Liburan Di Kampung Budaya Sindang Barang Bogor

Wisata Budaya Dan Mengenal Lebih Dekat Kampung Budaya Sindang Barang Bogor

Direktori Wisata – Kampung Budaya Bogor yang merupakan tempat wisata di area peninggalan Kerajaan Sunda Kuno.

Kampung Sindang Barang Bogor dulunya merupakan kawasan kerajaan yang berdiri sekitar tahun 100-an setelah kerajaan Tarumanegara pecah. Kala itu Sindang Barang berada dalam pengaruh kerajaan Sunda Kuno. Tidaklah heran bila kampung ini menjadi salah satu pusat kebudayaan Sunda Jawa Barat tertua di Bogor.

Konon, nama kampung ini terpapar dalam Babad Tanah Pajajaran dan yang tertulis juga dalam pantun bogor. keberadaan Kampung Sindang Barang sendiri pernah hilang karena kurangnya pemeliharaan. Di kampung ini pula kita dapat menemukan beberapa situs peninggalan purbakala seperti Situs Taman Sri Bagenda dan Sumur Jalatunda.

Kisah cerita sejarah tentang Situs Taman Sri Bagenda yang Direktori Wisata dapatkan di lokasi, konon taman ini dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Kolam Sri Bagenda yang memiliki ukuran panjang 39.3 meter dan lebar 9 meter, bagian tanggul atau pinggirannya dibuat dari sususnan bulat alami yang berfungsi sebagai penahan longsor, dengan bentuk sisi-sisinya yang rata dengan membentuk empat persegi panjang.

taman-sri-bagenda-kampung-sindang-barang-bogor

Konon, dalam karya sastra Jawa dan Bali kata Taman Sri Bagenda disebutkan dalam kitab Wangbang Wideya dan Kidung Harsya Wijaya (awal abad XVI) digambarkan sebagai tempat rekreasi yang dilengkapi dengan bangunan-bangunan untuk menentramkan diri.

Dengan berlatar belakang sejarah tersebut pada tahun 2007 oleh Gubernur Jawa Barat masa itu Kampung Adat Sindang Barang dijadikan kampung budaya untuk meneruskan kearifan lokal masyarakat setempat, dan sekarang dikenal dengan Kampung Budaya Sindang Barang.

Hamparan sawah, kebun dan alam pegunungan segar menyambut kehadiran Direktori Wisata di lokasi yang indah dengan taburan kisah cerita sejarah ragam seni dan budaya yang dilengkapi dengan kearifan lokal daerah Kampung Budaya Sindang Barang di Bogor ini

Sambil liburan di Kampung Sindang Barang kita bisa mengenal dan belajar tentang kesenian dan budaya Jawa Barat.  Letak bangunan-bangunan di sini terlihat rapih, konon semua letak dan gaya bangunan yang ada di lokasi kampung ini merupakan replika dari area Kerajaan Sunda Kuno tempo dulu,

Di Kampung Budaya Sindang Barang ini terdapat 22 buah bangunan beserta tradisi budaya yang telah di rekonstrukasi dan direvitalisasi seperti lumbung padi, saung lisung, tempat numbuk padi, imah adat, imah gede. Bahkan Kita juga bisa menyaksikan dan mengenal dari dekat alat-alat masak tradisional, cara menanam dan menumbuk padi tradisional, serta permainan tradisional seperti bakiak dan egrang yang terbuat dari kayu alami.

Sebagai informasi tambahan “imah gede” yaitu rumah besar yang biasanya di pakai sebagai tempat berkumpul dan bermusyawarahnya masyarakat dengan tetua adat dan para kolot. Sedangkan kolot sendiri merupakan mereka yang dianggap sebagi sesepuh adat Kampung Sindang Barang.

Kampung Budaya Sindang Barang Bogor

Di sini kita bisa melihat rumah adat Jawa Barat dengan replika bentuk rumah panggung kecil tanpa pintu dan memiliki jendela pada sisi depan khas orang Sunda. Serta lumbung padi yang hingga kini lumbung tersebut masih sering dipergunakan untuk menyimpan padi masyarakat setempat dan juga digunakan pada saat mengadakan ritual adat yang diselengaraan setiap tahunnya.

Lanjut….
Di samping lumbung padi, kita bisa menemukan Bale Pesanggrahan. Konon rumah yang disebut sebagai Bale Pesanggrahan ini merupakan sebagai tempat rumah yang digunakan untuk menginap para tamu, tidak dibuka untuk umum dan hanya di diperuntukkan untuk tamu kehormatan. Jadi di tempat ini tidak dijadikan penginapan umum.

Kunjungi juga : Kampung Adat Sunda Cipta Gelar

Bergeser di lain tempat, kita kan menemukan rumah-rumah yang menjajakan souvenir yang dijadikan tempat penjualan berbagai pernak-pernik hasil karya masyarakat Desa Pasir Eurth dan Kampung Sindang Barang sendiri. Bahkan kita bisa melihat dari dekat rumah yang biasanya dipergunakan untuk menjamu para tamu internal yang baru datang yang disebut dengan “Bale Pertirtaan”. Rumah ini sepintas lebih mirip dengan pendopo, bahkan lokasi ini sering juga digunakan sebagai tempat pameran.

kampung-budaya-sindang-barang-bogor

Bagi kita yang ingin melihat alat-alat kesenian tradisional asli Sunda seperti kesenian calung, angklung gubrag, satu set gamelan tatalu yang biasa dimainkan untuk menghibur para tamu khusus yang datang, atau pun untuk pesta adat yang digelar setiap tahunnya, kita bisa menemukannya di Kampung Sindang Barang Bogor ini. Bahkan kehadiran kami bersama  rombongan bisa bermain bersama dan dihinur di halaman terbuka.

Untuk mencapai lokasi Kampung Sindang Bogor, kita dapat menempuhnya dengan mengggunkan kendaraan motor atau mobil, dengan mengikuti rute jalan yang terdapat dalam peta dibawah in.Kita bisa sampai dengan mudah ke lokasi Kampung Sindang Barang yang akan di tuju, jangan lupa bertanya di jalan bila bingung ya….

Liburan di Kampung Sindang Barang Bogor bisa menjadi salat satu alternatif wisata budaya yang mengasyikan. Kegiatan ini selain dapat memnambah wawasan kita, juga dapat memperkenalakan kesenian dan budaya serta kearifan lokal masyarakt Sunda kepada anak-anak kita untuk lebih mengenal dan mencintai budaya bangsanya sendiri.Selamat liburan di Bogor.[]

Follow Indra Kusuma Sejati:

Seorang blogger biasa yang mencoba melihat fakta dengan cara pandang baru untuk berbagi informasi melalui digital internet.