Menelusuri Cerita Legenda Gunung Krakatau

posted in: Lampung, Wisata Alam | 77

Menyusuri Jejak Kerajaan Karkata Di Gunung Krakatau

Direktori Wisata – Cerita legenda krakatau berawal dari kisah di Kerajaan Karkata yang memperebutan kotak Pandora yang bisa membawa siapa pun pemiliknya ke negeri gaib.

cerita-legenda-krakatau_

Indonesia dikenal dengan lokasi yang terletak di persimpangan tiga lempeng benua, yang ketiganya tersebut bertemu di negeri Nusantara tercinta ini. dari hasil pertemuan ketiga lempeng dunia tersebut maka menghasilkan tekanan pada kulit bumi yang mengakibatkan kulit bumi terdesak ke atas membentuk paparan yang luas dan beberapa barisan pegunungan yang sangat tinggi, dan salaah satunya adalah Gunung Krakatau.

Konon dulunya Gunung Krakatau ini pernah meletus dahsyat yang mengakibatkan kerusakan yang fatal di permukaan bumi. Hal ini terlihat di beberapa catatan geologis yang bisa kita dapatkan. Namun, semua kini telah berbuah yang sekarang tinggalah pesona keindahan alam dari anak Gunung Krakatau yang dijadikan lokasi Cagar Alam yang dilindungi.

Awal perjalanan dari kawasan wisata Kalianda Lampung berjarak +/ 3 jam dengan menggunakan perahu motor nelayan. Kisah yang disampaikan oleh para pengguwa anak Gunung Krakatau dan masyarkat setempat yang diterima oleh Direktori Wisata. Konon dulunya kawasan di daerah sekitaran anak Gunung Krakatau ini terdapat sebuah negeri kerajaan yang bernama Karkata.

gunung-krakatau

Dibalik kemegahan dan keindahan kawasan Cagar Alam Gunung Krakatau yang kami kunjungi, lokasi memiliki kisah cerita yang untuk sampai dengan legenda yang menarik yang hingga kini masih menjadi kisah cerita tersendiri dari beberapa tokoh masyarakat di sekitar pulau Gunung Krakatau.

Cerita ini terjadi pada tahun 1883 pada saat meletusnya Gunung Krakatau berawal dari perebutan kotak Pandora yang bisa membawa siapa pun pemiliknya ke negeri gaib yang diinginkan.

legenda-krakatau

Konon, dulunya di kawasan Gunung Krakatau terdapat sebuah sebuah negeri bernama Kerajaan Karkata yang berada di kaki gunung Krakatau. Pada tahun 1883 kerajaan Karkata mengalami gempa berkali-kali karena terbukanya kotak Pandora dari alam lain.

Pada saat bersamaan, seorang dukun kepiting yang merupakan dukun ilmu hitam di kerajaan Karkata menemukan kembali kekuatannya dengan terbukanya kotak Pandora tersebut. Dengan kekuatannya ini dukun Kepiting bisa menghidupkan kembali pasukan kepitingnya yang musnah ketika Krakatau meletus untuk pertama kalinya pada Mei 1883.

Lalu kotak Pandora ini kemudian diperebutkan oleh Dukun Kepiting maupun Ratu Karkata. Karena menurut ramalan, kotak Pandora ini bisa mengantarkan siapapun pemiliknya menuju alam gaib ketika terjadi letusan Krakatau yang paling besar .

Informasi lebih lanjut, Kotak Pandora ini juga diramalkan bisa membantu menghidupkan pasukan jin untuk menghadapi pasukan kepiting yang akan datang menyerang kerajaan Karkata. Dengan bantuan kotak Pandora ini Ratu Karkata pun menghidupkan kembali pasukan jin yang telah pingsan selama ribuan tahun.

legenda-krakatau

Tidak lama dari kejadian tersebut. Perang gaib pun terjadi dengan memperebutkan kotak Pandora antara Pasukan jin negeri kerajaan Karkata dan pasukan kepiting. Ratu Karkata dan Dukun Kepiting saling mengejar untuk mendapatkan kotak Pandora. Namun sayangnya kotak Pandora yang diperebutkan itu justru akhirnya tertutup dan menghilang secara gaib. Hilangnya kotak Pandora ini membuat Krakatau meletus dengan hebat pada bulan Agustus 1883.

Selain kisah legenda Krakatau yang Direktori Wisata dapatkan, Kami juga mendapatkan cerita berbau misteri yang terjadi di kawasan Gunung Krakatau ini. Walau terlihat sepi dan jauh dari segala aktivitas kehidupan, pulau Anak Gunung Krakatau ini bila menjelang malam tiba sering terdengar alunan gending wayang yang dimanikan oleh seorang dalam. Seklas suara gaduh, tawa dan canda pun terdengar jelas di telinga para punggawa yang memiliki tugas di lokasi ini.

Dari pengamatan Direktori Wisata di lokas Cagar Alam Gunung Krakatau hanya kami para peserta dan panitia dari kegiatan Krakatau Festival yang hadir dilokasi pulau ini, dan sisanya hanya beberapa wisatawan yang mendapatkan ijin dan sedang berlibur di lokasi ini. Jarang sekali ada kegiatan di lokasi ini. Selain tempatnya terletak di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Sumatera, kawasan ini terisolir dari pengunjung luar yang datang tanpa ijin.

Terlepas dari kisah Cerita Legenda Krakatau yang kami temukan di lokasi, tempat cagar alam ini memang indah dan masih bersih.Bahkan bila kita perhatikan pesisir pantainya Pulau Anak Gunung Krakatau ini pasirnya berwarna hitam, dan konon pasir ini mengandung biji besi yang tinggi dari letusan Gunung Krakatau.

Dari pengalaman kami melakukan perjalanan jelajah wisata Indonesia di beberapa daerah, setiap langkah kami yang terpijak, di tempat itulah kami mendapatkan sebuah legenda yang memberikan sebuah gambaran bahwa negeri Indonesia itu kaya akan hal yang unik dan menarik, seperti halnya cerita legenda Gunung Krakatau.[]

  • Padahal deket dari Rumah ,,,, tapi belum sempet ke sana :D,,, malu saya

    • tuh masih banyak penggalan cerita legenda yang bisa anda dapatkan…dekat rumah kan? makanya gampang aksesnya kalau dekat.

      • Benar mbah, kalau dekat pasti sering main ke sana indah banget tempatna, Mas Adriyanto kalau ada waktu dan kesempatan bisa main ke Krakatau.

      • wuih kang indra udah jadi blogger profesional euy, sarana prasarananya udah canggih, tuh liat aja gunung krakatau yang ada ditengah laut ge’ bisa di jepret jadi kliatandeket banget kan.

        • ha,,, ha,, ha,,,, bisa aja nih Mag lembu, masih belajar kang. makasih atas xupportnya. 😀

  • masing masing daerah mempunyai legendanya sendiri dan itu memang menarik untuk di ceritakan…
    sekarang legenda itu mungkin hanya jadi dongeng pengentar tidur anak-anak, namun itu penting karena di dalamnya terkandung pesan moral bagi semua manusia dan kehidupannya di muka bumi ini

    • Benar mbah, terkadang ada yang mengnggap sebuah kisah legenda itu dari sudut kacamata yang berbeda, namun bila mengabil dari sisi positifnya , malah kita akan banyak pembelajaran di sana. Indahnya Inonesia ya Mbah dan kaya akan hal yang unik untuk dilestarikan..

      • tiap daerah memang memiliki cerita yg menjadi daya tarik tersendiri

        • Nanti kalau saya main ke tempat daerah Mas Yanto, ceritain jug ya… ? 😀

  • ada aja cerita misterinya ya. Semoga selalu bisa dijaga kebersihannya ya

    • nah itu poin utamanya mbak

      • Iya Mba Lydia, semoga kawasan Gunung Krakatau ini selalu terjaga bersih dari tangan-tangan jahil ya.

  • wah ceritanya mistis juga ya mas, saya tau krakatau dari minuman mas ada yang namanya krakatau, eh ternyata cerita gn.krakatau itu ada juga, meskipun berbau mistis tapi saya percaya deh sama kejadian gaib itu soalnya indonesia memang memiliki kisah mistis yang sangat banyak, bukan hanya di pulau krakatau saja ya mas. 🙂

    • Bukan hal aneh lagi mas, bila kita mengunjung suatu daerah apalagi yang sedang diadakan pagelaran seperti di anak Gnung Krakatau enak kalau kita bisa menggali dari kisah-kisah cerita yang unik dari orang-orang yang ada di sekitar pulau ini. Pasti ada yang unik yang bisa kita dapatkan seperti kisah legenda Gunung Krakatau seperti ini.

  • Kelik wd

    Wah keren pak indra liputan kisah legenda krakatau nya. Senang berkenalan dalam perjalan tour kemarin.. Sayang tidak sempat ngopi bareng dikrakataunya 🙂

    • Iya Kang, padahal waktu idi Krakatau saya lagi nyari kopi juga tuh, pas dari atas. Akirnya ngobrol-ngobrol di sana, malah dapet cerita seperti ini. he,, he,, he,… Tapi seru juga sih, kisah yang di ceritakan oleh mereka. Minimal kita bisa berbagi cerita legenda selama ini yang jarang kita dengan di daerh sekitar Krakatau yang indah ya Kang Kelik.

  • Wah indahnya jadi pengen banget kesana.

    Mitos kerapkali suka ada di budaya Indonesia, tapi yang terpenting kita enggak perlu mempercayai lebih sebab hal itu akan merusak akidah.

    • Indonesia memiliki kisah legenda di setiap daerahnya, bila dilihat daari pembelajaran yang positif hal ini akan lebih bernilai budi pekerti yang baik, terlepas ari sebuah legenda diciptakan sebagai kebenaran atau tidak, namun dalam setiap kisah ada hal yang menarik untuk dicermati, karena dalam sebuah perbedaan ternyata ada keunikan dan keindahan bila saja kita bisa menerimanya dengan logika ke imanan.

  • Nah disini kadang saya merasa malu, saya sendiri malah gak tau sejarah dan cerita tetang legenda gunung krakatau ini pak, saya mah berkunjung kesitu aja blom

    • Kenapa harus maalu mas, kita semua tetap bangga dan bersyukur, ternyata negeri kita ini selain indah, ternyata banyak juga kisah unik yang dulunya dijadikan sebuah nasehat dalam bentuk kisah legenda bagi anak-anak dan turunnya yang ternyata hingga kini hal tersebut masih ada.

  • Mirza Sharz

    Halo kang Indra, setahu saya Gunung Krakatau itu dulunya bernama Gunung Batuwara yang ketinggiannya mencapai lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut dengan garis pantai sepanjang 11 km.
    Masih pada zaman pra sejarah, Gunung Krakatau purba meletus dengan sangat dahsyat sehingga menyisakan kaldera yang sangat besar di bawah laut dan hanya tiga sisi kaldera yang nampak di permukaan, yaitu Pulau Panjang, Gunung Rakata dan Pulau Sertung.
    Dari kaldera Krakatau Purba setelah beberapa abad lalu muncul tiga anak gunung baru yaitu Gunung Danan dan Gunung Perbuwatan yang menyatu dengan Gunung Rakata. Gabungan ke tiga anak gunung Batuwara itulah yang kemudian dinamakan Gunung Krakatau.
    Setelah tidak aktif selama 2 abad, Gunung Krakatau kembali meledak dahsyat pada 26-27 Agustus 1883 hingga menghancurkan Gunung Danan, Gunung Perbuwatan dan sebagian Gunung Rakata. Suara ledakannya terdengar hingga sejauh 4600 km, menimbulkan gelombang tsunami setinggi lebih dari 20 meter.
    Empat puluh tahun setelah letusan paling dahsyat sepanjang sejarah itu muncullah gunung baru yang dinamakan Anak Krakatau yang sekarang ketinggiannya mencapai kurang lebih 450 meter di atas permukaan laut
    Saya sedikit tahu tentang sejarah Gunung Krakatau karena Gunung Anak Krakatau yang sebenarnya lebih pas dinamai “Cucu Krakatau” merupakan salah satu obyek wisata favorite yang sudah ratusan kali saya kunjungi bersama wisatawan lokal maupun mancanegara sewaktu saya masih menjalani profesi sebagai eco-tour guide specialist Ujungkulon dan Krakatau

    • Halo juga Kang Mirzha, apa kabar nih ? ….
      Terimakasih atas enambahan informasinya tentang destnasi loasi wilayah Gunung Krakataunya kang. Kapan-kapan kita jalan ke Krakatau deh sama kang Mirzha pasti seru nih.

  • Gunung-gunung di indonesia memang mempunyai sejarah mistis sepertinya. heu
    Hati-hati tuh perlu ikut mengawasi. jangan sampai ada penambangan pasir besi yang bisa merusak ekosistem disana.

    • Benar kang, yang penting kita bisa menjaga kekyaan alam yang berlimpah di daerah sekitar Gunung Krakatau agar tidkak merusak ekosistem yang ada disana.

  • Wah pemandangannya bagus mas..
    saya juga punya hobi petualangan di daerah lereng, enggak di puncak. Hehe
    Kalau krakatau besok kalau ada duit coba ahh 😀

    • Silahkan, nanti kalau ada waktu dan kesempatan bisa main ke Krakatau, indah banget ko tempatnya

  • wah ternyata gunung krakatau mempunyai sejarah yg banyak misteri yamas, terlepas dari ini cerita legenda diatas memang gunung krakatau sangat indah untuk dijadikan salah satu destinasi wisata

    • Betul betul itu mas, Krakatau itu memang indah banget.

      • jadi pengen kesana nih

        • Pooknya kalau ada kesempatan, lebih baik sempatkan diri deh mas, biar ga rugi. Indonesia itu indah loh.

  • proses izin masuk tempat ini lumayan ketat yamas?

    • Bukan ketat lagi mas, banyak pintu dan meja harus dilalui. Biasanya harus dengan petugasnya. Ini saja pas yang mengadakan Dinas Pariwisata dan Kreatif Povinsi Lampung, jadi semua jajaran pemerintahan terlibat dan ikut dlam acara ini.

  • lalu kemana kira kira raibnya kotak pandora itu mas?

    • Maslahnya itu mas, saya lupa menanyakannya hilang ke mana kotal pandora itu, Mungkin ke lama gaib mas. he,, he,, he,, 😀

  • Saya baru dengar ini legenda tentang gunung krakatau mas. Sebelumnya cuma tau aja tentang awal meletusnya gunung krakatau.

    Terima kasih infonya, jadi tau sekarang saya 🙂

    • Saya juga baru tahu mas, kalau tidak dapat cerita dari rang sekiran sana juga tidak tahu saya mah. he,, he,, he, 😀

  • Begitu indah gunung krakatau ini dari kejauhan

  • Kapan2 kita main ke pulau Sebesi ya mas Indra.
    dari situ kita bisa memantau Anak Krakatau dari kejauhan.
    Lebih keren lagi pas Anak Krakatau erupsi. pemandangannya menakjubkan walau dari jauh.

    • Siap bng, nanti kita main ke sana bareng sekalian hunting dan cari sisi keunikan dari kearifan masyarakat lokl yang lain.

  • saya baru tahu ada legendanya tentang kerajaan karkata
    blom pernah merasakan menjejakkan kaki di anak gunung krakatau, penasaran dari dulu bang

    • Algamdulillah, kemarin saya diberi kesempatan ke sini Krakatau kang, Karena untuk ke sini memang tidak mudah mendapat ijinnya. Intinya momen dan kesempatan di mana kita melihat dan mendengar kang. Bila ada kesempatn nanti jangan lewatkan deh kang. he,, he,, he,,

  • Indonesia memang kaya akan hal-hal unik ya mas. Tapi setuju banget, terlepas dari berbagai keunikan dan keajaiban atau legenda yang ada, nuansa alam krakatau itu indah banget panoramanya.

    • Benar mas, dengan ada kisah legenda suatu daerah kita akan lebih banyak tahu dan mengerti arti perbedaan, namun hal yang lebih menarik di lokasi ini pemandangan alam Krakataunya indah sekali dan membawa diri kita lebih menyadari arti syukur diberikan negei yang indah. 😀

  • saya jadi pengen denger suara suara di gunung anak krakatau.

    • silahkan kang, bila ada waktu dan kesempatan boleh juga ke Krakatau bisa nyari suara yang aneh-aneh di sana kalau malam. he, he,,, he,,, 😀

      • kalo ada rekaman aja mas . saya komen disini ko ada di bawah ya 😀

        • Rekaman apanya mas ? Suara anehnya ? he,,he,, he,, mungkin keburu nesu ngomennya ga dilihat dulu sih…. wkwkwkwk 😀

  • indonesia ini emang sangat kaya ya dari alamnya sampai ceritanya

    • benar kang, indah bener Indonesia apalagi kalau dilihat di kawasan Krakatau.

  • kisahnya lumayan seru juga mas, kali-kali bahas kisah tempat wisata lain juga mas.hehe

    • Bila ada moment dan kesempatan nanti saya coba ya mas, terkadang agak sulit mencari sumber di lokasi yang tahu tentang kisah legenda suatu daerah, 😀

  • Cerita legenda yang seru Kang Indra … Saya suka cara ceritanya .. bener-bener total dan runut … 🙂

    • Sambil belajar mas, untuk menerjemahkan apa yang didapat dari beberapa sumber di lokasi menuangkan dalam tulisan. Makasih sudah mampir. 😀

  • Yang diceritakan kembali oleh kang Indra Kusuma Sejati legenda dari mulut ke mulut penduduk sana yang tidak banyak diketahui orang. Memang banyak cerita turun-temurun yang menghiasi satu daerah.

    Saran boleh ya. Banyak kata-kata yang tertulis dalam posting ini salah tulis, contoh : iterdapat, kehiduapn, dimanikan, anank, seklas, kegiayan, dn, pu.
    Sebelum publish ada baiknya draft tulisan dibaca lagi kalau ada yang salah. Terima kasih.

    • Iya terimakasih atas pemberitahuannya. memang ada beberapa trik yang saya terapkan dalam membuat konten dan saya diamkan lebih dahulu untuk salah eja misalnya, hal ini di sebabkan karena bagian dari perangkap yang saya terapkan untuk yang senang kopas atau atuto blog, sering kali ini jarang diperhatikan bagi setiap admin blog dan hanya melihat satu sisi, yang kami sering menyebutnya dengan jebakan monyet he,, he,, he,,, tapi sekali lagi terimasih berarti ada yang memperhatikan,

  • indah sekali pemandangan gunung krakatunya pa , gambar yang bagus .

  • memang benar mas, percaya tidak percaya hal-hal gaib seperti memang sering terjadi disekitar kita

    • Namanya juga hal gaib mas, jelas pastilah ada. klau tidak percaya malha bahaya, yang ga boleh itu myakini, kecuali apa yang telah di tetapkan Tuhan, itu sih yang saya ketahui mas. 😀