dari lauk tambahan yang digunakan di dalam penyajiannya Kita tinggal memilih menu makanan gudeg yang mana yang akan kita perlukan. Sebagai tambahan informasi, semakin bisa bertahan lama gudeg kendil, harganyapun semakin mahal, karena untuk proses pembuatannya pun dengan cara tradisional dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Tempat wisata kuliner Yogyakarta yang memiliki nilai historis tenang gudeg salah satunya kita bisa mencoba untuk jalan-jalan di sentra Gudeg Plengkung Wijilan ini. Dan kita akan menemukan menu gudeg yang bervariatif dari satu warung ke warung gudeg yang lainnya di lokasi ini. Selamat berwisata di Kota Yogyakarta.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

4 Comments

  1. wihhh gudeg, asli kangen cita rasanya…
    kalo ke jogja mesti mapir disini neh

    • Iya mas, kalau ke Yogya tidak mampir ke kawasan Wilijan untuk makan gudeg rasanya ada yang kurang mas. 😀

  2. Hari ini di Wijilan ada 1000 gudeg gratis kang, 🙂

    • Iya mas, saya juga mendapatkan kabar dari teman di sana seperti itu. 😀

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :