Oh Snap!

Direktori Wisata Indonesia @2012 - 2020 | All Right Reserved

Home / Kuliner / Kuliner Wajib Saat Libur Hari Raya Idul Fitri Lebaran

Kuliner Wajib Saat Libur Hari Raya Idul Fitri Lebaran

Hidangan Kuliner Wajib Di Hari Raya Lebaran Idul Fitri

Direktori Wisata. – Hari Raya Lebaran Idul Fitri telah tiba, dan tiba saatnya para warga dan masyarakat Indonesia menyediakan hidangan kuliner wajib saat leberan di rumah.

Indonesia yang dikenal memeiliki beragam cita rasa dan warna kuliner tradisonal yang dikenal lezat dengan bumbu rempah yang alami, menjadi salah satu menu hidangan wajib yang tersedia untuk dijamu di meja makan yang dihidangkan pada saat hari raya lebaran Idul Fitri.

kuliner-wajib-saat lebaran

Bila kita membicarakan soal kuliner wajib saat lebaran, hal seperti ini tidak lepas dari yang namanya makanan dan cemilan khas lebaran yang dihidagkan disetiap rumah masyarakat Indonesia, dan seolah-olah kuliner leberan ini sudah menjadi salah satu ietm menu yang wajib disediakan di rumah pada saat Hari Raya Lebaran Idul Fitri.

Berikut merupakan kuliner wajib saat lebaran bagi kebanyakan masyaraka Indonesia.

Kuliner Wajib Lebaran:: Ketupat

Ketupat merupakan makanan berbahan dasar beras yang dibungkus dengan anyaman daun kelapa yang masih muda. Untuk jenis makanan yang satu ini tidaklah asing bagiย  kita masyarakat Indonesia yang selalu megidentikan sajian menu satu ini di hari Raya Lebaran idul Fitri. Konon, lebaran blum lengkap tanpa hidangan khas lebaran dengan ketupat. Dan bagi masyarakat Indonesia, setelah melakuakn sholat Ied, biasanya merekaย  pulang ke rumah dan menyantap keupat learan bersama keluarga.

ketupat

Dari informasi yang Direktori Wisata terima, kuliner sajian ketupat ini sebenarnya merupakan hidangan khas Asia Tenggara, selain Indonesia ketupat juga bisa kita jumpai di Asia Tenggara lainnya seperti di Singapura, Malaysia, Filipina, dan Brunei Darusalam. Sajian ketupat lebaran biasanya disajikan dengan menu lainnya seperti ayam opor, rendang, sayur pepaya, dan sambal goreng kentang ang dicampur dengan sedikit petai.

Kuliner Wajib Lebaran:: Opor Ayam

Kuliner opor ayam memiliki ciri khas kuah yang terbuat dari bahan dasar kelapa santan asli yang dicampur dengan bumbu tradisonal lainnya, dan ini merupakan salah satu hidangan yang cocok dimakan bersama ketupat.

opor-ayam

Untuk jenis daging ayam yang dimasak opor, biasanya digunakan ayam kampung. Namun tidak jarang juga masyaakat yang menghidangkan sayur opor ayam sebagai menu wajib saat lebaran dengan menggunakan daging ayam negeri. Hal ini tinggal menurut selera saja.

Rasa empuk yang berpadu dengan gurihnya rasa santan yang dipadukan dengan bumbu tradisonal Indonesia yang alami dan berkualitas, akan menimbulakn cipta rasa yang akan menambah selera makan di hari raya lebaran Idul Fitri bersama keluarga dan orang-orang yang kita sayangi.

Kuliner Wajib Lebaran:: Rendang

Rendang merupakan salah satu masakan tradisional khas Menangkabau, dan menjadi salah satu menu wajib saat lebaran. Dari kenikmatan yang diciotakan dari kuliner rendang inilah yang menjadikan makanan ini digemari oleh masyarakat Indonesia bahkan masyarakat dunia. Tidaklah heran bila untuk jenis kuliner rendang ini dapat masuk dan dinobatkan sebagai daftar menu “50 hidangan terlezat di dunia” pada tahun 2011 lalu.

rendang

Kuliner rendang menjadi salah satu menu wajib hidangan saat lebaran bersama ketupat dan menu lainnya. Menu rendang yang dibuat dari potongan daging sapi pilihan yang dimasak bersama santan kelapa asli yang kental dan kaya bumbu rempah khas tradisonal dari Indonesia. Ada banyak bentuk jenis kuliner rendang yang bisa dicampur dengan bahan dasar masakan lain di dalamnya, seperti kentang kecil atau pun yang dipotong kecil berupa dadu.

Kuliner Wajib Lebaran:: Sambal Goreng Kentang

Sambal goreng kentang merupakan salah satu menu wajib saat lebaran yang melengkapi menu makanan yang akan disnatap dengan ketupat. Menu ini terbuat dari potngan bahan dasar kenang yang dipotong berbentuk dadu dan diolah dengan berbagai bumbu rempah tradisional Indonesia pilihan.

sambal-goreng-kentang

Biasanya di dalam menu sambal goreng kentang dicampur dengan hati sapi dan petai sebagai pengharum dan menambah selera makanan ini menjadi khas, dengan citarasa yang pedas dan berwarna yang menarik bila disantap dengan ketupat dan menu sayuran lainnya di hari raya lebaran Idul Fitri.

Kuliner Wajib Lebaran:: Kue Kering

Keu kering merupakan salah satu menu wajib saat lebaran yang biasanya disiapkan untuk menyajikan para tamu dan sahabat serta kerabat yng datang kerumah untuk bersilaturahmi. Menu kuliner keu kering ini ada berbagai bentuk dan rasa, selain sebagai menu cemilan, kue kering juga bisa menjadi teman untuk minum di saat hari raya lebaran Idul Fitri.

Hidangan kuliner wajib saat lebaran diatas merupaan salah satu contoh tradisi yang terjadi dibanyak daerah Indonesia. Tentu saja hal ini hanya menjadi salah satu contoh jenis cipta rasa dan warna khas yang dimiliki dari berbagai jenis masakan tradisional Indonesia yang dihidangkan di setiap perayaan hari lebaran Idul Fitri sebagai hidangan khas Nusantara Indonesia.[]

  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest

14 Comments

  1. Bang saya pribadi mengucapkan MINAL AIDIN WAL FAIDZIEN mhon maaf lahir bathien ya Bang..hee

    • Sama-sama Bang Icha, yuk makan keupat lebaran bareng. ๐Ÿ˜€

      • Ini menu wajib disaat lebaran begini mohon maaf lahir bathin bang.

        • masih ada opornya bang ? ๐Ÿ™‚

        • Sama-sama kang, mohon maaf lahir batin juga. Yuk Makan menu lebarannya kalau masih ada kirim-kirim ya… ๐Ÿ˜€

  2. Opor ayam dimakan sama ketupat, sungguh sedap. Rendang juga boleh ๐Ÿ™‚

    • Benar akng, apalagi bila dimakan dihari lebaran bersama keluarga dan sahabat. ๐Ÿ˜€

  3. Selamat Hari Raya Idul Fitri ya Kang, mohon maaf lahir dan bathin …

    • Sama-sama kang, selamat hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir batin juga, yuk makan ketupat lebaran ๐Ÿ˜€

  4. buat orang lapar aja

    • Yuk, makan ketupat lebaran Mba. ๐Ÿ˜€

  5. alhamdulillah sudah menikmati opornya ๐Ÿ™‚

    sekalian ngucapin

    selamat hari raya idul fitri
    maaf segala khilaf
    semoga kita semua berbahagia, aamiin

    • Sama-sama Kang mohon maaf lahir batin, yuk makan ketupat lebarannya sama opor ayamnya mumpung masih ada ๐Ÿ˜€

  6. makanan-makanan diatas memang merupakan tradisi dan menu istimewa pada saat lebaran, namun jangan sampai berlebih ya dalam mengkonsumsi.. tidak baik buat kesehatan ๐Ÿ™‚

Comments are closed.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Translate ยป
error: Content is protected !! Sorry bro, dilarang copy paste..
Ad Clicks :Ad Views :