Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2022 | All Right Reserved

Home / Jogjakarta / Liburan di Desa Wisata Watu Lumbung Yogyakarta

Liburan di Desa Wisata Watu Lumbung Yogyakarta

/

Liburan Berkonsep Edukasi Di Desa Wisata Watu Lumbung Parangtritis Bantul Yogyakarta

Direktori Wisata –  Wisata di kampung edukasi Watu Lumbung dengan penyajian liburan bersifat mendidik dan melatih kejujuran untuk memupuk kepedulian lingkungan.

Yogyakarta bukan hanya menyajikan destinasi wisata budaya dan alamnya yang indah, namun kota ini juga menyediakan sebuah sarana wisata edukasi yang berbeda dari lainnya. Meski tempat wisata Yogyakarta ini berdiri di lahan yang tandus yang terletak di daerah bukit Parangtritis Bantul Yogyakarta ini banyak menarik dan dikujungi para wisatawan.

kampung-watu-lumbung-yogyakarta

Bila kita menghadiri di tempat wisata Kampung Watu Lumbung Bantul ini, kita tidak hanya dapat menikmati  pemandangan alamnya saja. Namun lebih dari itu kita juga sebagai pengunjung juga di ajak menanam pohon hingga berbagi kesesama seperti membangun perpustakaan bersama.

Uniknya bila kita dapat mengisi liburan sambil mengikuti program menamam pohon di lokasi, dan kita akan mendapatkan bonus voucher discount potongan harga dari menu makanan yang kita beli di tempat ini.

Bukan hanya itu saja, kita juga bisa mendapatkan satu paket makanan gratis bila kita dapat menukarkan tiga buah buku layak baca, yang mana buku-buku tersebut akan dikumpulkan dan digunakan sebagai daftar pustaka perpustakaan yang ada di lokasi desa wisata Watu Lumbung.

Di sisi lain yang bisa kita dapat temukan di tempat desa wisata Watu Lumbung Bantul Yogyakarta ini, lokasi tersebut  juga memiliki sebuah kantin makan yang berkonsep kejujuran. Di mana para tamu yang datang istirahat makan dan minum di lokasi di anjurkan untuk membayar dan menaruh uang di tempat yang telah disediakan tanpa harus membayar di loket kasir ataupun kepada petugas yang ada di tempat tersebut.

Dari informasi yang Direktori Wisata terima dari salah saorang pengelola tempat wisata tersebut, konsep ini dibuat untuk memberikan edukasi mengenai kejujuran seseorang kepada diri sendiri.

Untuk menu kuliner yang disajikan oleh kedai makan yang berada di tempat Desa Wisata Lumbung seperti sup gurameh dan tempoyak asli Palembang yang dapat memanjakan lidah kita serta minuman tradisional serba kopi tanpa merek serta wedang serai.

Meskipun tidak memiliki uang, kita juga tetap masih bisa menikmati suguhan ala Kedai Wedangan di tempat ini sekedar menikmati secangkir kopi, pisang bakar serta tahu cocol tentunya tidak perlu merogoh isi dompet terlalu dalam.

Dan yang tidak kalah menarik dari menu kuliner cemilannya yang unik seperti Granthol, Grawol, Gandos, Nagasari dan berbagai cemilan makanan lainnya. Semua makanan tersebut dipasok dari warga sekitar tempat kedai tersebut berdiri.

Bangunan yang ada di lokasi pun hampir semuanya terlihat menggunakan bambu dan kayu sebagai bahan utama bangunannya. Hal tersebut dilakukan oleh pihak pengelola dan warga untuk memanfaatkan barang-brang yang tidak terpakai dan terbuang untuk menjadi barang yang memiliki banyak fungsi dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Fasilitas tempat desa wisata Watu Lumbung ini cukup lengkap, dari lahan parkir kendaraan, kedai makan dengan menu khas spesial warga lokal Yogyakarta, toilet, musholah, dan juga tidak ketingalan perpustakaan. Semuanya lengkap tersaji dalam sebuah kawasan yang menarik dan unik untuk mengisi liburan sambil membangun rasa sosial kepedulian lingkungan dan pendidikan.

Baca juga : Wisata Batik Yogyakarta

Lokasi tempatnya asyik untuk liburan, bersih dan pelayanannya pun ramah. Bagi yang suka dunia photography, tempat desa wisata ini juga menawarkan  spot yang tepat untuk menikmati sunset. Jjika cuaca cerah dan tidak berawan, kita pun dapat menikmati pemandangan 4 gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Baca juga : Tips dan Info Wisata Murah Jogja Budget Minim

Sedangkan pemandangan untuk Pantai Parangtritis juga akan terlihat indah jika cuaca sedang mendukung. Untuk masalah harga, menurut kami harganya sesuai dengan apa yang akan kita dapatkan di tempat yang indah ini.

Seperti suasana nyaman, udara dan pemandangannya yang indah. Sedangkan untuk pemandangan malamnya pun tidak kalah indah.  Kita akan menikmati pemandangan seperti di Bukit Bintang yang bisa kita saksikan di tempat wisata jogja ini.

Cara untuk menuju lokasi Kampung Watu Lumbung tidaklah terlalu sulit, kta bisa menggunakan kendaraan roda emapt atau dua untuk menuju lokasi. Dari jembatan Kretek Parangtritis kita mengambil jurusan yang menuju Siluk Imogiri. Dari lokasi tersebut +/- 300 meter dari arah jembatan kretek kita isa langsung mengkases ke jalur jalan yang mengarah ke bukit Watu Lumbung. []

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

9 Comments

  1. wah, mantap ini kang indra, apalagi banyak aktifitas di lokasi wisata ini, bisa penghijauan juga ya kang 🙂

    • betul betul betul 🙂

  2. indah sekali dan masih keliatan tradisional ya kang seperti perpustakanya 🙂

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :