Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Info / Libur Mudik Lebaran:: Ini Cara Jitu Mempersiapkannya

Libur Mudik Lebaran:: Ini Cara Jitu Mempersiapkannya

Cara Mudah Mempersiapkan Libur Mudik Lebaran Tanpa Pusing

Direktori Wisata –  Arus libur mudik lebaran menggunakan kendaraan pribadi diwarnai banyak keluhan yang disebabkan oleh kemacetan pada saat melalui rute jalan pulang kampung.

Libur mudik lebaran merupakan momen yang banyak dinantikan oleh banyak orang. Ajang silaturahmi temu kangen dengan keluarga dan rekan semasa kecil dulu dikampung halaman mejadi waktu yang sangat berharga bagi kita. Tidaklah heran banyak jauh-jauh hari dari kita yang mempersiapkan momen ini dari menabung dan mempersiapkan tiket kendaraan yang akan kita pergunakan baik kereta api, pesawat, maupun bus, bahkan kendaraan rental.

Libur Mudik Lebaran

Jika sahabat Direktori Wisata  ingin melakukan perjalanan mudik lebaran dengan bernuansa liburan. Saran kami ada baiknya mulai dari sekarang sahabat sekeluarga merpersiapkan segala sesuatunya. Terutama kita harus mempertimbangkan waktu mudik lebaran yang dapat disesuaikan dengan budget.

Di Indonesia aktivitas mudik lebaran mulai meningkat pesat pada pekan terakhir Ramadhan. Tidaklah heran banyak pemandangan masyarakat yang menumpuk berbondong-bondong yang dapat kita temukan di beberapa lokasi, seperti di stasiun, terminal, bandara, jalan tol yang dilalui oleh para pemudik lebaran yang ada di kota-kota besar Indonesia dengan aktivitas pulang ke kampung halamannya dalam rentang waktu hampir bersamaan.

Selain itu, persiapan kebutuhan mudik lebaran sebaiknya juga dilakukan jauh-jauh hari, untuk menghemat biaya akomodasi dan transportasi. Persiapan dari sekarang bisa menghindari harga-harga kebutuhan pokok dan barang cenderung melonjak selama Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Mulailah menyiapkan perbekalan yang akan dibawa nantiya seperti membeli makanan tahan lama sebagai camilan di mobil dan mencari oleh-oleh bagi keluarga untuk di kampung. Selain perbekalan makanan, Sahabat Direktori Wisata Indonesia juga wajib membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga selama di perjalanan.

Tak hanya menghindari kenaikan harga, selain itu kita juga dapat melakukan aktivitas belanja jauh hari juga membuat waktu lebih efisien. Pilihan waktu itu akan membuat Anda terbebas dari antrean panjang di supermarket, pasar tradisional atau departemen store yang biasa terjadi selama Ramadhan.

Selain perbekalan, Kita  dan anggota keluarga juga sudah harus menjaga kondisi kesehatan badan agar tetap sehat dan fit. Terlebih lagi pada akhir-akhir bulan puasa Ramadhan, perubahan pola makan dan jam tidur akan mempengaruhi metabolisme tubuh kita bagi yang kurang terbiasa.

Hal yang terpenting jangan sampai sahabat Direktori Wisata Indonesia gagal mudik ke kampung halaman saat detik-detik terakhir ingin berangkat karena menderita cedera serius atau jatuh sakit sayangkan ?

Karena hal terindah dalam hidup bukannnya hanya harta yang berlimpah. Namun, kita dapat bertemu dan berkumpul kembali bersama keluarga dan orang-orang yang kita sayangi saat kita mengisi libur mudik lebaran di kampung halaman.

Baca juga : Cara Paling Mudah Pesan Kereta Api Libur Mudik Lebaran

Bagi sahabat dan pembaca Direktori Wisata Indonesia, yang ingin liburan mudik lebaran sambil pulang kampung halaman dengan membawa kendaraan sendiri, namun tidak memiliki kendaraan pribadi bisa menggunakan jasa kendaraan rental mobl.

Baca juga : Tips Cara Jitu Menghindari Kemacetan Mudik Lebaran

Nuansa mudik lebaran beraroma liburan akan lebih kental terasa bila perjalanan dilakukan memakai kendaraan pribadi atau rental mobil. Kita akan merasakan fleksibelitas waktu  yang lebih luas dengan moda tersebut.

Tips Mencari Jasa Rental Mobil Untuk Libur Mudik Lebaran

  1. Pastikan saja jasa penyewaan kendaraan tersebut  memiliki reputasi bagus dan kendaraan yang disewakan juga masih berumur di kisaran satu sampai dengan empat tahun.
  2. Reputasi baik setidaknya akan memberikan gambaran kualitas layanan yang akan kita dapatkan.
  3. Perhatikan  umur kendaraan yang akan kita sewa. Gunakanlah kedaraan yang masih berusia muda setidaknya untuk meminimalkan risiko gangguan kendaraan dalam perjalanan.
  4. Sebaiknya, pilih juga jasa penyewaan atau rental mobil itu memberikan fasilitas proteksi bagi kendaraan dan penyewa. Akan lebih baik lagi bila rental ini tak hanya ada di kota tempat kita tinggal.
  5. Semakin banyak cabang atau jejaring rental tersebut, bobot rekomendasi untuk memakai jasa sewa rental bisa menjadi nilai tambah.
  6. Informasi tambahan jejaring atau cabang tersebut akan menjadi alat bantu kita bila dalam perjalanan ada kendala yang tak terhindarkan. Tak hanya jumlah outlet yang dihitung, tetapi juga periksa ada di kota mana saja lokasi jejaring yang dimiliki rental tersebut.
  7. Bila memungkinkan, gali pula peluang mendapatkan potongan harga sewa kendaaan yang akan kita gunakan.
  8. INGAT Potongan harga rental kerap ditawarkan bila pemesanan dilakukan jauh-jauh hari sebelum waktu pemakaian. Misalnya, saat ini ada program promo dari salah satu rental mobil, dengan kisaran potongan harga sewa sekitar 15 persen dari harga normal. Atau sesuai dengan kebijakan perusahaan rental mobil tersebut.

Baca juga : Asuransi Perjalanan dan Manfaatnya Bagi Wisatawan

Semoga tips dan info libur mudik lebaran yang kami bagikan di atas dapat membantu sahabat Direktori Wisata untuk membantu  cara mempersiapkan libur mudik lebaran  tersebut dapat memberikan solusi bagi  sahabat dan pembaca setia Direktori Wisata Indonesia dalam mempersiapkan diri bersama keluarga menghadapi libur lebaran nantinya untuk pulang kampung ataupun jalan-jalan .[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

16 Comments

  1. biasanya saat lebaran hanya silaturrahmi ke sanak keluarga, dan alhamdulillah gak jauh2 jadi gak perlu sewa mobil. tinggal pake mobil saudara GRATIS

  2. pastinya jika mau sewa mobil, harus pinter memilih memilah kwalitas dan pelayanan yang bagus

  3. baru 4 hari pusa dah ada cara mudik jitu… saya catet dulu mas

    • Karan acara ltradisi mudik lebaran bisanya sudah bisa pada bergerak di pertengahan bulan kang. dan persiapannya malah ada an telah dilakukan sebalum puasa mang. ha,, ha, ha,

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate »
Ad Clicks :Ad Views :