Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Timur / Liburan di Museum Transportasi Angkut Batu, Malang

Liburan di Museum Transportasi Angkut Batu, Malang

Mengenal Berbagai Koleksi Transportasi di Musuem Angkut Batu, Malang

Direktori Wisata – Museum dengan koleksi angkutan terlengkap di indonesia yang ada di Kota Batu, Malang Jawa Timur.

Kota Batu Malang selain memiliki pesona wisata alam yang indah, namun kota ini sering mendapatkan julukan sebagai Swiss nya indonesia. Hal ini dikarenakan kota ini letaknya berada di dataran tinggi yang berada di ketinggian 680 –  1.200 mdl. bukan hanya itu saja yang bisa kita temukan di Kota Batu Malang ini, suhu udara kota ini dikenal dengan cukup dingin yang berkisar sekiata antara 15 hingga 19 derajat celsius. Posisi Kota Batu ini berada sekitar 15 km dari pusat Kota Malang.

Museum Transportasi Angkut Kota Batu Malang

Kota Batu Malang dengan sejumlah destinasi wisata favorit ini, kini bertambah satu lagi dan terdapat salah satu tempat wisata Batu Malang yaang bernama Museum Transportasi Angkut yang bisa menjadi salah satu destinasi wisata Malang yang bisa menjadi tempat liburan asik di Malang.

Museum Transportasi Angkut yang terletak di tempat wisata Malang yang berada di lerang kaki Gunung Pandarman Malang ini tidak hanya rausan kendaraan angkut dan transportasi saja yang dipajang di dalamnya  tempat wisata museum di Malang ini terbagi dalam beberapa zona yang didesain sesuai dengan latar belakang negara asal dan sejarahnya.

Untuk zona yang ada di Museum Transport Angkut ini dibagi sesuai dengan jenis angkutan dan latar belakang sejarah serta sala negaranya, anatara lain adalah zona edukasi, zona Batavia, zona gangster town dan broadway, zona Italia, zona Jerman zona Inggris, zona Lasvegas serta zona Hollywood.

Museum Transportasi Angkut kota Batu Malang memiliki konsep pembelajaran dan menampilkan koleksi alat angkut terlengkap di indonesia yang dipadu padankan dengan latar belakang kota-kota dan dan bangunan eksotis lainnya. Dan kita juga bisa menikmati liburan di Museum Transportasi Angkut ini dengan suasana yang dirancang dengan lokasi aslinya.

Dari pintu masuk museum kita akan dibuat takjub dengan pemandangan yang begiru indah dengan berbagai koleksi mobil, sepeda, motor, hingga kereta kuda di aula utama museum. Di dalam area museum ini kita dapat melihat mobil-mobil keluaran tahun 1960 – an antara lain mobil roll royce phantom limousine 1962 dan mobil Heinkel Kabinkruiser tahun 1957.

Di alua utama Museum Transportasi Angkut Batu Malang ini kita bisa melihat transportasi bermakna sejarah yaitu sebuah pesawat helikopter dan mobil yang pernah digunakan Presidesn pertama Indonesia Ir. Soekarno. Konon menurut informasi yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, helikopter ini merupakan helikopter Kepresidenan indonesia yang pertama, dan didapat sebagai bagian bater politik antara Bung Karno dengan pemerintah Amerika Serikat ketika seorang agen CIA dalam pemberontakan PREMESTA.

Sedangkan di sisi lain yang terdapat Museum Tranportasi Angkut Batu Malang ini kita dapat menemukan koleksi sepeda bermesin tempel, selain itu terdapat juga bermacam sepda onthel jaman dulu yang merupakan keluaran pabrik motor dan mobil ternama. Stealah kita pusa melihat kleksi di aula pertama penelusranpun bisa kita lanjutkan ke dalam area zona edukasi.

Di aula zona edkusi Museum Transportasi Angkut selain kita bisa menemukan berbagai macam jenis becak, kita juga bisa menemukan benda koleksi transportasi lainnya seperti perahu asli yang digunakan para nelayan yang ada di Pantai Selatan Pulau Jawa, dan mesin-mesin bermotor. Koleksi becak di tempat zona museum ini berisikan kolekasi becak Nusantara hingga jenis angkong yang kerap bisa kita temukan di Asia, terutama di China dan Afrika, Kenya serta Madagaskar.

Dalam zona edukasi ini juga kita bisa melihat dan menemukan secara langsung perkembangan kereta api yang dilengkapi dengan jenis-jenis suara semboyan kereta api beserta artinya. Dan tidak kalah ketinggalan di sini juga kita bisa mengenal berbagai jenis suara knalpot, suara-suara pesawat dan helikopter serta mesin-mesin bermotor. Di zona inipun kita bisa menemukan dan melihat secara langsung alat angkutyang beranama Pakepo yang digunakan sebagai alat karapan kerbo di Bali.

Sedangkan bila kita menelisik di zona batavia di Museum Transportasi Angkut, kita dapat menemukan dan melihat berbagai kendaraan tempo dulu serta suana yang mirip dengan daerah pecinan. Sementara bila kita melihat di dalam zona yang terdapat di gudang Batavia mata kita akan terpukau melihat deretan koleksi mobil-mobil dan motor-motor serta sepda-sepeda antik yang diparkir secara rapih dan tersusun secara berjajar.

Baca : Pesona Wisata Museum tempo Doeloe Malang

Untuk menikmati pengalaman liburan di Museum Transportasi Angkut Batu Malang ini mengenai alat angkut dan transportasi kita dikenakan tiket biaya masuk maseum Rp. 50.000,- / orang untuk setiap harinya dan Rp. 75.000, / orang pada kahir pekan. sedangkan bagi kita yang membawa kamera akan dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000 untuk jenis kamera poket, SLR, dan handycam. Museum ini buka dari pukul 12.00 – jam 20.00 WIB.

Cara menuju Museum Angkut Kota Batu Malang sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan. Bila kita kita dari luar Kota Batu kita bisa menggunakan kendaran darat untuk sampai di lokasi. Namun , bila kita akan menggunakan pesawat kita bisa menuju Bandar Udara Abdul Rachman Saleh yang berada di Malang, lalu perjalanan dapat di lanjutkan melalui  akses jalan darat.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

21 Comments

  1. Tgl 27 desember kemarin aku ke sini, kang ๐Ÿ˜€
    Ramai banget

    • bagi dong ceritanya

      • Indra Kusuma Sejati berkata:

        Mungkin nanti diceritakan, tapi kalau masalah gambarnya itu yang agak sulit barang kali di share Kang. he,, he,, he,,

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Kalau hari libur memang padat Kang, apagi bagi yang suka hobi photo

  2. saya pernah beberapa kali lewat daerah sini tp belum pernah masuk kang

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      coba deh kapan -kapan masuk seru banget kang tempatnya seperti di UNiversal studio he,, he,, he,,

      • saya belum lewat kang

  3. kapan nih mas indra ke sini coba?
    koq nggak mampir sih

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      saya perginya waktu ke Malang Mas, sekalian ambil gambar stok photo.

  4. museum ini memang cocok untuk destinasi wisata sejarah

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      betul-betul-betul banget kang.

  5. waduh kalau mau potret-potret harus bayar ya kang, 30rb itu sekali jepret atau gimana ya??

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      sekali masuk Kang, jeperet sebebasnya.

  6. kalo kamera hp bayar juga ga mas.

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Tergantung jenis dan tipe HP nya Mas, tpi yang ada di dalam papan pengumuman sih seperti itu jenisnya.

      • iya mangs adul gituh ๐Ÿ™‚

  7. wisata museum memang sangat dikenang dngan pesona yang bersejarah ya kang, apalagi barang sejarah yang lama toh kang ๐Ÿ™‚

  8. mantap kang apalagi mau taun baru ya, pasti rame kang ๐Ÿ™‚

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Jangan di tanya kang kalau lagi liburan akhir tahun di museum ini sangat padat sekali selain isa menjadi tempat liburan museum ini asik juga buat yang suka koleksi kendaraan otomotif

      • wih, mantap ini kang, coba kalo saya ga jauh, sudah terjun saya kang ๐Ÿ™‚

        • Indra Kusuma Sejati berkata:

          hati-hati kang, jangan salah lompat.he,, he,, he,,,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :