Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Wisata Rohani / Liburan Cerdas Di Bulan Ramadhan

Liburan Cerdas Di Bulan Ramadhan

Cara Mudah Mengisi Liburan Di Bulan Ramadhan

Direktori Wisata – Bulan suci Ramdhan yang berjalan  +/- 30 hari, bukan menjadi penghalang bagi kita untuk duduk diam atau mengurangi segala aktifitas. Bila kita jeli, justru di dalam bulan suci Ramdhan inilah banyak hikmah dan pertolongan langsung dari langit bila kita bisa melakukan perjalanan liburan cerdas di Bulan Ramadhan

wisata-pulau-pramuka

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk dapat mengoptimalkan kegiatan yang positif, dari menggali dan menambah ilmu agama, sampai langsung mempraktekkan apa yang diajarkan oleh agama kepada kita.

Konon, antara teori dan praktek jarang sekali yang singkron, dengan kata lain banyak orang yang mampu mengucapkan sesuatu hal namun belum tentu mampu melaksakanannya apa yang diucapkannya. Sebenarnya kita kembalikan kepada niatan pribadi yang melakukannya, karena bila melakukan sesuatu dengan dasar ilmu pengetahuan dan keyakinan itu lebih mantap, dari pada yang hanya nanggung, apalagi yang ilmunya banyak tapi tidak dijalankan.

Bila kita melihat lebih jauh, liburan di bulan suci Ramadhan itu banyak manfaat, Karena salah satu doa yang dikabulkan oleh Alloh adalah doanya orang dalam perjalanan, apalagi perjalanan liburan ini dilakukan pada saat bulan suci Ramadhan. Namun, kita harus melakukan perjalanan liburan di bulan Ramadhan dengan cerdas.

Mungkin hal ini jarang sekali orang tahu bila doanya orang yang selama melakukan perjalanan liburan itu merupakan salah satu doa yang dikabulkan. Bahkan banyak diantara kita pada saat melakukan perjalanan liburan malah jarang berdoa, dan doanya hanya waktu-waktu tertentu saja. Padahal selama melakukan perjalanan liburan itulah diri kita mejadi seorang musafir yang berpindah-pindah dan doanya manjadi mustajab bukan ? He,, he, he,,,

Bagi kita yang mampu melakukan perjalanan liburan Umroh di Bulan Suci Ramadhan, tentu menjadi sebuah peluang kesempatan. Dimana selama perjalanan sebelum pergi hingga sesudah pulang segala doa dan harapan dapat terkabul dengan cepat. Apalagi ini dilakukan pada saat bulan suci Ramadhan. Bagaimana dengan kita yang belum memiliki kesempatan di tahun ini ?

Bagi kita yang belum memiliki kesempatan melakukan perjalanan liburan Umroh di bulan suci Ramadhan kali ini tidak perlu khawatir. Karena kita tetap bisa menjalankan liburan cerdas di Bulan suci Ramadhan dengan penerapan konsep yang berbeda dan sederhana, namun tetap pada tujuan niat yang sama yaitu ibadah.

Salah satu keberhasilan dari penerapan liburan cerdas di bulan suci Ramadhan ini adalah dengan mensiasati waktu-waktu mustajab doa dan permohonan kita dikabulkan oleh Alloh, seperti liburan ketempat wisata religi dengan melakukan wisata rohani, seperti berkunjung ke rumah sanak saudara atau pun kerumah anak yatim dan dhuafa, buka puasa bersama anak yatim, dan sebagainya.

Waktu mengisi liburan di bulan Ramadhan ini sebaiknya kita tidak perlu membawa barang yang terlalu berat, dan persiapkan uang secukupnya di dompet untuk belanja makanan pada saat waktu berbuka nanti. Dan usahakan kita sudah dapat menentukan tempat untuk berbuka puasa nantinya, baik itu di rumah makan atau pun restaurant.

Baca juga : Tempat Buka Puasa Ramadhan di Jakarta

Bila kita sekalian akan melakukan ibdaha sholat magrib, pilih masjid yang besar dan terdekat dengan lokasli liburan yang sedang kita kunjungi. Bila kita melakukan liburan di Jakarta pada bulan Raadhan kita bisa beristirahat dan buka bersama di Masjid Istiqlal atau di masjid lainnya.

Baca juga : Wisata Religi Islam di Masjid Lautze Jakarta

Agar tidak merepotkan orang lain, sebaiknya kita dapat membawa bekal makanan di dalam tas untuk berbuka puasa, atau kita dapat membeli makanan untuk berbuka beberapa jam sebelum waktu berbuka, kita pun bisa menggunakan waktu berbuka ini sebagai ajang berbagi dengan rejeki utnuk orang lain menikmati santapan berbukan puasa. Hal ini agar ibadah buka puasa kita menjadi barokah.

Baca juga : Libur Mudik Lebaran:: Ini Cara Jitu Mempersiapkannya

Mengoptimalkan waktu bulan suci Ramadhan dengan konsep liburan cerdas secara natural akan dapat membantu diri kita menyelesaikan permasalahan yang sedang kita hadapi, caranya cukup sederhana namun dibutuhkan keberanian dan keikhlasan untuk melakukannya.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

16 Comments

  1. suatu saat nanti moga saya bisa melakukan liburan ditanah suci pada bulan ramadhan mas.
    semoga

    • Ikut mendoakan mas, semoga terlaksana liburan di tanah suci pada bulan Ramadhan. Amiiin…

  2. jalan2 kemasjid jg lumayan tuh apalagi seperti masjid istiqlal yg megah itu

  3. lagi2 saya dapet pertamax

    • Ini baru komentar yang cerdas mencegat waktu. 😀

  4. keberanian, ikhlas dan niat yang besar bantu mewujudkan liburan cerdas di bulan ramadhan ya

    • saya sih setuju dengan liburan cerdas karena perlu juga perhitungan tenaga dan materi untuk bulan puasa, karena masih ada hari lebaran nanti untuk kita sambut yang mungkin juga memerlukan banyak dana….iya gak gan? makanya perlu liburan cerdas untuk yang hoby travelling.

  5. biasanya liburan ke tempat suci lalu tefakkur ….atau jiarah makam ulama lalu bertawasul di sana….mungkin akan lebih mustajab kali ya kang…

  6. alhamdulillah setiap malam saya selalu berkunjung ke tempat suci (MASJID) 😀

  7. liburan ramadan ya seringnya diisi jalan jalan sore
    ngabuburbeurit kata orang sunda mah

  8. Ini judulnya menggelitik banget, liburan cerdas di bulan ramadhan. Saya pikir, orang-orang lebih suka di rumah saja saat ramadhan ini, seperti saya juga, rupanya bisa juga dibuat semacam liburan ya Mas.

    Makasih inspirasinya. Saya berpikir, saya mau jalan-jalan kemana nih saat ramadhan ini…

    Salam,

    • Asal niatnya ibadah dan bisa mensiasatinya liburan di bulan Ramdhan dengan ceerdas akan memberikan manfaat yang banyak juga loh kang. 😀

  9. wah liburan di bulan puasa itu emang seru, tapi esensinya jangan sampai karena kelelahan jadi pecah deh puasanya,. hehehe

  10. kalau perjalanan jauh kan ada pengecualian untuk tidak berpuasa tapi apa kalau liburan juga ada pengecualiaan ya ?

    • Tinggal penerapan dari masing-masing individunya saja Kang, karena semuanya ada dasar hukumnya. Kembali kepada niatnya, karena masalah puasa hanya individu dan Tuhan yang tahu, malaikat saja tidak tahu. apalagi orang lain. 😀

  11. saya puasa ngga kemana-mana kang,, cukup di rumah sekalian nongkrongin FB.. hihihihi

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :