Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Indonesia / Jawa Barat / Bandung / Intip, Kuliner Khas Bandung Yang Dinikmati Wisatawan Saat Liburan Di Bandung

Intip, Kuliner Khas Bandung Yang Dinikmati Wisatawan Saat Liburan Di Bandung

Kuliner Khas Bandung Yang Dapat Memikat Hati Wisatawan Dan Selalu Dikenang

Direktori Wisata – Kuliner khas Bandung menjadikan Kota Bandung jadi salah satu destinasi wisata kuliner fovorit dengan beragam varian yang digemari wisatawan.

Bandung merupakan tempat wisata yang tidak bisa terlepas dari kulinernya yang selalu menggugah selera. Beberapa kuliner khas asal Bandung tidak hanya dapat dinikmati saat kita liburan di bandung saja, namun kuliner khas Bandung telah menyebar di berbagai kota dan daerah yang ada di indonesia.

Banyak orang atau wisatawan yang mengunjungi Bandung hanya untuk sekedar memanjakan lidah mereka. Seakan selera makan kita akan dibuai manja dengan apa yang ditawarkan di kota ini. Berbagai jenis makanan dan tempat makan tersebar di berbagai sudut kota dalam balutan udara nan sejuk.

Bila kita mengisi liburan di Bandung, kita dapat mulai petualangan jelajah wisata kuliner khas Bandung dengan tidak ragu mencicipi jajanan di pinggir jalan hingga yang berada di restoran mewah berkelas. Pastinya kita akan dapat banyak menemukan kuliner yang disukai di kota ini.

Sebagai suku yang dominan di Kota Bandung, orang Sunda merasa makanannya hambar apabila tanpa disertai sambal. Jika Anda ingin mencicipi masanan Sunda yang lebih nikmat maka cobalah nasi timbel, yaitu nasi yang digulung terbungkus daun pisang dengan sambal dadakan yang dimakan bersama ayam digoreng atau dibakar.

Sajian kuliner ini disertai pula dengan gepuk, yakni daging yang dicampur bumbu-bumbu khas cita rasa Sunda lalu direbus hingga empuk dan digoreng. Melengkapi sajian menu kuliner khas Bandung kita bisa mencoba tempe, tahu, ikan asin, sayur asam, dan lalapan mentah yang ditambah pepesan seperti pepes ikan, pepes ayam atau pepes jamur.

Konon, orang Sunda suka sekali dengan makanan sayuran. Kerap kali mereka memakan sayuran segar mentah atau sebelumnya telah disebut sebagai lalapan seperti mentimun, tomat, terong, daun ketumbar, kol, selada, dan jenis sayuran lainnya. Jenis kuliner tersebut biasa disebut dengan lalapan dan biasanya disertai dengan sambal yang nikmat.

Bandung memiliki kuliner yang khas, yaitu batagor Bandung. Makanan Batagor Bandung sudah terkenal di mana-mana. Bagi kita yang tinggal di Bandung atau yang pernah liburan di Bandung tidaklah heran dengan kuliner khas Bandung yang satu ini. Karena makanan ini mudah kita temukan di mana-mana.

Kuliner Khas Bandung Yang Dinikmati Wisatawan Saat Liburan Di Bandung

Kuliner khas Batagor Bandung atau yang sering disebut bakso tahu goreng yang dibuat dari tahu yang dibalut tepung lalu digoreng. Biasanya tepung dicampur dengan ikan dan bumbu menjadi satu adonan. Rasa ikan akan berpadu dengan saos yang erpadu dengan beumbu kacang.

Selain kuliner batagor Bandung, kita bisa juga mudah menemukan kuliner khas Bandung lainnya seperti mie kocok. Kuliner yang berbahan dasar mie kuning dan tauge yang diberi kuah panas dari kaldukaki sapi yang terasa lemaknya dan diberi toping potongan kikil. Kuliner Khas Bandung mie Kocok ini juga bisa kita temukan di berbagai sudut Kota Bandung dan juga di daerah lainnya dengan lebel mie kocok khas Bandung.

Kuliner Khas Bandung Yang Dinikmati Wisatawan Saat Liburan Di Bandung

Kuliner khas Bandung selanjutnya adalah surabi Bandung yang merupakan jajanan pasar bercitra rasa modern sekarang ini. Yang membuat beda kuliner surabi khas Bandung dengan surabi lainnya adalah ukurannya lebih besar. Makanan ini terbuat dari tepung beras dan uah gula merah. Namun, seiring perkembangan inovasi kuliner. Jajanan pasar surabi khas Bandung ini sekarang banyak kita temukan surabi yang dimodifikasi dengan tepung oncom, keju, coklat, dan rasa lainnya.

Kuliner khas bandung berikutnya adalah cendol, dan sajian kuliner cendol yang terbuat dari tepung beras ini sering buat sebagai minuman dengan menggunakan es batu atau pun es parut serta gula merah cair dan santan sebagai campuran. Minuman es cendol juga merupakan minuman khas Indonesia yang merupakan keragaman kuliner Nusantara.

Rasa minuman es cendol manis dan gurih. Konon istilah cendol berasal dari kata “jendol” yakni yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia. Hal ini merujuk sensasi rasa jendolan yang dapat kita rasakan ketika butiran cendol masuk melalui mulut kala tengah meminum es cendol.

Sedangkan untuk kuliner khas Bandung yang sedang ngtrend baru-baru sekarang ini adalah Gehu jeletot Bandung. Dimana Genu sendiri memiliki arti dari sebuah singkatan tauge dan tahu, sedangkan “jeletot” merupakan rasa tahu tauge tersebut yang pedas.

Kuliner Gehu Jeletot khas Bandung ini terbuat dari tahu yang di isi tauge dan irisan wartel dengan balutan adonan tepung yang digoreng, dan rasanya “jeletot” banget….. Bagi para pecinta kuliner pedas makanan Gehu jeltot Bandung sanagt cocok sebagai maknaan cemilan atau pun sebagai teman makan.

Kuliner khas Bandung yang serupa tapi tidak sama dengan Gehu Jeletot yang dapat kita jumpai saat liburan di Bandung adalah pisang goreng, molen bala-bala, tempe goreng, combro, ubi goreng, nanas goreng, rarauan, serta cireng yaitu tepung kanji yang digoreng berisi bumbu kacang, yang bisa kita coba dan sangat mudah menemukannya di kota ini. Kudapan tersebut biasanya banyak dijual di gerobak pinggir jalan Kota Bandung ditemani cabe, bumbu kacang, atau saus sambal.

Kuliner Khas Bandung yang terkenal dan melegenda adalah peyeum Bandung. Konon sejak dulu Bandung terkenal dengan kuliner peyem khas Bandung. Peyeum merupakan sejenia makanan khas, yang terbuat dari singkong yang direbus dan diberi ragi sehingga terjadi terfermentasi. Hingga sekarang ini penjual peyeum bisa kita temukan hingga di sudut-sudut Kota Bandung maupun hingga di luar daerah.

Kita juga dapat memilih kudapan kuliner tradisional seperti awug, yaitu makanan tradisional berupa tepung yang dicampur kelapa dan gula merah. Makanan ini juga seringnya sepaket bersama klepon, putu mayang, jiwel, dan lainnya.

Kita juga mungkin tertarik untuk mencicipi sajian kuliner di Bandung dengan menu makanan nangka goreng, nanas goreng, peuyeum goreng yang kita bisa dapatkan di sekitar Jalan Cendana, Bengawan dekat Taman Pramuka. Ketan bakar dan jagung bakar atau jagung rebus juga patut untuk dicicipi kelezatannya yang banyak dijual di saat kita melakukan perjalanan destinasi wisata Lembang Bandung.

Kuliner khas Bandung yang populer salah satunya adalah mie Bakso yang merupakan salah satu makanan yang hampir semua orang Indonesia menyukainya dan makanan mudah ditemukan di Bandung. Hampir di setiap daerah di kota Bandung tersedia jenis makanan yang segar selagi panas ini. Mulai dari mie bakso yang diracik dengan saos dan kecap, sampai mie bakso yamin pisah, lengkap dengan siomay dan ceker atau kaki ayam yang menggugah selera.

Selain kita dapat menemukan tempat wisata kuliner khas Bandung, kita pun akan mudah menemukan berbagai macam restoran khas lain seperti restoran khas Padang, Jawa, China,Thailand, Jepang, Korea, Eropa, India, serta masih banyak lagi resoran atau rumah makan yang menyajikan menu kuliner khas Bandung lainnya. Dan tidak ketinggalan kita juga bisa menikmati sajian menu kuliner khas Bandung lainnya saat liburan di Bandung.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

12 Comments

  1. Pisang bakar keju mana ? aku kalau ke Bandung itu yang aku cari. Lembang aku juga pernah singgah disana.

    • Surabi setiabudi aja bro, itu jauh lebih nikmaaaaaat ๐Ÿ˜€

    • Pisang bakar kejunya lagi di masak dulu kang, nanti kalau sudah masak di kasih tahu deh….. nanti kalu ke tempat wisata Lembang bandung kasih jaka-ajak ya….. he,, he, he,

  2. sepertinya nikmat ya mas pisang bakarnya, ane belum pernah ngecoba ini mah ๐Ÿ™‚ hadeuh

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
Ad Clicks :Ad Views :