Menelusuri Cerita Legenda Gunung Krakatau

posted in: Lampung, Wisata Alam | 77

Menyusuri Jejak Kerajaan Karkata Di Gunung Krakatau

Direktori Wisata – Cerita legenda krakatau berawal dari kisah di Kerajaan Karkata yang memperebutan kotak Pandora yang bisa membawa siapa pun pemiliknya ke negeri gaib.

cerita-legenda-krakatau_

Indonesia dikenal dengan lokasi yang terletak di persimpangan tiga lempeng benua, yang ketiganya tersebut bertemu di negeri Nusantara tercinta ini. dari hasil pertemuan ketiga lempeng dunia tersebut maka menghasilkan tekanan pada kulit bumi yang mengakibatkan kulit bumi terdesak ke atas membentuk paparan yang luas dan beberapa barisan pegunungan yang sangat tinggi, dan salaah satunya adalah Gunung Krakatau.

Konon dulunya Gunung Krakatau ini pernah meletus dahsyat yang mengakibatkan kerusakan yang fatal di permukaan bumi. Hal ini terlihat di beberapa catatan geologis yang bisa kita dapatkan. Namun, semua kini telah berbuah yang sekarang tinggalah pesona keindahan alam dari anak Gunung Krakatau yang dijadikan lokasi Cagar Alam yang dilindungi.

Awal perjalanan dari kawasan wisata Kalianda Lampung berjarak +/ 3 jam dengan menggunakan perahu motor nelayan. Kisah yang disampaikan oleh para pengguwa anak Gunung Krakatau dan masyarkat setempat yang diterima oleh Direktori Wisata. Konon dulunya kawasan di daerah sekitaran anak Gunung Krakatau ini terdapat sebuah negeri kerajaan yang bernama Karkata.

gunung-krakatau

Dibalik kemegahan dan keindahan kawasan Cagar Alam Gunung Krakatau yang kami kunjungi, lokasi memiliki kisah cerita yang untuk sampai dengan legenda yang menarik yang hingga kini masih menjadi kisah cerita tersendiri dari beberapa tokoh masyarakat di sekitar pulau Gunung Krakatau.

Cerita ini terjadi pada tahun 1883 pada saat meletusnya Gunung Krakatau berawal dari perebutan kotak Pandora yang bisa membawa siapa pun pemiliknya ke negeri gaib yang diinginkan.

legenda-krakatau

Konon, dulunya di kawasan Gunung Krakatau terdapat sebuah sebuah negeri bernama Kerajaan Karkata yang berada di kaki gunung Krakatau. Pada tahun 1883 kerajaan Karkata mengalami gempa berkali-kali karena terbukanya kotak Pandora dari alam lain.

Pada saat bersamaan, seorang dukun kepiting yang merupakan dukun ilmu hitam di kerajaan Karkata menemukan kembali kekuatannya dengan terbukanya kotak Pandora tersebut. Dengan kekuatannya ini dukun Kepiting bisa menghidupkan kembali pasukan kepitingnya yang musnah ketika Krakatau meletus untuk pertama kalinya pada Mei 1883.

Lalu kotak Pandora ini kemudian diperebutkan oleh Dukun Kepiting maupun Ratu Karkata. Karena menurut ramalan, kotak Pandora ini bisa mengantarkan siapapun pemiliknya menuju alam gaib ketika terjadi letusan Krakatau yang paling besar .

Informasi lebih lanjut, Kotak Pandora ini juga diramalkan bisa membantu menghidupkan pasukan jin untuk menghadapi pasukan kepiting yang akan datang menyerang kerajaan Karkata. Dengan bantuan kotak Pandora ini Ratu Karkata pun menghidupkan kembali pasukan jin yang telah pingsan selama ribuan tahun.

legenda-krakatau

Tidak lama dari kejadian tersebut. Perang gaib pun terjadi dengan memperebutkan kotak Pandora antara Pasukan jin negeri kerajaan Karkata dan pasukan kepiting. Ratu Karkata dan Dukun Kepiting saling mengejar untuk mendapatkan kotak Pandora. Namun sayangnya kotak Pandora yang diperebutkan itu justru akhirnya tertutup dan menghilang secara gaib. Hilangnya kotak Pandora ini membuat Krakatau meletus dengan hebat pada bulan Agustus 1883.

Selain kisah legenda Krakatau yang Direktori Wisata dapatkan, Kami juga mendapatkan cerita berbau misteri yang terjadi di kawasan Gunung Krakatau ini. Walau terlihat sepi dan jauh dari segala aktivitas kehidupan, pulau Anak Gunung Krakatau ini bila menjelang malam tiba sering terdengar alunan gending wayang yang dimanikan oleh seorang dalam. Seklas suara gaduh, tawa dan canda pun terdengar jelas di telinga para punggawa yang memiliki tugas di lokasi ini.

Dari pengamatan Direktori Wisata di lokas Cagar Alam Gunung Krakatau hanya kami para peserta dan panitia dari kegiatan Krakatau Festival yang hadir dilokasi pulau ini, dan sisanya hanya beberapa wisatawan yang mendapatkan ijin dan sedang berlibur di lokasi ini. Jarang sekali ada kegiatan di lokasi ini. Selain tempatnya terletak di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Sumatera, kawasan ini terisolir dari pengunjung luar yang datang tanpa ijin.

Terlepas dari kisah Cerita Legenda Krakatau yang kami temukan di lokasi, tempat cagar alam ini memang indah dan masih bersih.Bahkan bila kita perhatikan pesisir pantainya Pulau Anak Gunung Krakatau ini pasirnya berwarna hitam, dan konon pasir ini mengandung biji besi yang tinggi dari letusan Gunung Krakatau.

Dari pengalaman kami melakukan perjalanan jelajah wisata Indonesia di beberapa daerah, setiap langkah kami yang terpijak, di tempat itulah kami mendapatkan sebuah legenda yang memberikan sebuah gambaran bahwa negeri Indonesia itu kaya akan hal yang unik dan menarik, seperti halnya cerita legenda Gunung Krakatau.[]

Follow Indra Kusuma Sejati:

Seorang blogger biasa yang mencoba melihat fakta dengan cara pandang baru untuk berbagi informasi melalui digital internet.