Liburan di Kawasan Puncak Dua Situs Tapak Kaki Pasir Awi Bogor

posted in: Bogor | 0

Menilik Situs Tapak Kaki Elastis Pasir Awi di Kawasan Puncak Dua Bogor

Direktori Wisata – Liburan ke salah satu objek wisata heritage peninggalan Kerajaan Tarumanegara di sekitar kawasan Puncak Dua Desa Suka Makmur Kabupaten Bogor.

Kawasan Puncak Dua Bogor tiddak hanya dikenal sebagai salah satu jalur akses alternatif untuk menju beberapa kawasan daerah Puncak Bogor di hari pekan atau pun libur pajang. Namun, di kawasan ini juga terdapat beberapa spot wisata menarik yang masih jarang banyak diketahui oleh masyarakat luas. Bukan hanya objek wisata alam yang ada di sekitar kawasan Puncak Dua Bogor yang masih banyak tersembuyi di daerah tersebut, bahkan di tempat ini pun menyimpan bukti sejarah yang unik dan menarik dikunjungi salah satunya adalah Situs Tapak Kaki Pasir Awi Bogor.

Situs Prasasti Pasir Awi Bogor

Situs Tapak Kaki Pasir Awi Bogor dikenal salah satu cagar Budaya peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang dilindungi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor. Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan di lokasi, situs peninggalan bersejarah tapak kaki di kawasan Puncak Dua Bogor ini sering dipergunakan sebagai tempat ritual tirakat bagi sebagian orang.

Konon informasi yang Direktori Wisata Indonesia terima di lokasi, objek wisata Situs Tapak Kaki Pasir Awi Bogor ini dikenal juga dengan sebutan prasasti Cemperai yang merupakan prasasti yang ditemukan pada tahun 1864 oleh tokoh bernama NW Hoepermans.

Lokasi Situs Tapak Kaki Pasir Awi berada di sebelah selatan lereng bukit Pasir Awi, tepatnya di desa Suka Makmur, Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Bogor. Tempat ini berada pada ketinggian 559 meter diatas permukaan laut dan termasuk di dalam kawasan perbukitan Cipamiskis.

Informasi yang Direktori Wisata Indonesia dapatkan dari keterangan di lokasi, lokasi tempat wisata di sekitar daerah Puncak dua Bogor ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal untuk menghabiskan waktu liburan di akhir pekan. Karena waktu kami melakukan kunjungan di tempat ini pada hari biasa, terlihat sepi pengunjung di tempat ini.

Situs Kerajaan Tarumanegara di Pasir Awi Bogor

Dari pengamatan Direktori Wisata Indonesia di lokasi, Situs Prasasti Pasir Awi berbentuk batu alam, dan di sisi batu situs tersebut terdapat gambar berupa sepasang telapak kaki, sedangkan untuk sisi lainnya terdapat gambar dahan dan ranting, buah-buahan serta dedaunan.

Untuk gambar sepasang telapak kaki yang terdapat pada situs tersebut menghadap ke arah utara dan timur. Dari arah kaki tersebut, prasasti ini menghadap ke wilayah bukit dan lembah yang menyajikan panorama pemandangan alam yang indah.

Dari kunjungan Direktori Wisata Indonesia di lokasi bersama beberapa rekan di lokasi tersebut sangat disayangkan informasi mengenai prasasti Pasir Awi ini sangatlah minim. Yang kami temukan di lokasi hanya terdapat pengumuman mengenai larangan untuk tidak merusak segala bentuk peninggalan sejarah ditempat itu.

Liburan di Kawasan Puncak Dua Pasir Awi Bogor

Tidak adanya informasi mengenai sejarah yang menggambarkan prasasti bersejarah tersebut. Namun hal ini tidak menyurutkan niat kami untuk habiskan waktu untuk menyusuri destinasi liburan Kawasan Puncak Dua Bogor.

Keunikan dari Situs Pasir Awi Bogor ini yang dapat kami temukan di lokasi salah satunya adalah ukuran telapak kaki yang berada di batu tersebut dapat menyesuaikan dengan ukuran kaki setiap orang yang mencocokan telapak kakinya dengan ukuran telapak kaki yang berada di atas batu tersebut.

Tentunya hal ini yang menjadi menarik bagi kami saat berkunjung ke lokasi Situs Tapak Kaki Pasir Awi Bogor. Bila melihat dari unsur keras batu alam tersebut, pastinya bila terjadi sebuah perubahan ukuran pastinya akan terdengar sebuah suara dan pergerakan, namun hal ini terjadi begitu cepat dan alami untuk menyesuaikan ukuran sesuai telapak kaki yang bersangkutan. Unik bukan ? Pada saat kami diberikan ijin untuk membutikan sendiri hal tersebut barulah kami percaya.

Baca juga : Wisata Malam Untuk Nongkrong Asyik di Puncak Bogor

Bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia yang masih penasaran dengan apa yang kami temukan di lokasi, dapat menyaksikan dalam tayangan video di channel youtube kami di bawah ini.

Situs Awi Bogor, Jalur Puncak Bogor, Liburan Jalur Puncak, Liburan di Puncak Bogor,

Informasi tambahan bagi sahabat Direktori Wisata Indoensia yang akan mengunjung objek wisata heritage Pasir Awi Bogor ada baiknya tetap menjaga kebersihan dan prilaku untuk bersama melestarikan cagar budaya peninggalan Tarumanegara. Terutama bagi sahabat wanita yang sedang behalangan atau mens, ada baiknya tidak mengunjungi kawasan ini untuk sementara. Bila sudah selesai baru dipersilahkan. Hal ini agar tidak menimbulkan perilaku yang tidak diinginkan di tempat yang masih disakralkan dan bernilai sejarah ini. Walau bagaimana pun tempat ini sering dijadikan sebagai tempat ritual untuk mencari ketenangan dan ilham yang baik bagi sebagian masyarakat lokal.

Untuk menuju Situs Prasasti Pasir Awi pada saat Direktori Wisata Indonesia melakukan perjalan liburan di kawasan Puncak Dua Bogor dkami mengambil rute lewat Jonggol – Dayeuh – Sukamakmur. Tidak jauh dari perbatasan Kecamatan Jonggol dan Sukamakmur terdapat sebuah papan penunjuk yang lokasinya berada di sebelah kanan jalan untuk menuju ke lokasi situs.

Rute dari jalan utama Puncak Dua Bogor menuju Situs Prasasti Awi jalannya menanjak dengan landasan jalan batu khas pegunungan. Kita akan melalui jalur akses sekitar 2 KM hingga sampai di lokasi Situs Pasir Awi Bogor. Untuk informasi tambahan, sebaiknya untuk rute jalan ini sahabat Direktori Wisata Indonesia tidak menggunakan kendaraan mobil sedan. Namun, bagi yang memilih untuk berjalan kaki, kami pastikan otot kaki sahabat akan mengencag setelah sampai di lokasi. he,, he, he,

Kunjungi juga : Tempat Wisata Keluarga di Sentul Bogor Yang Sedang Hits

Sepanjang jalan untuk menuju ke lokasi Situs Pasir Awi Bogor ini, kit akan disuguhkan panorama alam yang indah yang sulit kita temukan di tempat lainnya.

Bagi sahabat yang akan mengunjungi lokasi Situs Pasir Awi Bogor dengan menggnakan jalur akses jalan tol, kalian dapat menggunakan peta petunjuk di bawah ini untuk sampai di lokasi.

 

Follow Direktori Wisata:

Direktori Pariwisata Dunia menyajikan keragaman tempat wisata dunia dengan keindahan alam, budaya dan kearifan lokal serta wisata kulinernya.