Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Liburan dan Bermain di Saung Angklung Udjo

Liburan dan Bermain di Saung Angklung Udjo

/
/

Liburan di Tempat Wisata Edukasi dan Budaya Saung Angkung Mang Udjo, Bandung, Jawa Barat

Direktori Wisata – Tempat liburan dengan sarana dan fasilitas edutaiment yang asik untuk dijadikan tempat liburan di Bandung.

Liburan tidak harus pergi ketempat yang mewah dan juga glamor. Untuk menikmat liburan akhir pekan bersama keluarga kita sebagai orang tua harus dituntut kreatif untuk mencari dan menmukan destinasi liburan yang bersifat edukatif dan pembelajaran namun tidak membosankan.

Dalam perjalanan liburan kami di sekitar tempat wisata Kota Bandung kami mencoba seutu hal yang unik namun tetap memiliki sebuah nilai inovasi yang sesekali harus berbeda dari liburan yng biasa kami lakukan, misalnya liburan sambil belajar bermain angklung yang bisa kita temukan di tempat Saung Angklung Udjo.

Saung Angklung Udjo Bandung

Informasi yang Direktori Wisata peroleh di lokasi……
Sejarah Saung Angklung Mang Udjo ini didirikan oleh Udjo Ngalagena bersama dengan istri nya Uum Sumiati. Selain sebagai pusat kesenian angklung di Bandung tempat Saung Angklung Udjo juga memproduksi beberapa jenis angklung untuk dijual. Ini juga yang menjadikan Saung Angklung Udjo sebagai pusat pendidikan dan penelitian angklung serta pusat kesenian dan kebudayaan Sunda di Bandung, Jawa Barat.

Dari pengamatan Direktori Wisata di lokasi, tempat Saung Angklung Udjo memiliki konsep sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang unik dan berlatar belakang budaya sunda yang menarik. Tidaklah heran bila Saung Angklung Udjo berhasil menarik perhatian turis baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Ini bisa dilihat dari setiap pementasan kesenia ntradisonal yang kami ikuti, dan selalu mendapatkan perhatian turis mancanegara dan lokal yang mengikuti kegiatan ini di dalamnya.

Pada acara pembukaan pertunjukan di Saung Angklung Mang Udjo ini diisi dengan sebuah pertunjukan demonstrasi Wayang Golek. Lama pertunjukkan wayang golek sekitar 10-20-an menit. Karena tidak terlalu lama, pertunjukan wayang golek di tempat wisata eukasi di Bandung ini hanya sekedar mempertunjukkan cerita yang ringan. Seperti misalnya akan bercerita tentang kisah rakyat dengan humor khas urang Bandung. Banyak di antara penonton yang tertawa terpingkal-pingkal melihat pertunjukan ini.

Pertunjukkan lainnya yang unik adalah pertunjukan Helaran. Untuk informasi sahabat Direktori Wisata, “Helaran” merupakan konsep kehidupan sehari-hari yang memiliki nilai  ritual dalam melangsungkan syukuran untuk anak yang baru di khitan atau disunat. Nah, di Saung Angklung Udjo dipertunjukkan sebagai pertunjukan seni yang apik dan menarik seperti yang kmi nikmati di tempat wisata Bandung ini.

Pentas Seni Saung Angklung Udjo Bandung


Pada pertunjukan ini kita juga dapat menikmati berbagai macam tarian Sunda. Dimana pada pertunjukan yang kami lihat ada banyak peserta yang menyanyi dengan iringan alat musik angklung. Uniknya, pertunjukan ini dipentaskan oleh anak-anak didik dari Saung Angklung Udjo sendiri yaang umur mereka rata-rata masih dibawah 10 tahun. Selain seru dan menarik, kita bisa menyaksikan keluguan dari pentas seni yang dimainkan oleh anak-anak yang lucu dan imut-imut. He,, he, he,,,

Pertunjukan Angklung Saung Mang Udjo Bandung

Pertunjukkan lainnya yang menarik di tempat wisata Saung Angklung Mang Udjo adalah Arumba dan Angklung Mini. Pada pertunjukan kesenian tradisonal ini kami menyaksikan bagaimana indahnya alat-alat musik khas Sunda yang keren dipadukan dengan tari-tarian Jawa Barat yang cantik. Kita bisa menyaksikan kaloborasi pentasi seni alat tradisonal dengan modren sekaligus yang dapat menghibur sekaligus memberikan nilai edukatif bagi para penontnnya.

Pada pertunjukan ini setiap penonton yang ada akan diajak untuk bermain angklung bersama dengan para pemain angklung dari Saung Angklung Udjo. Dnan kita sebagai penonton akan dipinjamkan 1 buah angklung yang tujuannya nanti akan dimainkan secara bersama-sama.

Pada sesi pertunjukan ini nantinya setiap penonton akan memiliki tugas masing-masing untuk menggoyang Angklung yang dipegangnya dan memainkan sebuah nada. Bagi kita yang belum bisa bermain angklung tidak perlu khawatir, bila kita mengikuti instruksi dari pemandu, nantinya kita akan heran bila kita bisa mahir bermain angklung dengan iringan musik yang spektakuer di sini. Jadi tenang saja, jangan takut salah karena kapan pelaksanaannya akan langsung dipandu oleh seorang dirigen musik yang ada di tengah arena pertunjukan. Keren kan ?…..

Pertunjukan Saung Angklung Udjoa

Namun, yang harus diingat pertama kali untuk membunyikan sebuah angklung pun kita juga harus mengetahui tekniknya. Jangan sampai salah pegang ya teman…. karena jika kia sampai salah memegangnya, maka bisa-bisa angklungnya tidak mengeluarkan bunyi sama sekali, malah aneh nanti jadinya. ha,, ha,, ha,

Pada waktu yang ditentukan kita akan diberi instruksi untuk mengikuti aba-aba dari sang dirigen. Kita dan penonton lainnya hanya boleh memainkan angklung yang dipegang. Bila sang dirigen telah memberi tanda dengan tangannya. Percaya atau enggak, ternyata kita akan merasa kalau memainkan angklung itu mudah dan tidak sesulit apa yang dibayangkan sebelumnya.

Bahkan beberapa lagu yang bisa kita nikmatin dari tradisional, nasional bahkan modern dan internasional pun bisa kita mainkan bersama-sama dengan suara merdu yag bisa membuat kita hanyaut serta tenggelam dalam suana irama merdu yang dimainkan oleh seluruh peserta yang hadir di Suang Angklung Mang Udjo ini.

Setelah acara pentas kesenian di Saung Angklung Mang Udjo ini, kami pun menyempat diri untuk melihat dan berkeliling di alam area. Ternyatai tempat ini tidak hanya sebuah tempat pertunjukan dan pembuatan alat musik angklung tradisonal. Bahkan kami menemukan beberapa ruangan yag disipakan bagi para tamu yang akan menginap di lokasi ini. Jadi , bagi kita yang datang dari luar kota atau pulau Jawa, bisa mengambil tempat penginapan di tempat Saung Angklung Mang Udjo.

Fasilitas Saung Angklung Mang Udjo Bandung

Fasilitas Saung Angklung Mang Udjo bukan hanya menyediakan temat pertunjukan seni dan budaya saja, namun di tepat ini juga kita dapat menemukan penginapan di Saung Angklung Mang Udjo Bandung ini sagat bersih. Dan untuk yang lainnya tempat ini juga menyajikan kuliner khas sunda.

Di rumah makan dapur mang Udjo tersedia berbagai menu yang dapat kita coba, salah satu yang menjadi andalan di rumah makan ini adalah nasi timbel komplit angkung, ketika memesan menu ini makan kita akan mendapatkan sajian lengkap nasi timbel, tahu, tempe, lalapan, dan sambal, sementara lauknya pengunjung dapat memilih ayam tulang lunak atau gepuk, nasi liwet dan nasi tutug oncom.

Apalagi beberapa teras yang terdapat di dalam area lokasi bisa dipergunakan untuk duduk-dudk sambil istirahat dan menikmati menu makanan yang bisa kita dapatkan di lokasi. Hijaunya taman dan rindangnya pepohonan menjadi salah satu pemandangan yang disajikan di tempat ini bagi para pengunjungnya.

Di Saung Mang Udjo juga dijual berbagai macam kerajinan tangan mulai dari gantungan kunci, boneka wayang golek, tas unik hingga satu set alat kesenian tradisonal angklung untuk berlatih di rumah.

Harga tiket Masuk Suang Mang Udjo Rp. 60.000,- / orang pada hari biasa dan pada hari Sabtu dan Minggu Rp 75.000,- / orang . Mungkinn tiket di Saung Angklung Unjo terkesan mahal, namun sebenarnya tidak. Karena tiket tersebut sudah termasuk welcome drink berupa bandrek hangat plus menonton pertunjukkan selama 2 jam.

Sedangkan untuk jadwal pertunjukan Saung Angklung Mang Udjo Untuk sendiri diadakan setiap harinya pada pukul 9.00 dan pukul 15.30.

Cara menuju ke Saung Angklung Udjo kia bisa langsung menuju Jalan Padasuka no 118, Bandung Timur, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi sangat mudah karena hanya melewati jalan utama Bandung saja.

Jika sahabat Direktori Wisata Indonesia naik mobil dari Jakarta, pastikan kalian keluar di tol Pasteur lalu melewati flyover Pasupati hingga kemudian sampai ke jalan Surapati. Setelah itu kita tinggal mengarah ke kiri hingga sampai di jalan Padasuka. Namun jika sabahat menggunakan Sepeda motor sewaan di Bandung, cari saja ke arah flyover Pasupati dan ikuti seperti petunjuk sebelumnya. Untuk mememukan papan petunjuk yang mengarahkan ke Saung Angklung Udjo juga sangat mudah ditemukan.

Bagi sahabat Direktori Wisata yang memilih untuk naik angkutan umum, silahkan naik angkot dengan jurusan Cicaheum. Pastikan sebelum naik bilang pada supir angkot bahwa kita ingin turun di Saung Mang Udjo. Soalnya lokasi tempat pertunjukan Angklung di Bandung tersebut kurang lebih hanya berjarak sekitar 500 meter sebelum angkot mencapai terminal Cicaheum.

Kunjungi juga : Camping Ground Mewah Pasirhalang Lembang Bandung Barat, Indonesia

Setelah itu kita bisa melanjutkan ke tempat tujuan dengan berjalan kaki atau jika tidak mau capek kalian bisa menyewa ojek. Ketika kita melihat pelataran parkir yang luas dan dikelilingi oleh pohon-pohon bambu, itu berarti kalian sudah sampai di Saung Angklung Mang Udjo yang ada di Bandung. Jadi tidak sulit untuk ke tempat wisata seni dan budaya di Bandung ini. Mudah bukan ?…..

Semoga penglaman liburan dan bermain di Saung Angklung Udjo yang kami jalini ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi sahabat Direktori Wisata Indonesia untuk mendapatkan info liburan Bandung yang bisa menjadi pilihan bersama keluarga dan anak-anak untuk menambah wawasan dan pengenalan tentang seni tradisonal Jawa Barat secara menyenangkan.Selamat liburan di tempat wisata Bandung ya….[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

11 Comments

  1. PERTAMAX…
    Kebetulan tangki lagi kosong…
    Tiketnya lumayan mahal Mas…
    Plus makan gak ya?

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Ga mas, makan bayar sendiri, yang ada cuman welcome drink aja. Kalau dilihat dari harga mah sepintas cukup mahal. Tapi kalau sudah kita mengikuti kegiatan acara di dalamnya nanti tahu sendiri deh, selain itu juga sih di tempat ini kita akan mengikuti pagelar seni pentas langsung dan belajar angklung secara bersama-sama mas, bukan hanya itu. Bagi kita yang akan mengetahui tentang proses pembuatan angklungnya pun bisa langsung menuju bengkelnya di lokasi belakang yang tertata rapih dan enak juga sih untuk dikunjungi.

      • Wah… ada yang menarik lainnya rupanya…
        Ternyata bisa berkunjung ke bengkel angklung juga… pastinya seru banget ya Mas…

        • mas @DedyAkasWebsites:disqus mau tah

  2. perasaan saung angkulng mang udjo pernah tampil di salah satu station televisi deh… di tempatku juga ada saung angklung kek gini,,, jadi selain wisata body rafting juga ada semacam penampilan angklung gitu,,,

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Tempat aung mangudjo ini memang sudah sering terlihat dan diliput sama TV mas, bahkan bukan saja nasional namun juga di tingkat internasional.

      Wah bolehjuga kapan-kapan saya main ke tempat Kang @disqus_R7JGmByzXl:disqus ya…. seru juga tuh.

  3. hebat mas, semua alat musiknya pake tradisional, sekarang mah banyak yang ogah karena lebih mudah dan simple jika menggunakan yang modern

    • Indra Kusuma Sejati berkata:

      Benar kang, namun bila kita melihat dari dekat seperti saat berkunjung ke lokasi ini, malah atusian para wisatawan asing untuk belajar da mengetahui lebih jauh tentang alat kesenian tradisonal Idnonesia itu lebih antusias.

      Bahkan di antara wisatawan asing tersebut sampai rela mereka sekolah dan belajar dengan benar tanentang alat musik tradisional seperti angklung ini.

      • jempol 4

  4. Nah, Liburan yg spt ini yg jrang orng dapatkan ya kan pakdhe.
    Liburan alangkah baiknya mengenal budaya dan seni musik tradisional begini.

  5. Saung Angklung Mang Udjo cukup terkenal di kalangan masyarakat Jabar, salah satu tempat yang menyediakan pertunjukan seni dan budaya yang juga menyediakan penginapan. Tempat yang rekomended untuk dikunjungi ya, mang…

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :