Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Liburan di Kawasan Gunung Takuban Perahu

Liburan di Kawasan Gunung Takuban Perahu

/
/

Menikmati Liburan di Kawasan Gunung Takuban Perahu Lembang Bandung

Direktori Wisata – Tips dan cara menikmati pesona wisata alam Lembang Gunung Takuban Perahu yang masih alami dengan sejuta keindahan panorma alam nan eksotis.

Kawasan Lembang Bandung di samping memiliki panorama keindahan alamnya yang menarik sebagai salah satu daya tarik wisatawan berkunjung, kawasan ini juga menajdi tepat liburan yang menarik dikunjung untuk liburan bersama keluarga atau teman.

Selain memiliki destinasi liburan yang menjadi tujuan wisata populer di kawasan Bandung dan sekitarnya, kawasan Gunung Takuban Perahu ini memiliki banyak sekali peminat baik wisatawan lokal maupun asing. Selain karena namanya yang sudah tersohor karena legenda Sangkuriang, Gunung Tangkuban Perahu memanglah tempat wisata di Bandung yang sangat Indah sekali.

Gunung Takuban Perahu Lembang Bandung

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa kawasan Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang berada di Provinsi Jawa Barat, Pulau Jawa, Indonesia. Berjarak sekitar 20 km menuju ke arah utara dari objek ini kita akan menemukan Kota Bandung. Itulah angka yang kami lihat dalam spedo meter kendaraan setelah berjalan dari Kota Bandung menuju ke tempat wisata Lembang di Tangkuban Perahu ini.

Bila dari penglihatan dan keterangan yang Direktori dapatkan dari pemandu wisata lokal setempat, bentuk dari gunung ini adalah Stratovulcano dengan memiliki pusat erupsi yang selalu berpindah dari timur ke barat. Jenis dari bebatuan yang dikeluarkan melewati letusan dari gunung ini kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang banyak dikeluarkan adalah seperti sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan pada waktu gunung sedang tidak aktif adalah uap belerang.

Lanjut informasi yang kami dapatkan…..
Daerah kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu ini dikelola oleh Perum Perhutanani. Sedangkan untuk tingkat suhu rata-rata pada setiap harinya adalah sekitar 17 derajat celcius pada waktu siang hari dan bersuhu sekitar 2 derajat celcius pada malam hari.

Gunung Takuban Perahu

Sedangkan untuk status Gunung Tangkuban Perahu itu sendiri masih termasuk dalam kategori gunung berapi aktif yang statusnya terus diawasi terus oleh Badan Direktorat Vulkanologi Indonesia. Diantara beberapa kawahnya juga masih menunjukkan tanda tanda dari aktifnya gunung ini.

Beberapa tanda dari aktivitas gunung berapi ini adalah seperti munculnya gas belerang serta sumber-sumber air panas yang berada di kaki gunungnya, di antaranya adalah yang terdapat di kasawan Ciater, Subang.

“Konon, Keberadaan dari gunung ini serta bentuk dari topografi Bandung yang seperti cekungan dengan banyak bukit dan gunung pada setiap sisinya semakin menguatkan teori bahwa adanya sebuah telaga besar yang sekarang merupakan kawasan Bandung.” lanjut kisah tour gide kami bercerita.

Tour guide kami menegaskan, “Bahwa para ahli geologi meyakini bahwa kawasan dataran tinggi Bandung yang memiliki ketinggian kurang lebihnya sekitar 709 m di atas permukaan air laut adalah sisa-sisa dari danau besar yang terbentuk akibat pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung berapi purba yang dikenal dengan nama Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Parahu hanya merupakan sisa dari Gunung Sunda purba yang sampai sekarang masih aktif.”

“Fenomena seperti ini juga bisa dilihat pada Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda dan kawasan Ngorongoro yang berada di Tanzania, Afrika. Sehingga legenda dari Sangkuriang yang merupakan sebuah cerita masyarakat yang ada kawasan itu diyakini adalah sebuah dokumentasi dari masyarakat yang hidup di kawasan Gunung Sunda Purba terhadap berbagai peristiwa pada waktu itu.” jelas tour guide kami memberikan keterangan.

Setelah mendengarkan kisah panjang lebar tentang keberadaan status Gunung Takuban Perahu ini, kami pun melanjutkan perjalanan untuk melihat beberapa kawasan area wisata alam di Lembang ini. Ada banyak menarik yang bisa kami nikmati saat Liburan di Kawasan Gunung Takuban Perahu.

Masjid Takuban Perahu

Salah satu obyek yang unik dan menarik perhatian kami di tempat wisata Gunung Takuban Perahu ini adalah sebuah bangunan masjid yang kecil dan mungil dengan warna biru di dindingnya yang beratapkan kubah putih. Sepintas masjid ini mengingat kami akan sebuah kisah film aladin. ha,, ha, ha,

Namun, dibalik pesona wisata alam Gunung Takuban Perahu ini terdapat sebuah kisah legenda tentang asal-usul dari Gunung Tangkuban Parahu. Kisah ini selalu terdengar dan terkait dengan sebuah kisah cerita legenda Sangkuriang, yang pada kisahnya telah jatuh cinta kepada ibunya sendiri yang bernama Dayang Sumbi.

Namun, kisah ini berakhir dengan upaya sang ibu ntuk menggagalkan rencana dan niat anaknya sendiri untuk menikahinya, yaitu Dayang Sumbi memberikan syarat agar Sangkuriang dapat membuat sebuah perahu dalam kurun waktu semalam.

Pada waktu usahanya sudah gagal, Sangkuriang kemudian marah dan kemudian menendang perahu setengah jadi yang dibuatnya tersebut yang kemdudian mendarat dalam keadaan terbalik. Perahu yang telah di tendang Sangkuriang inilah yang kemudian membentuk sebuah Gunung Tangkuban Parahu. Itulah kenaapa kawasan ini diberinama Takuban Perahu.

Bukan hanya pesona keindahan alamnya dan keunikan dari bangunannya saja yang bisa kami temukan di tempat wisata lembang Bandung yang ada di Gunug Takuban Perahu ini, hal yang bisa kita lakukan saat berlibur di tempat ini salah satunya adalah berburu kuliner jagung bakar.

Beberapa kios yang terdapat di kawasan Gunung Takuban Perahu di sini kami banyak menemukan kios yang menjajakan makanan dan minuman, namun pada akhirnya kami menemukan sebuah kedai yang agak sepi dengan menyajikan jajajan makanan khas lokal. Seperti jagung bakar, jagung rebus, bakso goreng, tahu goreng, minuman khas bandrek, dan masih banyak lagi yang bisa kita pilih dan pesan.

liburan-di-gunung-takuban-perahu

Namun, kali ini kami mencoba menu jagung bakar dengan aneka rasa. Karena orangnya banyak jadi kami pesan masing-masing selera. Ada yang manis, ada juga yang rasa pedas manis, wah pokoknya macem-macem deh. Namun hal yang diingat waktu kita akan membeli sesuatu di tempat ini, ada baiknya selalu di tanyakan terlebih dahulu mengenai harganya ya…. biar makannya nyaman dan tenang. Nanti malah dag-dig-dug deh….

Kunjugi juga : Glamour Camping Meloh Tent Kampung Pameungpeuk Lembang, Bandung Barat

Setelah menikmati sajian kuliner makanan lokal yang diperjual belikan di kawasan Gunung Takuban Perahu, perjalanan liburan kami lanjutkan dengan menelusuri kawasan perbelajaan yang ada di sekiar ara. Di sana kita bisa memilih beberapa souvenir yang dipajang untuk diperjual belikan. Ada pakaian, kerajinan tagan, apa saja yang bisa kita temukan di sini.

Wisata Gunuung Takuban Perahu

Bahkan tidak jarang banyak wisatawan dari mancanegara mencoba untuk membeli barang-barang kerajinan masyarakat lokal yang diperdagangkan di lokasi ini. Bagi sahabat yang mau berbelanja, sebaiknya di teliti dulu barang dan yang tidak kalah penting, bila kia pandai menawarnya maka kia akan mendapatkan harga yang murah.

Tips Liburan di Kawasan Gunung Tangkuban Perahu

Bila sahabat Direktori Wisata Indonesia ini mengunjungi objek wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Berikut info dan tips wisata yang patut diketahui sehingga hari libur kita tidak jadi mengecewakan.

  • Tidak ada hotel di dlam area tempatwisata Gunung Tangkuban Perahu. Jadi, bila kita ingin menginap, kita harus keluar dari area wisata. Jangan khawatir, ada cukup banyak hotel di Lembang yang dekat dengan Tangkuban Perahu. ( Baca juga : Cara Agar Mendapatkan Harga Kamar Penginapan Murah )
  • Jika haus atau lapar, kita bisa membeli makanan dan minuman dari para pedagang yang banyak ditemui di area wisata Tangkuban Perahu. Tapi akan lebih baik bila membawa makanan sendiri, karena harga makanan di tempat wisata bisa jauh lebih mahal.
  • Bila isahabat Direktori Wisata ngin liburan ke Tangkuban Perahu, disarankan menggunakan kendaraan pribadi, karena dari pintu masuk menuju kawah jaraknya agak jauh. Kalaupun ada angkutan umum paling ojek yang bisa menghantarkan kita dari depan pintu gerbang masuk ke lokasi dalam area wisata alam di Lembang ini.
  • Bawalah saputangan atau masker bila Anda tidak kuat dengan bau belerang khas pegunungan.
  • Pakailah pakaian hangat seperti jaket dan syal agar tidak kedinginan. Bawa juga payung untuk menghindari sengat matahari di siang hari.

Tips Dan Info Rute Jalan Untuk Liburan Ke Gunung Takuban Perahu

  • Informasi tambahan bagi sahabat yang akan menggunakn transportasi umum ke lokasi ada banyak cara atau jalur bila kita ingin menggunakan angkutan umum. Misalnya dari Stasiun Hall Bandung, naik angkot St.Hall-Lembang. Sampai di Lembang, kita sambung dengan angkot Lembang-Cikole.
  • Bisa juga dari Bandung langsung menuju terminal Ledeng, dari sini kita bisa naik angkutan umum menuju Subang (biasanya mobil ELF atau sejenis L300). Untuk mengetahui lokasi perjalanan dari Kota Bandung ke kawasan Gunung Takuban Perahu bisa lihat di dalam peta.

Semoga pengalaman Liburan di Kawasan Gunung Takuban Perahu yang kami jalan ini bisa memberikan informais dan pengalaman yang kami lengkapi dengan tips dan ifo wisata untuk menuju ke obyek wisata alam tersebut yang bisa sahabat Direktori Wisata Indonesia pergunakan untuk mengisi liburan. Selamat liburan.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :